21 Menu Makanan Khas Jawa Barat yang Mampu Menggoyang Lindah Anda

Makanan Khas Jawa Barat – Baik sob, sekarang kita akan membahas beberapa makanan di Profinsi Jawa Barat. Kalian pastinya tahu lah tentang Jawa Barat, Jawa Barat merupakan salah satu kota yang menjadi pusat kuliner di Indonesia. Di Jawa Barat terdapat banyak makanan Khas yang akan menggoyang lidah para penikmatnya.

Jika kalian pergi berlibur ke Jawa Barat jangan lupa untuk menikmati makanan-makanan khas dari Jawa Barat tersebut. Apa saja makanan khas dari Jawa Barat ? Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Nasi Lengko

Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat / www.penabiru.com

Tentang nasi lengko, Nasi lengko merupakan olahan yang dipadukan antara nasi dengan isian salah satunya sayuran dan gorengan. seperti tahu dan tempe goreng, serta daun kucai, mentimun, dan tauge. Dengan tamabahan lagi taburan saos kacang yang memiliki rasa yang sangat enak, dan yang pastinya akan menggoyang lidah para penikmatnya.

Untuk para pecinta makanan pedas jangan salah Nasi Lengko juga bisa di padukan dengan paduan cabai yang akan memberikan rasa pedas. Selain itu lebihh enak lahgi bila ditambahkan taburan daun goring. Belum lagi dengan adanya sayuran Nasi Lengko akan lebih terasanikmat.

2. Tapai Ketan

Cemilan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat / www.penabiru.com

Kita lanjukan ke Tapai keten, Tapai Ketan diolah dengan cara difermentasi. Tapai Ketan ini berasal dari Kuningan. Bahan dasar dai pembuatan Tapi ketan ini menggunakan Beras Ketan baik menggunakan Ketan yang putih maupun yang hitam, apapun berasnya yang pasti rasanya bakalan sama dan akan membuat anda ketagihan.

Olahan Ketan ini biasanya akan diwarnai menggunakan daun katuk agar memiliki warna hajau yang alami dan membuat penampilan menarik. Sedangkan dengan bungkusnya kerap kali memakai daun pisang dan daun jambu, tapi sering kali pembuat Tapai Ketann menggunkan daun pisang.

3. Tahu Kuningan

Masakan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat / www.penabiru.com

Sesuai dengan kebanyakan tahu yang biasa kita makan untuk cemilan, makanan Khas Jawa Barat dan sesuai dengan namanya ini tahu kuningan berasal dari Kuningan juga Tahu Kuningan ini akan lebih enak dan akan terasa sedap jika dipadukan dengan cabai bahkan bisa sambal.

Anda pastinya sudah tahu kan apa itu Tahu, Tahu yang terbuat dari olaha kedelai dengan fermentasi, tapi yang membuat beda dengan tahu Kuningan adalah kalau tahu kuningan itu betuknya yang padat dan rasanya yang gurih dan yang akan membuat lidah para penyicipnya menari-nari keenakan.

4. Mie Kocok

Masakan Tradisional Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat / www.penabiru.com

Nama mie kocok mungkin tidak setenar dengan mie ayam dan mie-mie yang lainya. Namun popularitas Mie Kocok ini jangan diragukan lagi rasanya, dengan bahan dasar mie yang dicampur dengan telur akan menambah sensasi rasa yang berbeda .

Dalam Mie Kocookk tersebut dalam satu porsinya bisa diisi dengan Mie, Sawi, Telur dan lain-lain. Semakin banyak peminatnya sekarang Mie Kocok sudah diinovasi dengan adanya penambahan Bakso dan Daging yang membuatnya mirip dengan Mie Ayam atau Mie Bakso, hanya kuah dan tambahan telurnya yang membedakanya.

Dalam porsi spesialnya Mie Kocok kaya akan kandungan Gizinya, selain terdapat sayur dimana sayur banyak vitaminya, kebutuhan proteinya juga didapat dari daging. Masakan khas Jawa Barat ini layak untuk dicicipi karena rasanya yang gurih dan enak, serta biaya yang dikeluarkan untuk membelinya tidak terlalu mahal.

5. Nasi Jamblang Daun Jati

Makanan Tradisional Jawa Barat
Masakan Khas Jawa Barat / www.penabiru.com

Mengenai nasi jamblang, sebenarnya olahan ini hanya nasi biasa yang didalamnya ditambahkan lauk, penyajianya menggunakan daun jati. Namun ada cerita dibalik lahirnya kuliner dari kota Cirebon ini. yakni dimulai ketika Belanda memerintahkan pembuatan jalan raya Anyer-Panarukan.

Pada waktu itu zaman penjajahan Belanda warga desa Jamblang membuat nasi yang dibungkus dengan daun jati. Dulunya lauk nasi jamblang hanya tempe dan sayuran saja, tapi sekarang semakin bertambahnya ilmu, Nasi Jamblang di inovasi dan sekarang ada banyak lauk sekitar 40 lauk yang bisa dipilih.

Dalam satu porsinya nasi jamblang menggunkan sedikit Nasi dan akan ditumpuk dengan berbagai lauk. Yang membuat sensasinya berbeda adalah ditambahkanya daun jati untuk pembungkusnya sehinga bisa menciptakan aroma dan rasa yang khas terhadap nasi.

Baca juga artikel : 20 Makanan Khas Jawa Timur yang Akan Membuat Kamu Ketagihan !

6. Lepet Kuningan

Masakan Jawa Barat
Masakan Khas Jawa Barat / www.penabiru.com

Nama lepet sudah terkenal di wilayah Jawa, karena makanan ini biasa disajikan saat Idul Fitri dan Idul Adha. Salah satu lepet adalah lepet Kuningan dengan warna yang agak kecoklatan, berbeda dengan lepet yang lain yang biasnya agak menguning warnanya.

Seperti Lepet pada umumnya, Lepet Kuningan ini dibuat dengan ketan putih yang dibungkus dengan daun kelapa. Bungkus tersebut akan diikat agar nantinya ketan yang ada didalamnya tidak berceceran.

Lepet Kuningan ini biasanya diisi dengan kacang dan sebelumnya itu ketan akan dicmour dengan parutan kelapa. Untuk rasa Lepet Kuningan ini mirip dengan Lepet pada umumnya yakni dengan rasa gurih, begitu pula Lepet yang lainya.
.

7. Makaroni Panggang

daftar makanan khas jawa barat
Masakan Khas Jawa Barat / www.penabiru.com

Makaroni di Indonesia adalah makanan yang cocok untuk cermilan saat keadaan apapun, Makaroni di Nusantara sudah banyak yang mengenal bahkan tidak hanya di Jawa Barat saja melainkan di Jawa-jawa yang lain juga ada yang namanya Makaroni, namun berbeda dengan makanan asli Kota Bogor ini, karena di Bogor macaroni di sajikan dengan cara di panggang.

Pada Makaroni panggang, ukuran macaroni ini lebih panjang dibandingkan dengan macaroni yang lainya. Selain itu kuliner ini dibuat beda dengan macaroni yang lain karena disajikan dengan ditaburi keju untuk menambah rasa ngurih pada makaroni tersebut.

8. Karedok

makanan daerah jawa barat
Masakan Khas Jawa Barat / www.penabiru.com

Makanan khas Jawa Barat ini merupakan makanan dengan bahan-bahan sayuran segar yang disajikan dengan siraman bumbu kacang. Makanan Karedok ini mirip dengan makanan yang banyak diketahui dengan nama Gado-gado atau pecel, tetapi perbedaannya terdapat pada penyajian sayurnya yang disajikan dengan sayuran mentah.

Sayuran yang digunakan untuk Karedok adalah , daun kemangi, kacang panjang, kol, terong, dan tauge. Semuanya dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan keadaan mentah, walaupun disajikan dengan keadaan mentah rasanya tetap lezat karena dengan taburan bumbu-bumbu kacang yang menimbulkan rasa pedas.

9. Dorokdok

nama makanan khas jawa barat
Masakan Khas Jawa Barat / www.penabiru.com

Makanan ini merupakan makanan yang berasal dari kota Garut. Mungkin banyak yang berpikiran bahwa ketika kita mendengar nama Garut yang terlintas dipikiran kita adalah Dodol, padahal masih ada Derokdok yang tidak kalah enaknya dengan Dodol. Derokdok ini dibuat dengan menggunakan kulit sapi atau kulit kerbau.

Penamaan Derokdok sendiri diberikan karena suara yang muncul ketika kita memakan Derokdok, yaitu akan menghasilkan suara “Dorok Dok Dorok Dok” suara tersebut muncul karena renyahnya krupuk dengan bentuk memanjang ini.

Yang membuat olahan khas garut ini unik karena dari bahan yang digunakan itu akan mempengaruhi rasa yang didapat. Misalnya, ketika kita membuat dengan menggunakan kulit sapi rasa yang akan didapat adalah renyah dan gurih. Sedangkan saat membuat dengan kulit kerbau rasa yang didapat adalah manis dan gurih.

10. Dodol Garut

kue khas jawa barat
Masakan Khas Jawa Barat / www.penabiru.com

Siapa sih yang tidak tahu tentang Dodol Garut, makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Makanan dengan bentuk memanjang dengan tekstur yang lembut dan dengan rasa yang manis. Walaupun mirip dengan Jenang Kudus namun Dodol punya tekstur yang lebih kering. Dan pengemasanya juga berbeda, kalau Dodol dibungkus dengan dibentuk kotak sedangkan Jenang dibungkus dengan dibentuk seperti tabung.

Dodol dibuat dengan menggunakan tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah, itu adalah rasa yang original dari makanan itu. Sekarang rasa dari Dodol tersebu sudah bervareasi ada banyak rasa yang dibuat oleh para produsen untuk membuat Dodol semakin berkembang.

Untuk merasakan Dodol tidak sulit untuk mencarinya karena Dodol akan banyak dijumpai diberbagai daerah.

11. Chocodot

jajanan khas jawa barat
Makanan Tradisional Jawa Barat / www.penabiru.com

Chocodot merupakan olahan perpaduan antara Coklat dan Dodol. Makanan ini ditemukan tidak sengaja karana paa saat itu si pembuat tidak sengaja menjatuhkan dodol ke Coklat, dan Si pembuat mencoba ternyata rasanya enak, jadilah Chocodot.

Bentuk dari makanan ini adalah bulat mirp dengan bakpao, namun agak kecil dengan berbagai varian rasa yang sangat beragam. Selain coklat chocodot juga punya banyak rasa pahit, cokelat susu, dan ada cokelat dengan tekstur lembut di mulut. Dan banyak anak muda yang menyebutnya dengan nama Coklat Anti Galau, bahkan banyak lagi sebutan untuk makanan ini.

12. Doclang

cemilan khas sunda
Makanan Tradisional Jawa Barat / www.penabiru.com

Donclang merupakan makanan dari ketupat, tahu, kentang, serta ada siraman bumbu kacang megitarinya. Makanan ini sedikit mirip dengan makanan Jakarta yaitu Ketoprak maupun kupat tahu Bandung. Yang menjadi pembedanya yaitu dari penbungkusnya yang sedikit berbeda. Namun untuk rasa agak sedikit mirip.

13. Asinan Bogor

makanan indonesia
Makanan Tradisional Jawa Barat / www.penabiru.com

Ciri khas dari asinan ini adalah dubat dari kuah cabai merah, dan dari inilah warna dari asinan bogor memerah dan pastinya akan menimbulkan rasa pedas yang sangat. Dalam satu porsinya selain dengan adanya rasa pedas tersebut ditambahkan pula dengan adanya potongan sayuranatau buah-buahan.

Asinan bogor mempunyai tiga varian yaitu asinan buah, asinan sayuran, dan asinan buah dan sayuran. Untuk sayuran sering digunakan dengan Taoge dan Kol yang nantinya akan dipotong kecil-kecil. Sedangkan untuk buahnya menggunakan buah tropis, seperti bengkuang, jambu, salak, dan nanas.

Jika semuanya sudah seleasai dibuat maka setelah itu masukkan buah atau sayuran kedalam kuah yang juga sudah dibuat tersebut. Harga satuan asinan ini berkisar antara 10 ribu sampai 15 ribuan.

14. Toege Goreng

masakan dari jawa barat
Makanan Tradisional Jawa Barat / www.penabiru.com

Dari namanya mungkin anda mengira kalau makanan ini terbuat dari toege yang digoreng. Namun ternyata itu hanya namanya saja, karena sebenarnya Toege itu dibuat dengan cara di rebus. Nama goring tersebut disebutkan karena dari cara merebusnya menggunakan wajan penggorengan.

Tidak hanya Toege saja dalam makanan ini, didalamnya juga terdapat Mie rebus, Potongan Ketupat, dan ditambahi kuah oncom yang akan melengkapi Toege Goreng ini, dan yang pastinya akan membuat lidah keenakan.

Dalam pembuatan kuah oncom menggunakan oncom dengan tambahan tauco serta ada tambahan rempah lain. Biasanya penjual akan membuat kuah ini terlebih dahulu, sedangkan untuk Mie dan Toegenya biasanya dibuat saat ada pesanan.

15. Lontong Kari

cemilan khas jawa barat
Masakan Tradisional Jawa Barat / www.penabiru.com

Berbicara mengenai Lontong, biasanya bumbu yang sering kita jumpai adalah menggunakan bumbu kacang, namun untuk kuahnya adalah kari. Sebenarnya makanan ini hamper sama dengan Lontong pada umumnya namun karena adanya kari itulah yang membuat makanan khas Jawa Barat ini berbeda dengan Lontong lainya.

Adanya kari juga menambah rasa gurih dan lebih enak disantap dengan aroma dagingnya yang sedap. Ada dua jenis daging yang digunakan membuat karinya yaitu daging sapid an daging ayam. Dalam satu porsinya terdapat telur rebus dan ditaburi dengan kedelai goring dan juga bawang goring.

Tapi tidak lengkap tanpa adanya teman makanan Lontong tersebut, yaitu kriupuk yang akan membuat sensasi saat makan itu semakin enak dan semakin gurih, makanan ini sudah sangat popular di Kabupaten Bandung dan sekarang sudah banyak orang yang berdagang di pinggiran jalan.

16. Soto Kuning

makanan khas daerah sunda
Masakan Tradisional Jawa Barat / www.penabiru.com

Sesuai dengan namanya, soto ini berwarna kuning dengan bahan pembuatan kuahnya menggunakan kunyit. Makanan ini berasal dari Kota Bogor yang akan disajikan dengan berbagai macam daging untuk pelengkapnya mulai dari daging sapi, daging ayam, limpa maupun babat.

Semua daging tersebut mempunyai tekstur yang lembut dimulut serta dengan campuran kuah soto dengan rasa kunyit yang akan membuat sensasi makanan semakinWOW. Soto kuning kurang lengkap kalau tanpa adanya nasi hangat, jangan lupa tambahkan pula sambal agar makanan akan terasa terus digoyang dengan rasa nikmatnya.

17. Tahu Gejrot

makanan tradisional khas sunda
Masakan Tradisional Jawa Barat / www.penabiru.com

Tahu Gejrot merupakan makan sederhana dar Jawa Barat namun memiliki olahan yang sangat nikmat. Makanan dari daerah Cirebon ini dibuat dari bahan dasarnya tahu goring dengan tekstur yang lebih berisi.

Dalam penyajianya kurang lengkap kalau tidak adanya kuah asam pedas berbahan cabai rawit. Unuk memudahkan para konsumen biasanya Tahu Gejrot biasanya akn disajikan dengan dipotong terlebih dahulu dan agar bumbunya lebih meresap. Rasa yang akan didapat saat mengkonsumsi Tahu Gejrot ini manis guris pedas yang akan terasa dimulut.

18. Surabi

resep masakan khas sunda
Masakan Tradisional Jawa Barat / www.penabiru.com

Serabi atau surabi adalah makanan yang sudah merata di Jawa Barat bisa dikatakan makanan ini adalah khas dari sunda dengan pembuatanya dari bahantepung beras dan dimasak dengan cara yang masih tradisional akan lebih membuat makanan lebih terasa nikmat.

Penampilan serabi sendiri memiliki bentuk yang bulat dengan tekstur empuk sehingga akan ad rasa legit dan empuk saat makanan tersebut berada didalam mulut, belum lagi ada banyak surabi yang tidak hanya terbuat dari gula dan kelapa saja karena surabi banyak varian rasanya yang pastinya akan lebioh m,engguncangkan lidah penikmatnya.

Dahulu serabi tidak memiliki isian apapun, namun sekarang Surabi lebih banyak isianya seperti kornet, ayam, dan telur. Selain menambah cita rasa dari berbagai isisan tersebut maka kandungan gizi juga akan diperoleh oleh konsumen saat memakan Surabi tersebut, tak jarang banyak yang tidak suka dengan adanya isian di makanan Surabi tersebut, semuanya kembali ke pnikmatnya.

19. Tahu sumedang

makanan khas daerah di indonesia
Daftar Makanan Khas Jawa Barat / www.penabiru.com

Olahan tahu ini adalah salah satu makanan atau cemilan yang terkenal, sesuai dengan namanya tahu ini berasal dari Sumedang Jawa Barat. Bahan utama Tahu Sumedang sendiri tidak berbeda dengan tahu-tahu yang lain,yaitu dengan bahan kedelai yang kaya akan protein.

Dari kandungan yang kaya akan kandungan ini TAhu Sumedang akan sangat menyahatkan buat kalangan masyarakat, baik orang tua, remaja, maupun anak-anak. Cirri-ciri Tahu Sumedang punya bentuk koytak kecil dengan isian yang kopong.

Yang membuat makanan ini istimewa adalah rasanya yang gurih dan lembut dimulut, dan akan menambah rasa nikmat bila ditambahkan dengan saus yang pedas rasanya akan terasa enak dan semakin nikmat dimulut sampai-sampi yang makanya akan ketagihan.

20. Batagor

macam macam makanan khas daerah
Daftar Makanan Khas Jawa Barat / www.penabiru.com

Batagor adalah salah satu makanan yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia, makanan ini awal mulanya bukan dari Indinoseia melainkan makanan yang dijadikan dari perpaduan antara Indonesia dan Tionghoa, namun karena makanan ini diopsi sedimikian rupa maka makanan ini diadopsi oleh Suku Sunda, dan tergolong makanan khas Jawa Barat.

Sesuai dengan namanya makanan ini di buat dengan cara digoreng dengan isian tahu dan bakso plus bumbu kacang yang akan membuat varian rasanya akan berbeda, makanan ini condong ke rasa gurih, tapi, ada pula yang membuatnya dengan rasa pedas, tidak masalah karena semua rasa yang dipadukan tidak akan merubah rasa asli dari Batagor tersebut.

21. Cireng

jajanan khas sunda
Daftar Makanan Khas Jawa Barat / www.penabiru.com

Cireng atau nama aslinya aci goreng adalah makanan dengan bahan utama pembuatannya berupa tepung kanji dengan pemasakan dengan cara digoreng. Dalam adonan tepung kanji tersebut nantinya akan dicampur dengan terigu, garam, merica bubuk, bawang putih, daun bawang, kedelai, air, dan dimasak dengan minyak goring.

Semua adonan tersebut nantinya akan dibentuk menjadi bulat atau sesuai keinginan dan biasa dimakan menggunakan bumbu kacang atau saus. Untuk urusan rasa, originalnya akan terasa gurih, namun karena lambat laun banyak produsen berinovasi, muncul pulalah rasa yang beragam dengan isian yang lebih variatif.

Aneka rasa seperti sosis, daging ayam, kornet, abon, keju, daging sapi, hingga teriyaki kerap menjadi perasa dari cireng. Selain inovasi rasa, inovasi bentuk juga mulai banyak ditemukan, jika cireng normalnya berbentuk bulat, maka sekarang bentuk seperti hati, kotak, segitga, hingga daun banyak dibuat.

Berkat rasa dan bentuk yang menarik itulah sekarang cireng yang asli Sunda mulai banyak peminatnya, termasuk pula penjualnya. Untuk itu, untuk bisa mendapatkan cireng, di kota besar seperti Bandung terdapat berpuluh-puluh penjual yang tersebar di pusat kota atau tempat wisata.

Nah sobat, itu tadi beberapa makanan yang ada di Jawa Brat yang akan menggoyangkan lodah penikmatnya, dan yang pastinya akan membuat ketagihan orang yang memakanya. Maka dari itu yang sekiranya sedang jalan-jalan didaerah Jawa Barat jangan lupa untuk mencicipi beberapa makanan yang ada di Jawa Barat.- Makanan Enak Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat

Tinggalkan komentar