29 Makanan Khas Surabaya Zaman Now yang Wajib Kamu Coba, Awas Ketagihan !

Surabaya adalah salah satu kota terbesar di Indonesia serta sentra industri, di Surabaya menjadi tempat tujuan para orang yang akan berbisnis maupun wisatawan. Tentunya bukan hanya bisnis dan wisatawan local saja, tapi banyak juga yang berasal dari mancanegara.

Karena factor tersebut bisnis didaerah Surabaya menjadi sangat berkembang, tidak ketinggalan di bidang kuliner. Karena di Surabaya banyak pengunjung yang dari luar Surabaya membuat kuliner yang ada di Surabaya menjadi semakin banyak dan semakin beragam, dari yang kering sampai yang basah semuanya ada di Surabaya.

Nah disini saya akan menyajikan 28 top list makanan Khas Surabaya yang siap untuk dicoba dan dinikmati kelezatannya.

1. Sate Klopo Khas Surabaya

makanan khas surabaya
Makanan Khas Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Sate Klopo seperti yang kita lihat di gambar bukanlah sate yang berbahan dasar kelapa. Sate Klopo adalah sate yang berbahan dasar daging sapi atau daging ayam adapun campurannya seperti jeroan dan lemak sapi agar menambah rasa gurih.

Proses pembuatan sate sebelum dibakar harus dilumuri dengan parutan kelapa, nah ini yang membuat sebagian orang mengetahui bahwa sate ini berbahan dasar kelapa. Sate ini ditaburi dengan parutan kelapa agar rasanya menjadi unik. Sate klopo ini bisa anda temui di Jalan Walikota Mustajab Nomor 36. Surabaya sebelah barat Balai Kota Surabaya.

2. Sate Lisidu Khas Surabaya

kuliner surabaya
Makanan Khas Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Nah gan di Surabaya ada sate yang tak kalah jauh enaknya dengan sate klopo, yaitu sate lisidu. Sate lisidu terletak di Jalan Kutai Nomor 53, Wonokromo, Surabaya. Makanan khas kota Surabaya ini menampilkan hal yang unik dari segi tampilannya karena bentuknya yang pipih dan ketika dibakar, pengisapannya pun dari atas sampai bawah yang menjadikan dagingnya menjadi bersih tanpa ada arang yang nempel.

3. Sate Karak Khas Surabaya

makanan surabaya
Makanan Khas Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Nah ada yang tidak kalah uniknya lagi gan di Surabaya yaitu Sate karak. Sate karak ini bisa dibilang kuliner khas Surabaya yang keberadaannya sudah sangat langka.

Salah satu tempat yang masih menjual sate karaka tau sate kerak ini berada di kawasan Religi Sunan Ampel Surabaya (Kampung Arab) tepatnya Jalan Ampel Lonceng, Nomor 60,Ampel,Semampir,Surabaya. Sate karak ini beda dengan sate yang kita temui di kota lain yang berbahan dasar daging.

Sate karak ini berbahan dasar usus yang penyajiannya itu disajikan dengan karaka tau nasi hitam dan ditambah pula parutan kelapa agar menjadi gurih. Nah bagi agan yang penasaran dengan rasa dan keunikan sate karak, sebaiknya segera mengunjungi alamat yang telah kami sebutkan.

4. Sego Sambel

wisata kuliner surabaya
Makanan Khas Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Bagi agan yang senang kuliner malam atau berpergian malam hari, lebih tepatnya jika agan keroncongan atau kelaparan, agan bisa menyicipi makanan khas Surabaya yang satu ini. Di Jalan Jagir Wonokromo Wetan Nomor 12, terdapat warung yang menjual sego sambel, nah tentunya tidak asingkan di telinga agan.

Sego sambel ini buka pukul 22.00. Seperti namanya, kuliner ini menyajikan nasi putih ditambah dengan sambal dan lauk yang menggugah selera. Dengan menyantapnya, rasa lapar anda di malam hari akan hilang langsung dan menjadi kenyang.

5. Lontong Kupang

kuliner khas surabaya
Makanan Khas Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Jika agan ke Surabaya jangan beranjak pergi dari kota Surabaya jika belum mencoba makanan lontong kupang. Namanya unik bukan ? selain dengan namanya yang unik, lontong ini juga berbahan utama kupang putih yang mirip dengan kerang kemudian dimasak dan direbus dengan tambahan lontong petis dan perasan jeruk nipis.

Lontong kupang yang unik ini biasanya ditemani dengan es kelapa muda dan sate kerang. Bagi agan yang mau menyicipi makanan khas Surabaya, agan bisa datang ke Jalan Darmo Indah Nomor 7 Surabaya di warung lontong kupang bu Siti.

6. Lontong Balap

tempat makan di surabaya
Makanan Khas Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Bukan hanya makanan unik dan langka saja yang terdapat di Surabaya, disini juga terdapat makanan yang hits yang sekarang banyak sekali peminatnya. Lontong ini sudah ada sejak tahun 1956 yaitu lontong balap garuda pak gendut.
Jika agan sedang berada di Surabaya, jangan sampai agan tidak mampir ke tempat ini karena dijamin agan tidak akan menyesal kalau sudah merasakan rasa sedap lontong balap legendaris.

7. Rujak Cingur

masakan surabaya
Makanan Khas Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Murah lezat dan tidak bikin ngantuk, maka agan harus mencoba makanan khas yang berasal dari Surabaya ini, yaitu rujak cingur Ahmad Jaiz yang sudah terkenal ini. Walaupun harganya murah, tapi rasanya jangan diremehkan.
Rujak cingur ini adalah kuliner Surabaya yang berupa rujak dicampur dengan cingur atau hidung sapi jadi mempunyai cita rasa yang khas dan nikmat bagi penggila rujak.

8. Warung Kepiting Cak Gundul

kuliner di surabaya
Kuliner Khas Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Apakah ada yang tidak kenal dengan warung kepiting cak gundul ? warung sesepuh yang terletak di Surabaya ini berdiri sejak tahun 1992 ini mempunyai menu andalan yaitu kepiting bumbu kare, dan kepiting asam manis.

Lokasi warung kepiting cak gundul ini berada di Jalan Kupang Indah. Selain kepiting agan juga bisa memilih berbagai macam olahan lainnya, jadi bukan hanya kepiting yang menjadi makanan favorit di warung tersebut.
Menu yang lain yaitu seperti kerang, ikan , udang, dan cumi cumi. Jadi jika agan penasaran dengan warung kepiting cak gundul segeralah menikmatinya di Surabaya.

9. Tahu Tek

makanan enak di surabaya
Kuliner Khas Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Tahu tek ini satu porsinya berisi tahu goreng, lontong, dan kentang yang dipotong kecil kecil. Uniknya makanan khas Surabaya ini adalah semua bahannya dipotong tidak memakai pisau tetapi di gunting, setelah digunting, ditambahkan toge atau kecambah, serta taburan seledri.

Adapun bumbu pelengkapnya yaitu bumbu petis di atasnya tentunya sebagai pelengkap diatasnya di taburkan kerupuk agar sajiannya semakin nikmat. Walaupun tampilannya sederhana dan harganya murah cuman di taksir mulai Rp.8.000 saja tapi makanan ini adalah makanan favorit di Surabaya lho !

10. Nasi Goreng Jancuk

makanan di surabaya
Kuliner Khas Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Di Surabaya ada yang namanya kurang enak di dengar kuping bagi kalangan masyarakat awam, yaitu nasi goreng jancuk. Nah karena artinya yang kurang sopan. Namun nasi goreng ini awalnya itu trademark karya Chef Eko Purwanto dari Kartini Restaurant Surabaya Plaza Hotel.

Unik nya nasi goreng ini adalah rasanya yang hot ( pedas ) dan sangat sangat pedas sampai orang yang memakan nasi goreng ini ingin teriak mengatakan jancuk.

Baca juga artikel : 21 Makanan Khas Jawa Barat yang Dapat Membuat Kamu Ketagihan 

11. Mie Akhirat

jajanan khas surabaya
Kuliner Khas Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Dari namanya aja agan sudah pasti penasaran yaitu mie akhirat ini terdiri dari 2 warna yaitu putih dan hitam, putih yang berarti surga dan hitam yang berarti neraka. Makanan yang terletak di dekat bandara ini dari segi penamaan terinspirasi dari urusan dunia setelah kematian, yaitu akhirat.

Cara mempromosikannya pun menarik, mulai dari gratis buka puasa setiap senin dan kamis sampai dengan diskon bagi anda yang jomblo bertahun tahun. gimana gan ?? siap untuk mencoba ???

12. Rawon setan

masakan khas surabaya
Kuliner Khas Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Rawon setan adalah oleh-oleh makanan khas Surabaya Jawa Timur yang berkuah hitam pekat, rawon setan sejenis dengan soto. Warna hitam itu berasal dari Kluwak atau bumbu khas untuk pembuatan rawon. Rawon setan berbahan daging sapi yang di potong lebih besar dari rawon biasa dan bentuk teksturnya empuk jika digigit.

Dalam rawon setan sering sekali di tambahkan jeroan atau kikil sapi, cocok untuk anda penggila rawon silahkan saja datang di Surabaya.

13. Nasi cumi

surabaya kuliner
Wisata Kuliner di Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Nah sekarang kita membahas tentang makanan favorit warga Surabaya karena harganya yang murah dan rasanya yang sangat nikmat, maka sayang sekali jika agan berkunjung ke Surabaya tidak memakan nasi cumi.

Namanya nasi campur bumbu Madura ampel yang terletak di depan Hotel Kemadjoean. Hidangan di warung ini di sajikan dengan nasi yang hangat ditambah serundeng kelapa, ada juga mie kuning dan sambal pencit serta tambahan lauk cumi tinta hitam. Gimana gan bisa dibayangkan begitu lezatnya nasi cumi, silahkan buktikan sendiri kenikmatannya.

14. Pecel Semanggi

tempat kuliner di surabaya
Wisata Kuliner di Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Menjadi satu satunya makan khas Surabaya semanggi karena berbahan dasar semanggi yaitu jenis tanaman yang daunnya bisa dimakan, tentu agan sedikit aneh mendengar tanaman semanggi. Semanggi di Surabaya biasanya di olah menjadi pecel dengan tambahan daun pepaya sehingga di sebut pecel semanggi. Tapi sayang sekali pecel semanggi sangat sulit ditemui saat ini karena tertandingi oleh makan yang lain.

15. Bebek Mercon, Makanan Khas Surabaya

makanan enak surabaya
Wisata Kuliner di Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Untuk anda penggila kulinner pedas, ada satu makanan yang jangan sampe ketinggalan, yaitu bebek mercon. Nah makanan khas asal kota Surabaya ini berbahan dasar daging bebek yang disajikan dengan bumbu yang sangat pedas.

Sehingga waktu pertama kali kita memakannya akan ada sensasi meledak dan mulut anda seperti terbakar. Dalam satu porsi bebek mercon terdapat nasi putih hangat bebek goreng, tahu goreng, lalapan dan tidak ketinggalan sambal bumbu. jika anda ingin menyicipi kuliner khas yang berasal dari Surabaya silahkan saja anda berkunjung ke kota tersebut.

16. Spesial Belut Surabaya

daftar makanan khas surabaya
Wisata Kuliner di Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Spesial belut Surabaya itu adalah kuliner khas Surabaya yang berasal dari olahan belut. Belut sendiri sangat baik untuk di komsumsi karena mengandung banyak zat gizi seperti vitamin A, vitamin B,fosfor,protein, dan zat besi.
Walaupun kaya akan zat gizi tetapi masih banyak orang yang merasa geli menyantap hidangan khas Surabaya ini, tapi rasa geli tersebut akan hilang langsung karena lidah sudah bergoyang. Jika agan menyicipi kuliner ini, datang saja ke warung yang menjual makanan ini di Jalan Banyu Urip 139, Surabaya.

17. Nasi Campur Tambak Bayan

makanan terkenal di surabaya
Wisata Kuliner di Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Untuk para pecinta kuliner jika agan merasa lapar saat berada di Surabaya terutama pada saat pagi hari, makanan yang patut agan cicipi ke lezatannya yaitu nasi campur tambak bayan yang terletak di Pasar Wetan Nomor 7, Surabaya.

Kuliner ini berisikan nasi hangat dicampur dengan mie putih, daging empal, dan telur. Nasi campur ini sangat cocok dimakan untuk sarapan karena jam bukanya sangat pagi gan yaitu dari pukul 05.00 sampai 15.00 WIB. Jadi sangat disayangkan kalau agan tidak mencobanya.

18. Bebek Goreng Sinjay

kuliner surabaya barat
Kuliner Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Ada makanan yang berasal dari Bangkalan Madura, tetapi makanan tersebut terkenal di Surabaya karena rasa daging bebeknya yang gurih, renyah dan rasa pelengkap yaitu asam bercampur dengan pedas dari sambil mangga muda.
Hal ini yang menjadikan makanan ini wajib di coba bagi pecinta kuliner apa lagi jika agan sedang berada di Surabaya. Jika agan mau mencoba makanan khas di Surabaya yang enak ini, silahkan datang ke Jalan Kapas Krampung Nomor 45, Surabaya.

Karena bebek goreng sinjay ini sudah terkenal di Jawa Timur maka di Surabaya terdapat beberapa cabang di kota Surabaya, jadi agan tidak perlu susah payah untuk mencari keberadaan bebek goreng sinjay

19. Soto Lamongan Cak Har

makanan tradisional surabaya
Kuliner Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Bagi agan pecinta kuliner soto datanglah ke Surabaya, di Surabaya ada makanan khas yang murah meriah dan patut di coba yaitu soto Lamongan Cak Har. Sajian soto ditempat ini memiliki rasa yang lebih gurih dan kental.
Selain soto, ada juga pilihan menu lain misalnya seperti cekker ayam, daging ayam, jeroan, dan juga brutu ayam. karena gurih dan kentalnya makanan di soto Lamongan Cak Har ini yang membuat makanan disitu menjadi diminati banyak orang dari kalangan muda dan tua pun ikut menikmatinya. Alamat soto ini ada di Jalan Ir. Soekarno, Surabaya.

20. Tahu Campur

kuliner sby
Kuliner Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Tahu campur yaitu makanan khas Surabaya yang sudah melegenda di kalangan masyarakat Surabaya, awal mula adanya tahu campur ada seorang petani, didalam rumahnya dia mendapati tidak ada makanan sama sekali yang tersisa hanya bahan soto, sisa kemarin seperti tauge,kubis,secawan petis, sepotong tahu dan sisa kuah soto di kuali.
Hingga akhirnya sang petani tersebut berfikir bagaimana memanfaatkan bahan yang ada agar menjadi makanan yang enak. Sehingga terciptalah yang namanya Tahu Campur. Dan sampai sekarang tahu campur sudah ada dimana mana wilayah Surabaya.

Baca juga artikel : 20 Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Coba 

21. Es Krim Zangrandi, Kuliner Hits Surabaya

makanan kuliner surabaya
Kuliner Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Di Surabaya sudah dikenal dengan cuacanya yang panas tidak bersahabat membuat tenggorokan kering. Nah ada satu tempat yang sangat menggoda dahaga kita yaitu terletak di Jalan Yos Sudarso. Tepatnya tempat makan es krim zangrahadi.

Minuman khas dari Surabaya ini sudah sangat lama dan berdiri pada tahun 1933 dan di jual di bangunan bergaya eropa. Adapun menu populer di tempat kuliner Surabaya ini adalah noddle ice cream. Pasti agan penasaran dengan rasanya yang delicious ?. Lebih baik anda memasukan dalam daftar top list wisata kuliner di Surabaya agar tidak terlewatkan.

 

22. Bebek Palupi

tempat kuliner surabaya
Kuliner Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Ngomongin soal kuliner yang mengenyangkan perut agan dan menggoyahkan bibir agan, disini ada salah satu kuliner khas Surabaya yang tergolong menjadi makanan favorit yang terletak di Jalan Raya Rungkut Asri Tengah Nomor 10, Surabaya.

Selain bebek goreng, warung ,makan ini juga menyediakan ayam goreng dan pecel lele. Hanya saja ada satu makanan yang menjadi makanan terfavorit di warung ini yaitu bebek gorengnya yang menjadi menu favorit para pengunjung sehingga lebih dikenal dengan nama bebek palupi.
Masalah harga tidak terlalu murah tapi tidak terlalu mahal, melainkan standar. 1 porsi nya bisa mencapai 16 sampai 18 ribu rupiah. Jika agan kesurabaya sebaiknya jangan di lewatkan makanan khas yang satu ini.

23. Surabaya Snowcake, Camilan Khas Surabaya

makanan khas dari surabaya
Kuliner Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Bukan hanya kuliner yang terkenal di Surabaya tapi, ada juga yang terkenal yaitu kue kekinian yang saat ini sedang hits, kue ini terletak di Jalan Raya Jemusari Nomor 91, Surabaya. Nama kue tersebut yaitu Surabaya snowcake merupakan makanan khas Surabaya yang terbaru yang dimiliki oleh artis Zaskia Sungkar.

Surabaya snowcake berasal dari makanan khas yang legendaris di Surabaya namun, kemasan kue ini di kemas ulang dengan tampilan dan rasa yang lebih berfariasi dan penuh dengan inovasi yang tampak menjadi kue modern. Jika agan tertarik kunjungilah kota Surabaya.

24. Almond Crispy, Jajanan Khas Surabaya

kuliner wajib surabaya
Kuliner Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Di Surabaya terdapat makanan khas yang patut untuk agan beli. Walaupun tergolong produk baru, tetapi almond crispy mampu menjadi primadona oleh oleh khas kota Surabaya. Jajanan ini, terbuat dari telur, tepung,gula,susu bubuk, dan keju ditambah almond sebagai toppingnya.

Hal yang unik dari jajanan almond crispy yaitu teksturnya yang tipis sehingga di namakan almond crispy. Terdapat 3 varian almond crispy yaitu original, greentea dan coklat. Jika agan ke Surabaya sangat disayangkan sekali kalau anda tidak mencicipi jajanan khas Surabaya ini yang begitu lezat. Almond crispy terletak di Jalan Raya Jemursari Nomor 164. Surabaya.

25. Mie Pecun

tempat wisata kuliner di surabaya
Masakan Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Surabaya yang satu ini memang cukup membuat penasaran bagi orang yang mengetahui artinya. Makanan khas Surabaya ini berbahan dasar mie dan ada pula level pedasnya. Namanya memang berkonotasi negatif.

Karena nama mie ini adalah pecun yang artinya mie pedas bebas racun, penamaan menu makanan khas ini sangat kreatif, seperti pecun maniak untuk mie goreng, pecun bahenol, dan ada juga pecun bugil. Dari pada agan penasaran dengan makanan yang ada di mie pecun langsung saja datang ke Jalan Anjasmoro Hotel Widodaren atau Jalan Siwalankerto samping kampus Universitas Kristen Petra jika ingin mencoba nikmatnya menu spektakulernya.

26. Nasi Empal Pengampon

makanan khas indonesia
Masakan Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Di Surabaya terdapat makanan khas yang murah namun kualitas kelezatannya tidak tertandingi lagi yaitu nasi empal pengampon. Nasi empal itu adalah kuliner yang terdiri dari nasi putih, gimana gan ? simple bukan, dan adapun lauk nya itu empal, suwir, kering tempe, tumis kacang, lalapan timun, sambal, dan juga daun kemangi.

Karena banyak nya lauk yang ada di nasi empal,maka agan cukup makan seporsi saja dan rasa kenyang akan menghampiri agan. Warung ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam, warung ini terletak di Jalan Pengampon 2 Nomor 3 Surabaya. Selamat menikmati gan.

27. Tahu Campur kalasan

makanan hits surabaya
Masakan Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Walaupun menjadi kota terbesar kedua di Indonesia tapi dalam urusan kuliner Kota Surabaya menjadi kota rujukan pertama dalam hal kuliner bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.Karena di kota Surabaya anda bisa menemukan banyak pilihan kuliner baik kuliner yang unik, legendaris ataupun kuliner yang langka, salah satunya adalah Tahu Campur Kalasan milik H Abd Mahfud yang berada di Jl Kalasan no 22 Surabaya.

Walaupun tahu campur adalah menu kuliner kota Lamongan, tapi tahu campur Kalasan memiliki riwayat yang cukup lama di kota Surabaya sehingga menjadi salah satu ikon kuliner kota Surabaya.Yang membuat tahu campur Kalasan berbeda dengan tahu campur yang lain adalah bahan terasi dan petis sehingga tidak menggunakan bumbu penyedap masakan sehingga bisa dipastikan tahu campur Kalasan sehat, bersih dan tidak terlalu mengandung banyak kalori.

28. Rawon Kalkulator

makanan asli surabaya
Masakan Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Ada suatu makanan yang sangat unik di Surabaya, dari namanya saja kita pasti akan tercengang oleh ke unikannya. Yaitu rawon kalkulator, rawon ini terletak di Jalan Raya Progo Surabaya, tepatnya di dalam sentra PKL Taman Bungkul Surabaya.

Kami mengatakan taman bungkul karena keberadaan taman ini berada pas di belakang makam mbah Bungkul, nama asli warung itu adalah warung sedap malam. Dulu malam ini hanya buka pada waktu malam hari tetapi sekarang pukul delapan pagi juga sudah buka.

Penampilan warungnya sendiri sangat bersih dengan deretan kursi yang memanjang seperti pada umumnya. Satu porsi rawon ini terdapat nasi putih yang hangat dan dua daging sapi yang ukurannya besar.

Selain itu di atas nya di taburkan bumbu rawon yang khas. Adapun bumbu rawon hitam manis dan gurih yang ditaburkan kecambah kecil diatasnya, tentunya tidak lupa dengan 1 krupuk udang yang pasti menambah krenyes krenyes banget, wow amazing benar – benar sangat tepat untuk mengenyangkan perut agan pada malam hari.

29. Tahu Tek Surabaya

aneka masakan surabaya
Masakan Surabaya / https://tempatwisataindonesia.id

Apakah agan tau tentang tahu tek yang berasal dari Surabaya. Pada awalnya tahu ini di jajakan kepada penjual secara keliling dengan menggunakan gerobak. konon katanya dinamakan tahu tek karena gunting yang digunakan untuk memotong bahan seperti tahu lontong, kentang dan telur ini berbunyi “tek..tek..tek..” sehingga banyak kebanyakan orang yang menamakan tahu tek.

Agan harus tau bahwa penyajiannya sangat sederhana. Tahu tek terbuat dari bahan seperti lontong, tahu goreng, irisan timun. Bahan itu kemudian dipotong kecil memakai gunting khusus dan garpu untuk memegangnya. tahu tek disajikan disusun kedalam piring lalu disiram dengan petis.

Saus petis ini di buat dengan bahan petis, kacang goreng, air cabai dan bawang putih, lalu bahan itu di ulek memakai cobek. Setelah selesai biasanya tahu tek di bedakan menjadi dua macam, yaitu lontong tahu dan tahu telur.
untuk lontong tahu biasanya sama dengan yang disebutkan diatas sedangkan tahu telur biasanya ditambahkan telur goreng di atasnya. Tahu tek ini memiliki rasa yang unik dan khas. Rasa dari saus yang terbuat dari petis ini memberikan rasa dan aroma yang khas. Rasa kacang dan sausnya juga sangat terasa, yang dapat memberikan sensasi tersendiri dilidah kita.

Selain rasanya yang sangat lezat, tahu tek juga sangat mengenyangkan sehingga agan tidak perlu khawatir akan kelaparan, tahu tek sangat cocok dimakan pada waktu siang hari.

Tinggalkan komentar