kuliner khas medan

20 Makanan Khas Medan ini Akan Membuat Kamu Ketagihan !

MAKANAN KHAS MEDAN – Kota Medan terkenal dengan sebutan Tanah Deli sejak masa penjajahan Belanda, yang bermula perkampungan kecil Medan Putri dan telah dibuka oleh seorang guru bernama Patimus Merga Sembiring Pelawi.

Dahulu kepopuleran dengan nama Tanah Deli mulai dari Sungai Ular (Deli Serdang) sampai ke Sungai Wampum di angkat. Setelah masa kemerdekaan populer nama Tanah Deli menyurut dan hampir tidak terkenal, dan orang-orang mulai mengenal Medan.

Dimedan mayoritas penduduknya berasal dari Kerajaan Batak atau keturunan orang Batak, maka identik Kota Medan juga populer dengan Kota Batak. Penduduk Medan sebagian besar suku menyebar/merantau di hampir setiap daerah dengan sebutan khasnya orang Batak.

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman suku dan budaya. Dan setiap daerah Indonesia pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing. Tidak terkecuali dengan Kota Medan, kota yang rasanya sangat sayang untuk kamu lewatkan makanan khasnya.

Meskipun Medan itu berada ada di bagian Utara Pulau Sumatera, kamu tetap harus cobain makanan khas dari tempat tersebut. Karena, rugi banget deh kalau kamu belum pernah nyobain salah satu makanan yang ada di Medan. Jangan sampai ketinggalan yaa untuk mencicipi makanan khas dari Kota Medan ini.

Makanan yang berkhas Batak juga tidak kalah menarik dan lezatnya di bagian Pulau Sumatera ini, walupun tidak sepopuler Padang dan Aceh. Namun makanan dan oleh-oleh dari Kota Medan/Kota Deli ini termasuk makanan dengan rasa yang enak dan lezat. Yuk kita simak makanan khas Medan yang bisa dibuat oleh-oleh dan sangat populer di daerahnya.

Apa saja sih makanan khas Medan yang bisa kita coba atau mungkin dijadikan oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah.? Langsung saja kita simak bersama, makanan khas Medan.

1. Bika Ambon, Kue Khas Medan

oleh oleh khas medan
Makanan Khas Medan / anekatempatwisata.com

Banyak orang mengira lho kalau itu asalnya dari Ambon, Maluku. Padahal, makanan ini merupakan salah satu khas dari Kota Medan. Tapi kok namanya bika Ambon yaa? Belum tahu juga tuh kenapa kok namanya bisa bika Ambon.

Nah, bika ambon merupakan kue dengan warna kuning dan permukaanya terdapat lubang-lubang kecil. Kamu bisa merasakan nikmatnya bika ambon saat masih hangat gays.

Rasanya itu beda, ada hangat-hangatnya gitu deh, hehe. Tapi memang benar beda lho, walaupun makan bika ambon saat sudah dingin tetapi rasanya gak bakal hilang kok rasanya juga enak. Tapi makan bika ambon hangat itu jauh lebih enak, cobai deh kalau tidak percaya.

2. Durian Medan

kuliner medan
Makanan Khas Medan / anekatempatwisata.com

Kamu pasti tahu dengan buah yang satu ini, durian. Buah dengan aroma menyengat yang akan memberikan kenikmatan rasa yang sangat nikmat saat memakannya.

Buah ini sangat istimewa lo, oleh karena itu buah ini harganya juga lumayan cukup mahal dari pada buah lainnya. Nah, kalau kamu berkunjung ke Kota Medan, jangan lupa mencicipi buah durian yang ada di Kota Medan ini.

3. Bolu Merantai, Oleh Oleh Khas Medan

kuliner khas medan
Makanan Khas Medan / anekatempatwisata.com

Kuliner khas lainnya yang bisa kamu coba ketika mendatangi Kota Medan yaitu bolu merantai.

“Aaahhhh, cuma sebuah bolu saja apa bedanya sih dengan bolu lainnya?”

Eiitss jangan salah sangka dulu ya, bolu merantai ini punya rasa yang khas. Walaupun bentuknya mirip sama kue lapis dari Surabaya, tapi rasanya wwoouu sangat lezat dan berbeda.

Makanan bolu dari Medan ini memiliki berbagai farian rasa yang bisa kamu coba. Ada 6 rasa yakni kacang, keju, nanas, stroberi, dan mocca. Bahkan, kalau kamu mau makan bolu yang gurih, ada juga tuh bulu rasa abon ayam. Kalau saya sihh suka yang rasa kacang gays.

Kalau kamu berkujung ke Medan lalu bingung mau beli oleh-oleh apa, coba saja bolu meranti ini. Udah banyak kok wisatawan yang menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga dirumah. Kamu bisa menentukan bolu ini di daerah Jalan Kruing Medan atau Jalan Sisingamangaraja.

4. Soto Medan

masakan khas medan
Makanan Khas Medan / anekatempatwisata.com

Hampir disetiap daerah Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing. Ada soto betawi, soto lamongan, soto kudus, dan soto-soto lainnya.

Di Medan ternyata juga ada lho makanan soto yang menjadi khas di kota tersebut, namanya adalah soto Medan. Meskipun sama-sama soto, tetapi soto medan mempunyai satu cita rasa yang berbeda dengan soto lainnya.

Kalau saya sihh sangat suka dengan soto medan karena rasanya yang sangat berbeda dan enak sekali gays. Cobain dehh kalau gak percaya.

5. Pancake Medan, Cemilan Khas Medan

cemilan khas medan
Makanan Khas Medan / anekatempatwisata.com

Walaupun pancake merupakan salah satu makanan dari luar negeri, tapi Medan ini menjadi salah satu makanan favorit. Ada banyak rasa yang bisa kamu cobain, salah satunya adalah rasa durian . Hmm, kamu penasaran bagaimana rasa dari pankake durian? Buruan cari di kota kamu, siapa tau suduh ada yang menjualnya di sana.

Baca juga artikel : 29 Makanan Khas Papua yang Tidak Kalah Enak dengan Kuliner Medan !

6. Sirup Markisa, Minuman Khas Medan

wisata kuliner medan
Makanan Khas Medan / anekatempatwisata.com

Kalau dari tadi makanan semua, enggak ada salahnya kan kalau kita ngomongin juga yang khas lain dari Medan. Sirup ini biasa di kenal dengan sirup markisa, salah satu minuman khas Medan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat dengan rasa manis dan segarnya gays.

Sirup ini terbuat dari buah markisa yang lalu di beri campuran gula dan air. Kamu juga bisa menjadikan sirup markisa sebagi oleh-oleh lho.

7. Teri Medan

jajanan khas medan
Makanan Khas Medan / anekatempatwisata.com

Kamu tentu pernah dengar salah satu jenis ikan mungil yang rasanya gurih-gurih asin, yuup itu adalah ikan teri. Dan, salah satu teri yang paling terknenal adalah ikan teri Medan. Makanan ini cocok buat kamu jadikan oleh-oleh ketika pergii ke Medan lho.

Teri Medan ini ukurannya kecil dan berwarna putih. Cocok banget deh dimakan sama nasi panas atau di buat jadi sambel teri. Percaya deh gay, rasanya pasti enak banget kok, bikin mulut kamu nggak bisa berhenti makan sebelum terinya habis.

8. Teh Susu Medan

kuliner di medan
Makanan Khas Medan / anekatempatwisata.com

Walaupun artikel ini ngomongin makanan, tapi kalo diselipin mainuman juga nggak apa-apa dong. Salah satu minuman yang jadi khas Medan adalah Teh Susu Telur atau di singkat jadi TST.

Minuman ini terbuat dari susu kental manis, teh, dan tentu saja telur gays. Membuat minuman khas yang satu ini juga cukup mudah lho. Pertama susu kental manis dituang kedalam gelas, di tambah gula secukupnya, baru kemudian kuning telur gays.

Semua bahan tadi di campur dan diblender sampai menghasilkan busa putih, lalu kemudian teh panas dituang ke dalam gelas yang berisi campuran susu, telur, dan gula tadi. Mudahkan cara membuatnya, coba deh kamu bikin sendiri gays!.

9. Lemang, Makanan Khas Medan

daftar makanan khas medan
Makanan Khas Medan / anekatempatwisata.com

Pernah dengar makanan yang satu ini?…

Lemang ini ternyata makanan khas Tebing Tinggi jaraknya sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Medan. Tapi kamu gak usah jauh-jauh pergi ke Tebing Tinggi gays karana saking enaknya makanan ini, di Medan juga sudah ada yang jual kok, jadi kamu nggak perlu jauh-jauh ke Tebing Tinggi.

Lemang ini dimasak dengan cara yang unik yaitu dengan cara dibakar di atas bara api sampai matang.
Kalau kamu penasaran, cobain saja makanan ini, datng ke Jalan Bromo atau Jalan Gatot Surbroto Medan.

10. Manisan Jambu

makanan enak di medan
Kuliner Medan
/ anekatempatwisata.com

Pasti kamu pernah makan manisan, tapi kali ini saya akan membahas manisan kesukaan saya gays. Apakah itu, yaitu manisan jambu asal Medan gays, jika kamu belum pernah nyobain manisan jambu asal medan yang satu ini coba deh kamu minta tolong temen kamu yang dari medan buat bawain manisan yang satu ini.

Manisan jambu ini memiliki rasa yang manis dan teksturnya yang renyah. Paling enak nihh yaa kalau dimakan pada siang hari sambil minum es, apalagi esnya sirup markisa pastii tambah jooss deh nikmatnya.

Baca juga artikel : 19 Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Kamu Coba !

11. Kacang Sihobuk

makanan ringan khas medan
Kuliner Medan
/ anekatempatwisata.com

Kalau lagi kumpu-kumpul gak enak ya gays kalau gak ada cemilannya . Nah, buat kamu yang suka ngemil saat kumpul-kumpul nih, coba deh cari makanan yang satu ini yaitu kacang sihobuk ini. Gak usah bingung gays buat beli cemilan yang satu ini, walaupun makanan ini dari Medan tetapi makanan ini sudah ada di seluruh daerah Indonesia kok gays.

Sekedar pengetahuan gays kacang sihobuk sebenarnya berasal Desa Sihobuk Tarutung Tapanuli Utara gays, rasa kacang ini khas, ada manis-manisnya gitu deh, ditambah gurih yang pas. Cara memasak kacang ini juga unik, yaitu menggunakan pasir. Kacang sihobuk memilki tekstur yang renyah, jadi kalau beli belum habis tentu pengen ngunyah terus bawaanya deh.

12. Bakso Lembu

daftar kuliner di medan
Kuliner Medan
/ anekatempatwisata.com

Makanan khas Medan yang selanjutnya yaitu bakso yang dibuat dengan cara campuran, daging lembu, tepung, dan bumbu. Rasanya tentu gak kalah dengan bakso-bakso yang ada di daerah lainnya, karena bakso ini bisa menggoyang lidah kalian gays hehe.

13. Kopi Sidikalang

jajanan medan
Kuliner Medan
/ anekatempatwisata.com

Bagi kamu pencinta kopi, jangan sampai melewatkan kopi yang satu ini gays, jika kalian berkunjung ke Kota Medan ada salah satu kopi yang cukup terkenal, namanya kopi sidikalang. Sekedar info buat kamu ya gays, kopi ini sebenarnya bersal dari daerah Sidikalang yang memiliki ketinggian 1472 meter di atas permukaan laut.

Kopi yang dihasilkan dari daerah ini tentu saja memiliki kualitas yang baik. Rasa yang dihasilkan pun kuat karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Cocok banget deh buat kamu yang pencinta kopi.

14. Kue Lupis Medan, Jajanan Khas Medan

wisata kuliner di medan
Kuliner Medan
/ anekatempatwisata.com

Di negara kita Indonesia ini ya gays, yang namanya kue lupis ada beberapa macam, dan salah satunya adalah Kue Lupis Medan, kue lupis Medan memang sangatlah berbeda dengan kue lupis dari Jawa. Kalau Kue Lupis Jawa itu terbuat dari tepung beras yang sudah dihaluskan dan lalu di dalamnya di tambahkan pisang ambon dan nangka yang sudah matang.

Sedangkan Kue Lupis Medan adalah makanan khas dari Kota Medan yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang, biasanya dibentuk seperti segitiga atau kerucut dan dimasak dengan cara dikukus.

15. Kue Ombusombus

makanan kuliner khas medan
Masakan Khas Medan
/ anekatempatwisata.com

Makanan dari Batak yang berasal dari siborong-siborong tapanuli utara yang terbuat dari tepung beras yang diberi gula ditengahnya dan dibungkus dengan daun pisang.

Kue ombusombus bisanya ada disaat acara besar dalam kebudayaan batak, namun mendapatkan jajanan ini untuk di buat oleh-oleh sangatlah mudah kok.

16. Sate Kerang

menu masakan medan
Masakan Khas Medan
/ anekatempatwisata.com

Nah, satu ini agak berbeda gays. Jika kamu ingin oleh-oleh yang berbeda, coba mampir dan cicipi kelezatannya Sate Kerang yang ada di Medan. Siapa sangkang sebuah kerang bisa diolah menjadi sate dengan rasa yang sangat nikmat.

Yang menarik dari sate ini yaitu, sate ini tidak dibakar seperti sate ayam atau sate kambing. Selain itu potongan dangingnya pun juga besar dan tidak baerbau amis karena menggunakan kerang segar.

Baca juga artikel : 29 Makanan Khas Surabaya yang Akan Membuat Kamu Ketagihan !

17. Rujak Kolam, Makanan Khas Medan

makanan khas kota medan
Masakan Khas Medan
/ anekatempatwisata.com

Rujak kolam adalah makanan khas Medan baru-baru ini. Rujak kolam merupakan salah satu dari beberapa street food yang terkenal dan harus kamu coba gays kalo berkunjung ke Kota Medan. Rujak kolam memiliki rasa yang pedas pedas dan segar karena buahnya yang segar.

Kenapa dinamakan rujak kolam? Karena orang yang berjualan rujak kolam berada di dekat Kolam Deli. Dulu Kolam Deli merupakan objek wisata yang sangat terkenal, selain itu di smaping Kolam Deli terdapat wisata peninggalan sejarah yang sangat terkenal di Medan yaitu Mesjid Raya Al-Mashum.

Nah gays, kalau kamu mampir ke Kota Medan jangan lupa mampir ketempat wisata dan kuliner ini. Kalau kamu gak kesini di jamin bakal nyesel deh.

18. Kue Putu Bambu

jajanan di medan
Masakan Khas Medan
/ anekatempatwisata.com

Makanan yang satu ini sangatlah familiar di lidah masyarakat Indonesia. Tahukah kamu kalau jajanan ini di Medan juga ada kue putunya yang khas lo? Kue putu bambu khsa medan ini gays mempunyai ukuran yang lebih besar dari pada kue putu yang lainnya.`

Kue putu dan kue klepon sama-sama enaknya gays karena sama isinya yaitu gula merah, cara penyajiaanyapun sama yakni, yakni menggunakan taburan kelapa atau gula pasir. Tetapi kalau di Medan lebih umum di taburi gula merah dari pada kelapa parut gays.

19. Saksang

Makanan Khas Medan
Kuliner Khas Medan
/ anekatempatwisata.com

Saksang merupakan masakan dari suku Batak yang bisa kita dapati di kota Medan. Saksang adalah makanan yang berkuah yang bahan utamanya yaitu daging babi, anjing, atau kerbau. Daging tersebut kemudian dicincang kasar dan dibumbui menngunakan rampah-rempah dan santan.

Bisanya penyajian saksang bisa dilakukan dengan menggunakan darah hewan yang digunakan ataupun tidak alias rempah-rempahnya saja. Hidangan ini merupakan hidangan wajib bagi suku Batak, bisanya dalam pesta pernikahan adat hidangan ini disajikan.

Tapi sekarang kamu gak usah bingung gays, makanan ini bisa kamu temui di kedai-kedai makanan dan minuman tradisional Batak di Kota Medan. Teteapi tentu makanan ini tidak cocok untuk kamu yang beragama Islam ya gays, karena tentu saja makanan ini tidak halal.

20. Kolak Durian, Kuliner Khas Medan

Makanan Khas Medan
Kuliner Khas Medan
/ anekatempatwisata.com

Selain ada kolak Kota Melayu Deli, Medan juga bisa dikenal dengan Kota Durian. Hal ini dikarenakan Medan menjadi salah satu kota penghasil buah durian yang lengit, manis, dan wanginya yang khas. Siapapun yang datang ke Medan harus menjajal beragam kuliner yang terbuat dari bahan utamanya yaitu durian, salah satunya adalah kolak durian.

Kolak durian merupakan makanan khas Medan yang disajikan bersama ketan putih yang sudah dikukus, pisang kepok, dan jagung manis rebus. Untuk kuah kolaknya dibuat dari campuran santan kelapa dan gula aren atau gula merah.

Cita rasa kolak durian ini yaitu manis yang berpadu dengan aroma wangi dari buah duriannya. Kolak durian ini gays bisa kamu hidangkan dalam keadaan hangat maupun dingin bersama as juga bisa dan bahkan lebih menyegarkan. Pasti bakal bikin kamu nambah lagi deh, cobain gays kalau kamu penasaran.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang bisa kamu cicipi jika mampir ke Kota Medan. Tapi jangan khawatir kalau ternyata masih belum cukup juga untuk menyenangkan lidah kamu. Masih banyak yang kamu coba kok disana. Selamat berwisata gays.

MAKANAN KHAS MEDAN

Tinggalkan komentar