7 Hal yang Wajib Dilakukan Seorang Pria Saat Menjadi Seorang Ayah

Segalanya tak akan terlihat sama setelah anda mempunyai seorang anak. Demi menjadi seorang ayah dan seorang suami yang baik, berbagai hal di bawah ini seharusnya Anda miliki ketika menjadi ayah bagi anak-anak Anda.

1. Belajar Mandiri

Belajar Mandiri
500px.com

Apabila misal sebelumnya Anda bergantung kepada istri anda, alangkah baiknya sesudah anak Anda lahir dari rahim istri anda, ubahlah kebiasaan itu. Istri Anda tak akan bisa untuk selalu mengurus semua kebutuhan Anda seperti pada saat sebelumnya, dikarenakan ada bayi yang menuntutnya untuk selalu diperhatikan.

Karena itu belajarlah utnuk mandiri dan mengurus semua kebutuhan Anda sendiri pada saat istri anda sedang kewalahan membantu Anda.

2. Berusaha Bekerjasama Membantu Istri

Ayah
500px.com

Meskipun istri anda adalah ibu rumah tangga yang mempunyai tugas untuk mengurus semua keperluan dalam keluarga, bukan berarti Anda bisa lepas tangan untuk membantunya. Sesudah mempunyai anak, alangkah baiknya Anda harus ekstra berusaha keras didalam hal bekerja sama dengan istri anda bahkan didalam hal mengurus segala kepentingan rumah tangga.

3. Tidak Merokok di Dalam Ruangan

Merokok
500px.com

Mungkin saja pada saat belum mempunyai seorang anak, istri anda masih dapat memaklumi apabila Anda merokok di dalam ruangan. Namun jika sudah mempunyai seorang anak, segera ubah kebiasaan buruk tersebut. Hindari merokok ketika sudah di dalam rumah tertutama di dekat anak.

Pastikan Anda mandi terlebih dahulu atau minimalnya cuci tangan dan mengganti baju yang berbau asap rokok, sebelum anda ingin menggendong anak. Asap rokok mempunyai dampak yang sangat buruk bagi bayi yang masih rawan terkena penyakit akibat daya tahan tubuh yang masih lemah.

4. Pulang Cepat

Pulang Cepat
500px.com

Mungkin sebelum menikah anda mempunyai kebiasaan pergi bersama teman kerja anda sehabis kerja seharian untuk menghilangkan lelah anda. Namun setelah mempunyai seorang anak, alangkah baiknya kurangi kebiasaan itu dan pulanglah lebih cepat apabila Anda bisa. Anak akan bertumbuh dengan sangat cepat, sehingga sangat disayangkan apabila Anda kehilangan momentum di mana Anda bisa melihat tumbuh kembang mereka.

5. Membatasi Hobi

Bermain Gitar
500px.com

Mempunyai hobi saat memacing di kota purwokerto sangatlah menyenangkan. Namun membatasi hobi setelah mempunyai anak perlu dilakukan. Meskipun sulit mengubah kebiasaan tersebut, namun apabila Anda menikmati peran sebagai seorang ayah maka bermain-main bersama si kecil akan lebih terasa menyenangkan dibandingkan melakukan hobi Anda tersebut.

6. Lebih Peka Terhadap Istri

Suami Istri
500px.com

Anda wajib lebih peka kepada istri anda, apalagi pada saat kalian mempunyai seorang bayi. Meski lelah bekerja, namun saya tahu istri anda juga lebih lelah. Bagaimana tidak? ia 24 jam sehari mengurus anak, bahkan ia juga jarang tidur.

Pada saat istri anda mengeluh lelah, cobalah anda menawarkan bantuan atau memijit-mijit pundaknya atau kakinya. Ketika Anda bisa menjadi suami yang peka, Saya rasa istri anda juga akan semakin semangat mengurus anak.

7. Tidak Boleh Lagi Terlalu Santai

Bekerja Keras
500px.com

Anda tak boleh lagi terlihat terlalu santai dan hanya sekedar menjalani pekerjaan tanpa adanya target atau tujuan yang lebih besar. Sesudah mempunyai anak, Anda wajib mengubah cara pandang Anda menjadi lebih fokus serta semangat dalam membangun karir bisnis dan mencari nafkah bagi keluarga.

Kebutuhan anak Anda setiap saat akan berubah-ubah dan bahkan akan semakin banyak. Karenanya, Anda wajib dua kali lipat bekerja lebih ekstra dari apa yang Anda lakukan saat ini.

Itulah beberapa hal yang perlu diubah seorang laki-laki sesudah mempunyai anak. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar