Rocky Gerung: Pembuat Hoax Terbaik adalah Penguasa ! Siapakah Dia ?

Melawan Hoax
500px.com

Berita hoax akhir-akhir ini sedang booming sekali di Indonesia. Sampai pada akhirnya pemerintah Indonesia membuat gerakan untuk melawan hoax.

Dosen di Departemen Filsafat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI), Rocky Gerung menyampaikan sebuah kritik keras kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam menangani permasalahan hoax atau berita bohong yang belakangan ini lagi sangat booming. Menurut dia, pemerintah pada saat ini sedang panik.
“Kita mencium ada semacam kepanikan di dalam rezim ini. Orang panik biasanya ingin cari pegangan apa saja. Kayak orang hanyut, dia mau raih apa saja. Entah itu kaleng bekas hanyut, batang pohon. Jadi kepanikan menunjukkan ada krisis, sebenarnya,” kata Rocky dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC) yang bertemakan Hoax di TVOne, Selasa (17/1), malam.

Menurut Rocky, rezim saat ini semacam ingin mengendalikan kebenaran sesuai dengan standarnya. Dia pun mencurigai ada suatu kebohongan yang sedang disembunyikan dalam upaya keras pemerintah untuk melawan hoax. “Rezim itu, kalau dia terus menerus mengendalikan kebenaran, artinya ada kebohongan yang hendak disembunyikan,” kata Rocky.

Sementara, dia menilai bahwa pembuat berita bohong terbaik pada saat ini adalah pemerintah yang sedang berkuasa. “Pembuat berita hoax terbaik adalah penguasa,” katanya. Alasannya, penguasa mempunyai seluruh peralatan dankendali untuk berbohong. Intelijen, kata dia, pemerintah punya, begitupun data statistik dan media. “Tapi itu faktanya. Hanya pemerintah yang mampu berbohong secara sempurna,” kata Rocky.


Biodata dan Biografi Rocky Gerung


Siapa Itu Rocky Gerung
500px.com

Bapak Rocky Gerung lahir di Manado pada tanggal 20 Januari 1959. Beliau menempuh studinya di Universitas Indonesia pada tahun 1986 dan beliau memperoleh gelar sebagai sarjana sastra di Universitas Indonesia. Sampai pada saat ini menjadi staff pengajar di Departemen Filsafat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI)

Bapak Rocky Gerung sangat aktif menulis di berbagai media massa. Sejak tahun 2006 menjadi fellow pada sebuah Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D) dan turut mendirikan SETARA Institute pada tahun 2007, sebuah perkumpulan yang di dedikasikan bagi pencapaian cita-cita dimana setiap orang diperlukan setara dengan menghormati keberagaman.

6 pemikiran pada “Rocky Gerung: Pembuat Hoax Terbaik adalah Penguasa ! Siapakah Dia ?”

  1. S1 TAHUN 86 SAMPAI TAHUN ITU DIA S1… Sekarang gelarnya apa?… lalu S1 kok jadi dosen… guru kali ; terus darimana gelar profesornya, pemerintah mana yg memberikanya?

    • Yang mengatakan di Professor kan para Folower nya yag ada di Medsos nya, dia sendiri bahkan menolak dipanggil Prof.

  2. Oh, ya? Dia itu belum profesor? Kok dia diam disebut profesor oleh bang karni di ILC. Seharusnya, saat mulai ngomong di ILC itu dia mulai dg klarifikasi bukan profesor. Aduuuuh orang ini, tapi ngomongnya guedeee bingit. Yah, ternyata tong kosong nyaring bunyinya.

    • Dia emng bukan profesor,tetapi pemikirannya lebih dari seorang profesor.lebih hebat dari prof.5 kali menyelesaikan kuliah tanpa ada ijazah.karena menurut beliau gelar itu nggk penting.gelar hanyalah bukti kelulusan,tatapi ilmu bukti kecerdasan

Tinggalkan komentar