Batik Khas Banjarmasin

10 Oleh Oleh Khas Banjarmasin yang Sayang untuk Kamu Lewatkan !

Oleh Oleh Khas Banjarmasin – Hallo sahabatnesia ! Kalau kalian main ke Pulau Kalimantan, jangan lupa untuk mampir ke kota seribu sungai yah. Ada yang tau enggak apa itu kota seribu sungai ? Ya benar sekali, kota seribu sungai adalah julukan untuk Kota Banjarmasin.

Jika kalian ke kota Banjarmasin, sempatkan diri untuk membeli oleh oleh khas Banjarmasin yah. Kalau kalian bingung oleh oleh apa yang ingin dibeli di kota ini, maka baca saja artikel ini sampai selesai yah.

Dalam artikel ini kita akan memberikan beberapa referensi oleh oleh khas Banjarmasin yang sayang banget kalau di lewatkan hehe. Cocok banget deh pokoknya dijadikan sebagai oleh oleh untuk teman ataupun keluarga tercinta.

1. Rabuk Ikan Haruan

Kuliner Banjarmasin
500px.com

Kalau kalian ke Banjarmasin, jangan lupa untuk membeli makanan khas Banjarmasin untuk dijadikan sebagai oleh-oleh yah. Salah satu kuliner Banjarmasin yang sangat khas adalah rabuk ikan haruan atau yang dikenal sebagai abon ikan haruan.

Kota ini banyak sekali memiliki sungai, dan salah satu yang menjadi khas kota ini adalah ikan haruannya. Kalau masalah rasa enggak usah ditanya yah. Abon ikan haruan sangat lezat dan gurih sekali. Dijamin ketagihan deh hehe 🙂

Kamu bisa mendapatkan rabuk ikan haruan di toko-toko yang menjual oleh oleh khas Banjarmasin. Selain praktis, harga rabuk ikan haruan juga sangat bersahabat dengan kantong kamu.

Baca juga artikel : 10 Oleh Oleh Khas Balikpapan yang Sangat Populer !

2. Amplang Ikan Pipih

Cemilan Khas Banjarmasin
500px.com

Amplang merupakan sejenis kerupuk yang bahan dasarnya adalah ikan. Amplang juga dikenal dengan nama “kuku macan”. Mungkin kalau amplang yang berasal dari ikan tenggiri kita sudah pernah mencoba.

Akan tetapi, bagaimana dengan amplang yang berasal dari ikan pipih ? Apakah kalian pernah mencobanya ? Amplang yang terbuat dari ikan pipih dapat kita temukan di Kota Banjarmasin dan wilayah lainnya yang berada di Kalimantan Selatan.

Ikan pipih di olah dengan tepung dan rempah-rempah khusus sehingga menjadi kerupuk ikan yang sangat gurih dan lezat. Karena ikan pipih merupakan spesies ikan yang semakin langka.

Maka pada umumnya hanya bisa dijumpai di daerah Kalimantan saja. Jika kalian berkunjung ke kota Banjarmasin jangan lupa untuk membeli amplang ikan pipih ini untuk dijadikan oleh-oleh atau bahkan dijadikan teman dalam perjalanan kamu.

3. Wadai Rangai

Makanan Khas Banjarmasin
500px.com

Wadai rangai merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin. Wadai rangai terbuat dari bahan sagu yang memiliki rasa yang gurih dan manis.

Jika pada zaman dahulu kue ini disajikan pada saat acara adat ataupun acara formal, wadai rangai bisa dibawa pulang untuk dijadikan oleh oleh untuk keluarga ataupun teman kamu di rumah.

Seperti yang sudah di singgung diatas, kue ini terbuat dari tepung sagu dan kelapa. Bentuk kue ini terlihat biasa saja dan tidak menarik. Akan tetapi, sekali kamu mencoba kue ini, pasti kamu akan ketagihan.

Wadai rangai adalah kudapan yang sangat cocok untuk suguhan saat minum teh atau pada saat bersantai. Kamu bisa mendapatkan kue ini di pusat oleh oleh khas Banjarmasin.

4. Batik Sasirangan

Batik Khas Banjarmasin
500px.com

Bagi kalian pecinta batik, jangan lupa untuk mampir ke kota Banjarmasin. Karena di kota ini terdapat jenis batik yang sangat terkenal, yaitu batik sasirangan.

Sasirangan merupakan batik yang dihasilkan oleh masyarakat Kalimantan Selatan khususnya di daerah Banjarmasin ini. Kain ini mempunyai berbagai motif yang sangat elegan diantaranya adalah sinapur karang (motif ombak yang menerjang batu karang), turun dayang (motif garis-garis), gigi haruan (gigi ikan gabus), naga balimbur (motif ular naga), dara manginang (motif remaja yang makan daun sirih), dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Panting

Oleh Oleh Khas Banjarmasin
500px.com

Panting merupakan alat musik khas Kalimantan Selatan. Panting mempunyai tampilan yang mirip dengan gambus Arab. Akan tetapi ukuran panting agak sedikit lebih kecil.

Alat musik yang mempunyai 3 dawai ini dimainkan dengan cara dipetik. Tidak semua orang dapat memainkan alat musik ini. Akan tetapi, kamu bisa membeli panting untuk oleh oleh yang bisa digunakan sebagai pajangan atau hiasan rumah.

Jadi, alat musik ini hanya berfungsi untuk menciptakan musik. Tapi juga cocok untuk menghias ruangan karena bentuknya yang unik dan khas.

6. Miniatur Rumah Adat

Souvenir Khas Banjarmasin
500px.com

Banjarmasin memiliki puluhan suku yang masih melestarikan adat istiadat dan budaya mereka. Miniatur rumah adat merupakan salah satu referensi untuk dijadikan oleh oleh.

Jenis rumah adat suku banjar antara lain rumah joglo gudang, cacak burung, tadah alas, balai kaki, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Miniatur rumah adat ini biasanya dibuat dengan menggunakan kayu agatis. Sekedar informasi bahwa kayu agatis merupakan kayu yang biasa digunakan untuk membuat rumah adat Banjarmasin.

Miniatur rumah adat ini dapat dijadikan sebagai koleksi atau hiasan rumah kamu. Atau bisa pula dijadikan sebuah hadiah untuk sahabat atau teman kamu dirumah.

7. Ikan Seluang

Kue Khas Banjarmasin
500px.com

Masyarakat Jawa mengenal ikan seluang dengan nama ikan wader. Di beberapa toko oleh-oleh di Banjarmasin, ikan seluang dijual sebagai cemilan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan teman makan dalam perjalanan.

Ikan seluang ini paling cocok diolah dengan cara digoreng. Sebelum di goreng, ikan akan dibalut dengan tepung terlebih dahulu agar rasanya lebih gurih. Kumudian ikan ini dikemas dengan higienis agar rasanya tetap renyah dan gurih.

Ikan seluang goreng tepung ini merupakan makanan khas Banjarmasin yang biasa dinikmati sebagai cemilan atau bisa pula disantap dengan nasi putih.

Jika kamu ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mencoba ikan seluang goreng tepung ini, karena rasanya dijamin enak deh.

8. Dodol Kandangan

Masakan Khas Banjarmasin
500px.com

Tidak hanya Garut yang mempunyai dodol dengan rasa yang sangat khas. Banjarmasin juga mempunyai cemilan yang serupa bernama Dodol Kandangan. Makanan ini terbuat dari beras ketan dan gula aren.

Dodol Kandangan merupakan salah satu oleh-oleh yang selalu diburu oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Dodol durian adalah salah satu varian rasa dari dodol kandangan yang selalu paling banyak peminatnya. Rasa durian yang legit dan manis akan lebih terasa ketika berada di dalam mulut.

Penasaran dengan rasa Dodol Kandangan ini ? Silahkan berkunjung ke Kalimantan Selatan. Dijamin ketagihan deh…

9. Kaos Banjarmasin

Oleh Oleh Kalimantan Selatan
500px.com

Di Banjarmasin ada sebuah brand clothing yang terkenal dengan kaos khas Banjarmasinnya yaitu Hy-Munk. Disini kamu bisa mendapatkan kaos dengan berbagai gambar yang bertemakan kota Banjarmasin.

Gambar dan tulisan yang ada di design kaos ini dibuat dengan sangat kreatif dan bersifat lucu. Lagi pula kaos merupakan oleh-oleh yang sangat universal atau umum dan bersifat lebih tahan lama. Brand tersebut menyediakan berbagai macam jenis kaos, salah satunya adalah kaos polos depan belakang. Jika kamu ingin lebih terlihat keren, ada banyak design yang berkaitan dengan kota Banjarmasin. Kamu tinggal pilih saja yang kamu suka 🙂

Jadi, tidak ada salahnya jika kamu membeli beberapa kaos khas Banjarmasin untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta atau bahkan teman-teman kamu.

10. Batu Mulia

Oleh Oleh Khas Kalimantan
500px.com

Jika kamu ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mampir ke Kota Martapura. Kota ini dekat sekali dengan kota Banjarmasin. Di Martapura terdapat pusat penjualan batu mulia.

Pantas saja kota ini dikenal sebagai Kota Intan. Kota ini merupakan surga bagi para pecinta batu akik. Pasalnya, di kota ini kamu bisa mendapatkan aneka ragam bebatuan yang dijual dengan harga puluhan ribu sampai dengan harga yang milyaran rupiah. Kamu bisa menjadikan batu mulia sebagai oleh oleh atau dijadikan sebagai koleksi kamu dirumah.

Itulah beberapa referensi oleh oleh khas Banjarmasin, mulai dari makanan khas Banjarmasin, kue khas Banjarmasin, dan Souvenir khas Banjarmasin. Jika ada oleh oleh khas Banjarmasin lainnya yang belum di explore, silahkan isi kolom komentar diabawah ini.

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

Satu pemikiran pada “10 Oleh Oleh Khas Banjarmasin yang Sayang untuk Kamu Lewatkan !

Tinggalkan komentar