17 Makanan Khas Semarang yang Akan Membuat Kamu Ketagihan, Awas Ngiler !

17 Makanan Khas Semarang yang Akan Membuat Kamu Ketagihan, Awas Ngiler !

Makanan Khas Semarang – Kota Semarang adalah Kota yang banyak kulinernya seperti bandeng presto, nasi ayam Semarang, garam asem, lumpia. Kota semarang adalah kota terbesar ke lima sesudah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung.Sebagai salah satu Kota paling berkembang di Pulau Jawa.Kota Semarang juga memiliki beberapa julukan,antara lain: Venetie van Java, The Port of Java dan Semarang Pesona Asia.

Kota Semarang juga di sebut Kota Lumpia karena lumpia makanan khas Semarang, yang terbuat dari Alkuturasi 2 budaya yaitu budaya Jawa dan China, Kota Atlas juga Julukan dari Semarang lho!karena Kota semarang memiliki semboyan Kota ATLAS (Aman,Lancar,Asri dan Sehat), sebagai slogan pemeliharaan keindahan Kota.

Bagi yang traveling ke Semarang,jangan lupa cicipin makanan khas Semarang. Rasanya di jamin enak dan mantap. Harganya juga sangat murah jadi semua kalangan orang bisa mencicipi makanan khas Kota Semarang ini.Berikut ini adalah makanan Khas dari Kota Semarang.

1. Bandeng Presto, Kuliner Khas Semarang

makanan khas semarang
makanan khas semarang / makananoleholeh.com

Bandeng Presto adalah makanan Khas dari Kota terbesar ke Lima yaitu Semarang, Jawa Tengah. Makanan bandeng presto di buat dari ikan bandeng yang segar dan dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Usut punya usut ikan bandeng presto ditemukan oleh Hanna Budimulya yang lahir di Kota Pati, Jawa Tengah dan akhirnya menjadi ikon besar Kota Semarang.

Ikan bandeng ini dimasak pada alas daun pisang dengan cara dipresto. Apa yang di maksud presto? Presto adalah cara memasak dengan uap air yang betekanan tinggi. Uap air yang berada di panci akan memasak makanan yang berada di dalam panci. Karena ikan bandeng populer memiliki banyak duri, bandeng presto juga makanan yang digemari dengan cara masak presto duri-duri ikan menjadi lunak dan bisa di makan..

2. Nasi Ayam Semarang

kuliner semarang
makanan khas semarang / makananoleholeh.com

Nasi Ayam adalah makanan khas Semarang yang mirip-mirip dengan nasi liwet khas Kota Solo. Nasi ayam berupa sajian nasi putih yang terasa gurih dan renyah karena dimasak dengan santan, yang disantap dengan suwiran daging ayam yang sudah matang, sambal goreng labu siam dan krecek, tahu putih, dan telur pindang laludi kasih dengan kuah santan.

Harga satu porsi dibanderol dengan harga Rp.10.000,-. sampai Rp.15.000,- . cukup murah kan? ayo buruan cicipin makanan khas Semarang.

3. Garang Asem, Masakan Khas Semarang

wisata kuliner semarang
makanan khas semarang / makananoleholeh.com

Garang Asem adalah olahan tradisional dari Kota Semarang yang enak berisi ayam dengan kuah sntan berbumbu belimbing wuluh dan cabai.Ayam dan kuah santan dimasak dengan dimasukkan ke dalam daun pisang dan ditutup atasannya dengan lidi.

Garang asem diberi nasi yang hangat, tempe goreng, jeroan ayam yang ditusuk seperti sate. Makanan ini ada di restoran dengan alamat di Jalan Gajah Mada. Ayam yang di pakai adalah ayam kampung.

4. Tahu Gimbal

kuliner khas semarang
makanan khas semarang / makananoleholeh.com

Tahu gimbal adalah makanan kuliner khas Semarang yang ada tahu goreng, tempe, gimbal, irisan kol dan disiram sambal kacang. Gimbal adalah ikan udang yang digoreng dengan tepung.Rasanya manis, pedas dan juga gurih. Nyam enak itu pasti rasanya, kuliner ini di Simpang Lima. Harganya cukup murah yaitu satu porsi sekitar Rp.10.000,-.Perut pun terasa kenyang.

5. Soto Bangkong

makanan semarang
makanan khas semarang / makananoleholeh.com

Soto bangkok adalah olahan soto yang terdapat di Rumah Makan Jalan Brigjen Katamso Semarang. Soto bangkong ada sejak tahun 1950, yakni Perempatan Bangkok. Perbedaan makanan asli Semarang ini adalah kuahnya yang bening walaupun warnanya agak coklat. Soto ini disajikan dengan isian berupa suwiran ayam, irisan tomat, tauge, bihun dan taburan bawah merah dan bawang putih.

6. Mie Kopyok, Kuliner Khas Semarang

makanan enak di semarang
makanan khas semarang / makananoleholeh.com

Mie kopyok adalah makanan khas yang berasal dari Kota Semarang yang bahannya dasar mie yang di tambahkan dengan tetelan daging dengan tambahan lauk berupa tahu dan kerupuk gendar diatasnya. Mie kopyok merupakan sangat khas Kota Semarang yang susah di temukan di tempat lain. Mie Kopyok kebanyakan dijajakan dengan gerobak keliling dari kampung ke kampung.

Ayo buruan coba makanannya pasti murah dan rasanya enak sekali. Perut pasti terasa kenyang dan memuaskan lidah

7. Babat Gongso

masakan khas semarang
makanan khas semarang / makananoleholeh.com

Nasi Babat Gongso adalah makanan Khas Semarang yang wajib kita coba bagi pecinta makanan. Anda bisa menemukannya Nasi Goreng Pak Karmin, di Jln Pemuda(Samping Jembatan Mberok), Semarang. Babat gongso disni terkenal dengan rasanya yang enak dan khas.

Babat Gongso adalah potongan babat dan jeroan, seperti, limpa, ati, paru, yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental, manis, dan pedasnya sangat terasa. Babatnya juga empuk. Harga satu porsi Rp.20.000,- sampai Rp.25.000,-. Rasanya dijamin memuaskan dan maknyus.

8. Tahu Petis

jajanan khas semarang
makanan khas semarang / makananoleholeh.com

Tahu petis adalah makanan khas dari Kota Semarang yang terkenal dengan makananan pedasnya, bahan dasar tahu petis adalah tahu putih kemudian diisi petis. Untuk memberi petis dalamnya tahu harus di sayat dulu, namun jangan sampai terbelah lalu diisi dengan petis.Tahu yang digunakan adalah tahu putih dan tidak terlalu padat. Pada saat digoreng, diusahakan tahu harus kering.

Petis adalah olahan dari sisa cairan perebusan ikan atau udang. Tapi di Semarang ada beberapa yang menggunakan petis buatan alias bukan petis asli melainkan hanya terbuat dari adonan kanji dengan tambahan gula dan diberi tinta cumi agar warnanya hitam. Tapi rasanya tetep maknyus, gurih dan nikmat.

9. Lumpia, Jajanan Khas Semarang

kuliner semarang murah meriah
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Lumpia adalah makanan yang paling diburu oleh orang-orang yang berkunjung di Kota Semarang. Karena lumpia juga sebutan Kota Semarang. Tidak sulit untuk mencari jajan lumpia ini. Tempatnya jualan lumpia ada di sekitar Simpang Lima Semarang.

Lumpia di semarang terkenal sangat enak. Lumpia adalah perpadauan rasa antara Tionghoa dan Indonesia. Biar rasanya tambah enak, kita bisa mengasihkan cabai dan acar asam, jadi rasanya tidak akan terlupakan. Lumpia terkenal di Semarang adalah lumpia mataram di Jalan Mataram dan Jalan Kedungmundu Raya No.16 Semarang. Harga satu lumpia sekitar Rp.9.000,- sampai Rp.12.000,-.

10. Pisang Plenet

kuliner semarang murah
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Tahu tidak apa itu pisang planet? pisang planet adalah jajanan Khas yang enak namun sekarang sudah jarang ditemukan. Pisang planet adalah pisang kepok membuatnya dengan cara dibakar diatas arang, kemudian ditekan dengan papan kecil sehingga bentuknya menjadi pipih. Pisang yang digunakan adalah pisang kepok raja karena memiliki rasa manis dan berwarna kuning.

Pisang planet yang dijual di gerobak-gerobak memiliki varian rasa, antara lain coklat, keju, dan nanas. Ada juga yang hanya ditaburi gula. Pisang planet ada di Jalan Pemuda dekat Gedung Lawang Sewu dan pusat jajanan toko Sri Ratu. Waktu buka pisang planet adalah menjelang sore hari hingga tengah malam.harga satu tangkup pisang planet adalah Rp.4.000,-. Murah meriah pokoknya.

11. Tahu Pong

jajanan semarang
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Selain pisang planet, tahu pong juga makanan Khas semarang lho! Tahu pong adalah tahu goreng yang garing dan gurih. Saat di gigit, tahu pong tidak ada isinya dan kosong (kopong). Oleh sebab itu,tahu ini dinamakan tahu pong.

Tahu pong enak disantap saat panas atau hangat. Lalu dikasih petis yang encer. Ada tambahan acar dan ulekan cabai hijau. Rasanya sungguh jadi ketagihan. Harga sangat murah, seporsi cuman Rp.6.000,-.

12. Gandos, Makanan Khas Semarang

kuliner enak di semarang
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Gandos adalah makanan Khas Semarang tapi kurang familiar di telingan orang-orang, karena jajanan ini adalah jajanan tradisional dan sekarng jarang ada pembuatnya. Makanan ini di buat dari tepung beras dengan dicampurkan santan lalu diberi garam dan nantinya akan dimasukkan ke loyang cetakannya.

Nanti adonannya ada dalam loyang, maka akan dimasak dengan api yang sangat panas. Bentuk makanan ini setengah lingkaran dengan taburan gula di sekelilingnya. Di Surabaya menyebutnya makanan ini dengan kue rangin,pancong di Jakarta,badros di Bandung dan lain-lain. Rasanya sangat gurih, renyah saat di gigit oleh mulut dan rasanya manis.

13. Spekoek, Jajanan Semarang Terenak

Makanan Khas Semarang
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Spekoek adalah nama kue tradisional bernama lapis legit. Kue dengan ciri khas warna coklat dan kuning yang berlapis-lapis dan memiliki rasa legit sesuai namanya. Makanan ini di Semarang banyak sekali produsen yang membuat varian baru lapis legit. Namanya adalah spekoek punding adalah punding dengan isian irisan spekoek.

14. Kue Moaci, Oleh Oleh Khas Semarang

Makanan Khas Semarang
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Kue moaci adalah kue khas Semarang dengan bahan dasar tepung ketan, gula karamel bercampur kacang untuk isian, dan bentuknya bulat. Tempung ketan idendik dengan lengketnya, kue moaci dilapisi dengan bubuk tepung dan dikasih alas dari kertas roti.

Lama kelamaan kue moaci tambah berkembang dengan pilihan warna seperti warna, kuning, hijau, coklat hingga warna merah. Isinya juga terdapat banyak rasa, seperti stroberi, coklat, pandan hingga durian. Ayo buruan coba kuenya!

15. Gudangan, Makanan Khas Semarang

Makanan Khas Semarang
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Gudangan adalah makanan tradisional yang terbuat dari urapan sayur rebus dan bumbu sambal gundangan adalah parutan kelapa yang berbumbu bawang putih dan bawang merah. Pembuatannya ada banyak macam sayuran seperti wortel, sayur bayam, daun singkong, kecamba, gubis dan lain-lain.

Paling nikmat gundangan di makan bersamaan dengan nasi yang hangat, rasa bisa ditambahkan telur rebus, rempeyek.

16. Roti Ganjel Rel, Kue Khas Semarang

Makanan Khas Semarang
kuliner semarang / makananoleholeh.com

Roti Ganjel Rel adalah mirip dengan roti gambang. Teksturnya agak alot dan padat. Dinamakan roti ganjel rel adalah bentuknya yang mirip sama bantalan rel kereta api.Roti ganjel rel adalah sajian wajib dalam acara pawai sebelum bulan Ramadhan.

Sedangkan hari biasa,sedikit sulit menemukan roti gnjel rel. Tapi jangan khawatir, di pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran, ada toko yang berjualan roti ganjel rel untuk oleh-oleh. Harganya sekitar Rp.20.000,- per kotak.

17.Wingko Babat

Makanan Khas Semarang
makanan khas semarang / makananoleholeh.com

Wingko babat adalah salah satu jajanan Khas Semarang yang terkenal. Wingko babat jajanan tradisional yang terbuat dari beras ketan dan kelapa yang di bakar. Rasanya juga bervariasi seperti, coklat, kelapa muda dan lain-lain. Wingko babat pembuatannya dengan bahan alami semua, jadi enak di lidah.

Harganya sangat terjangkau yaitu cuman Rp.2.000,-. Wisatawan banyak yang membeli wingko babat untuk oleh-oleh Khas Semarang. Tempat jualan wingko babat ada di kawasan Simpang Lima Semarang. Buruan ayo beli. Di jamin enak rasanya dan memuaskan.

Mudah-mudahan bermanfaat artkikel yang saya ketik ini dan membawa wawasan untuk kita semua. Dan apabila ada kesalahan kata mohon di maafkan.

Makanan Khas Semarang