Makanan Kekinian

Berbicara tentang makanan, seolah tak ada habisnya. Dunia kuliner selalu memiliki menu-menu baru yang menarik perhatian dan rasa penasaran untuk mencoba. Bahkan baru-baru ini, ada banyak makanan ringan yang tiba-tiba populer karena rasa dan tampilannya yang unik, atau bahannya yang tidak biasa. Apa saja sih? Ini dia daftarnya.

1. Makuta Cake Rasa Coklat

gambar makanan kekinian Makuta Cake Rasa Coklat
anekawisata.com

Kuliner yang satu ini dipopulerkan oleh artis cantik Laudya Cynthia Bella, yang kemudian dengan cepat diikuti oleh pebisnis kuliner lainnya. Berasal dari kota hujan, makuta cake pada dasarnya adalah bolu dengan krim aneka rasa, dan salah satu yang paling laris adalah coklat.

Tampilannya sendiri sebenarnya sangat sederhana, namun kemasannya yang unik dan cita rasa yang lezat, membuat kue ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit dari Kota Bandung. Harga yang ditawarkan kisaran Rp55.000-Rp65.000 per pack.

2. Pisang Nuget

gambar makanan kekinian Pisang Nuget
id.tastemade.com

Selain digoreng, dikukus, dan dijadikan kolak, pisang ternyata juga bisa dikreasikan menjadi makanan kekinian bernama nugget pisang, atau yang lebih hits dengan nama banana nugget. Makanan yang populer di kalangan anak milenial ini, sebenarnya merupakan jajanan ikonik dari Makassar.

Jenis pisang yang sering digunakan untuk makanan ini adalah pisang tanduk atau raja. Makanan ini diolah dengan cara dikukus terlebih dulu, baru setelah itu digoreng dengan tepung panir, agar tekstur luarnya lebih renyah.

Penganan ini selanjutnya disajikan dengan aneka macam topping, mulai dari topping klasik seperti keju dan coklat, hingga yang lebih kekinian seperti green tea, milo, oreo, dan koko krunch. Cita rasanya manis, gurih, dan renyah. Harganya mulai dari Rp17.000-Rp 25.000 per porsi.

3. Surabaya Snow Cake

gambar makanan kekinian Surabaya Snow Cake
m.traveloka.com

Surabaya snow cake adalah bentuk baru dari kue lapis khas Surabaya, sama-sama ada tiga lapisan, tapi dengan tekstur yang berbeda. Tekstur kering ada di bagian bawah dan atas, sedangkan bagian tengah adalah spiku. Setiap lapisnya dibuat dengan varian rasa yang berbeda.

Beberpa sensasi rasanya adalah manis, renyah, lembut, dan sejuk dalam sekali gigit. Rasa sejuknya didapat dari taburan gula halus putri salju. Hal itu karena diselipkannya kata “Snow” dalam namanya. Makanan ini dibanderol dari harga Rp60.000-Rp 70.000, Surabaya snow cake memiliki empat belas varian rasa, dengan empat yang paling laris adalah keju, karamel, choco green tea, dan choco banana.

4. Strudel Apel

gambar makanan kekinian Strudel Apel
resepkakak.com

Camilan kreasi dari pastry ini merupakan hidangan tradisional khas Austria yang biasa dinikmati saat morning tea, afternoon tea, atau disajikan sebagai makanan penutup, yang kemudian menyebar ke berbagai negara karena kelezatannya.

Di Indonesia sendiri, strudel apel menjadi populer, setelah dijadikan salah satu varian oleh-oleh khas Kota Malang, yang merupakan buah ide dari Teuku Wisnu dan Farah Quinn. Strudel apel dibuat dari berlapis-lapis pastry berbahan dasar tepung terigu yang diisi potongan buah apel untuk rasa original.

Isian strudel lainnya bisa berupa bayam, cherry, pir, dan berbagai jenis buah dan sayuran lain. Ciri khas makanan ini adalah rasa kayu manis yang kuat. Saat disajikan, biasanya diberi krim dan vanilla custard. Camilan lezat ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp55.000-Rp80.000 per kotak.

5. Churros

gambar makanan kekinian Churros
canolaeatwell.com

Churros bisa menjadi pilihan makanan ringan yang cocok untuk orang yang suka camilan manis. Menurut laman wikipedia, churros adalah hidangan tradisional di Portugal dan Spanyol yang berasal dari Ibero-Amerika dan Filipina. Makanan ringan ini terbuat dari tepung terigu, air, dan sedikit garam, yang kemudian dimasak dengan cara digoreng.

Churros dikenal juga dengan donat khas Spanyol, tapi bentuknya tidak bulat, melainkan memanjang dan bergerigi. Teksturnya sendiri lembut di bagian dalam dan renyah di luar. Churros klasik dihidangkan dengan taburan kayu manis, gula halus, atau gula merah, dan dimakan dengan saus coklat kental.

Sedangkan, churros kekinian hadir dengan topping yang lebih bervariasi, seperti bertabur gula putri salju atau kacang dan dengan saus susu atau matcha. Ada juga churros paling hits yang menggunakan adonan red velvet berisi krim keju. Makanan ini dijual dengan kisaran harga Rp10.000-Rp15.000.

6. Egg Cheese Tart

gambar makanan kekinian Egg Cheese Tart
unileverfoodsolutions.com.sg

Egg cheese tart berasal dari Osaka, Jepang. Tekstur makanan ini renyah di luar dan lumer di bagian dalam, karena menggunakan krim keju custard sebagai isiannya. Cara memasaknya adalah dengan dipanggang. Selain rasa original, egg cheese tart juga hadir dengan rasa coklat dan green tea. Di beberapa mall besar di Jakarta, camilan lezat ini dibanderol dengan harga sekitar Rp25.000 per buah.

7. Martabak Mozarella

gambar makanan kekinian Martabak Mozarella
mesinwiratech.com

Martabak adalah makanan khas Bangka Belitung yang diciptakan oleh etnis Tionghoa. Varian pertamanya adalah martabak telur dan martabak manis. Tapi saat ini, hadir varian martabak mozarella yang membuat martabak kembali hits. Martabak mozarella adalah martabak telur yang diberi topping lelehan keju mozzarella.

Beberapa penjual, bahkan memberikan isian dengan aneka macam pilihan, seperti kornet, daging sapi, ayam, smoked beef, sosis, hingga tuna. Martabak jenis ini dijual dengan harga mulai dari Rp45.000 sampai Rp125.000, tergantung ukuran dan isiannya.

8. Gelato

gambar makanan kekinian Gelato
thespruceeats.com

Gelato adalah camilan manis dingin yang berasal dari Negara Italia. Banyak yang mengira bahwa gelato adalah ice cream, padahal keduanya cukup berbeda. Gelato lebih berkrim, teksturnya lebih padat namun halus, serta lebih elastis dan cair. Rasanya juga tidak setajam ice cream dan kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi.

Ice cream dibuat dari krim, susu, dan gula, sementara gelato menggunakan lebih banyak susu tapi lebih sedikit krim, dan umumnya tidak menggunakan kuning telur. Gelato hadir dalam banyak varian rasa, seperti earl grey, salted caramel, stracciatella, tiramisu, dan hazelnut.

Untuk yang suka buah, tersedia juga variasi buah yang dibuat dengan sari asli buah-buahan, seperti rasa mangga, raspberry, strawberry, lemon, hingga sereh. Gelato biasanya dihidangkan dengan disiram saus coklat atau caramel. Tapi, ada juga yang disajikan dalam bentuk banana split. Harga gelato cukup bervariasi, mulai dari belasan ribu sampai di atas seratus ribu.

9. Smoothie Bowl

gambar makanan kekinian Smoothie Bowl
rachelpaulsfood.com

Penikmat makanan yang mengikuti tren dunia kuliner, pasti memerhatikan bahwa sebagian besar blogger kuliner tiba-tiba dipenuhi dengan gambar-gambar indah dari buah dan sayuran. Makanan ini ditempatkan secara simetris dalam mangkuk bundar besar disertai dengan sendok. Inilah yang disebut smoothie bowl. Salah satu makanan yang hits di media sosial ini tidak hanya lezat, tapi juga menyehatkan.

Smoothie bowl dibuat dari campuran buah-buahan segar, susu rendah lemak, dan es batu, yang diolah menjadi jus kental dan dihidangkan dalam mangkuk.  Makanan ini juga diberi topping berupa potongan buah-buahan, biji-bijian, atau kacang-kacangan. Tampilannya sangat cantik dan super instagenik. Makanan ini sebenarnya bisa dibuat sendiri, tapi jika membeli, harganya sekitar Rp50.000 atau Rp60.000.

10. Super Long Fries

gambar makanan kekinian Super Long Fries
timeout.com

Super Long Fries, alias kentang goreng ekstra panjang pertama kali populer di Tokyo, Jepang pada tahun 2016. Makanan ini mulai hits pada tahun 2017 dan masuk ke Indonesia pada 2018. Super long fries dibuat dari adonan kentang yang dimasukkan ke dalam mesin pres kentang. Makanan ini kemudian diimpor secara khusus yang bisa menekan adonan menjadi potongan-potongan panjang.

Potongan-potongan ini kemudian digoreng sampai berwarna keemasan. Panjangnya sendiri mulai dari 10-30 cm. Rasanya bisa manis atau asin, tergantung topping yang digunakan. Di negara asalnya, camilan ini ditawarkan dengan pilihan topping berupa jamur shiitake dan mayo Jepang.

Sedangkan di Indonesia, toppingnya berupa saus barbeque, rumput laut, keju, dan saus coklat. Harga super long fries ini dibanderol mulai dari Rp40.000 sampai lebih dari Rp100.000, tergantung topping dan panjangnya.

11. Taiyaki

gambar makanan kekinian Taiyaki
favy-jp.com

Taiyaki adalah kue lembut berbentuk ikan Jepang. Meskipun banyak sumber menggambarkannya sebagai kue, tapi teksturnya lebih mirip wafel. Meskipun berbentuk ikan, tapi rasanya tidak seperti ikan. Resep dasar taiyaki terinspirasi dari imagawayaki, yaitu makanan Jepang yang berasal dari abad ke-18, dengan bahan yang sama seperti wafel dan diisi dengan anko (pasta kacang merah azuki manis).

Sedangkan, adonan taiyaki terbuat dari tepung terigu, susu, telur, dan gula. Adonan dituangkan ke dalam dua bagian cetakan berbentuk ikan, dan kemudian diberi isian manis berupa coklat, kacang merah, keju, atau vla. Adonan ini dimatangkan dengan dipanggang sampai berwarna coklat keemasan.

Ukurannya bisa bervariasi, tapi rata-rata sekitar 15 cm. makanan ini sangat cocok untuk camilan ringan, bisa dimakan dingin tapi jauh lebih enak saat masih hangat. Harganya sekitar Rp5.000-Rp8.000, tergantung pada isian dan tempat yang menjual.

12. Roti John

gambar makanan kekinian Roti John
bisnisfun.com

Untuk orang-orang yang suka makan sambil jalan alias on the go, roti john adalah menu yang tepat untuk dicoba. Bahkan, bisa dibawa untuk bekal ke kantor atau bepergian. Roti john dibuat dari baguette (roti panjang dan besar dengan tekstur renyah), yang diberi isian daging cincang, irisan bawang bombay, telur dadar, sosis, sayuran, ham, dan saus pedas.

Inovasi yang lebih baru termasuk penambahan keju leleh dan jamur. Makanan ini berasal dari Maritim Asia Tenggara, dan populer di Singapura, Malaysia, serta Indonesia sebagai makanan ringan. Di Indonesia sendiri, makanan ini mulai terkenal di Surabaya dan dengan cepat menyebar ke berbagai kota. Harganya mulai dari Rp15.000-Rp40.000, tergantung ukuran dan topping.

13. Donat Milkshake

gambar makanan kekinian Donat Milkshake
youtube.com

Donat ini berasal dari Australia, rasa donat milkshake sangat enak, bahkan lebih enak dari yang dibayangkan. Dessert manis ini dibuat dari es krim vanilla bean dan tiga scoops nutella yang diblender bersama es batu. Kemudian, disajikan dalam gelas mason jar dan diberi topping donat berukuran lumayan besar di atasnya.

Rasa donatnya sendiri bisa berupa chocolate hazelnut, salted caramel, selai buah berry, atau vanilla. Minuman spesial ini dijual dengan harga sekitar Rp130.000. Jika ingin mencicipi donatnya saja, pengunjung bisa merogoh kocek sekitar Rp60.000.

14. Taiyaki Ice Cream

gambar makanan kekinian Taiyaki Ice Cream
ny.eater.com

Taiyaki ice cream adalah inovasi baru dari taiyaki, yang sebelumnya sudah sangat populer di berbagai negara. Bentuknya masih sama, yaitu berupa ikan, tapi di bagian mulut ikan dibuat lebih lebar dan berongga hingga ekor, dan di sinilah ice cream dimasukkan.

Taiyaki ice cream hadir dalam beberapa varian rasa, seperti coklat, azuki, matcha, dan custard cream, dan dengan pilihan topping strawberry, banana chocolate, banana caramel, mixed fruits, green tea matcha, dan honeycomb. Harga sepotong taiyaki ice cream sekitar Rp40.000-Rp60.000. Meskipun mahal, tapi cukup mengenyangkan dan sangat lezat.

15. Frozen Banana

gambar makanan kekinian Frozen Banana
cleaneatingmag.com

Frozen banana adalah makanan dingin kekinian, yang dibuat dengan bahan utama pisang. Pisang matang yang sudah dikupas akan diberi stik, dicelupkan ke dalam coklat leleh atau yogurt, dan dibekukan. Saat disajikan, frozen banana diberi topping berupa taburan kacang, remahan oreo, potongan marshmallow, taburan susu milo bubuk, sprinkles warna warni, atau meses warna-warni.

Selain coklat, ada juga varian rasa baru yaitu matcha. Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, frozen banana juga tinggi serat, karena terbuat dari buah pisang dan tentu saja lezat. Untuk menikmatinya, pembeli bisa merogoh kocek sekitar Rp13.000-Rp20.000.

16. Cookies Shot

gambar makanan kekinian Cookies Shot
jandatri.com

Cookies shot adalah makanan penutup lezat dan unik yang memadukan makanan dan minuman dalam sekali lahap. Bentuknya berupa gelas mungil yang bisa diisi susu. Makanan kekinian ini adalah buah karya seorang koki pastry kelahiran Prancis bernama Dominique Ansel, yang juga pemilik Dominique Ansel Bakery di New York City.

Tapi, tak perlu jauh-jauh terbang ke New York untuk mencicipinya, karena The Ritz-Carlton Jakarta telah menghadirkan cookie shot sejak 2015 silam. Lantaran kelezatannya, makanan ini masih cukup populer sampai saat ini.

Adonan dari camilan ini dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk gelas yang tingginya sekitar 7 cm dan dimatangkan dengan cara dipanggang. Cita rasanya renyah dan manis, karena berupa biskuit chocolate chip yang dibuat dari campuran choco chips dan oat. Saat disajikan, cookies berbentuk gelas mungil ini diisi dengan susu tawar atau vanilla crème brulee. Satu porsi camilan ini dihargai sekitar Rp30.000.

17. Burger Hitam

gambar makanan kekinian Burger Hitam
mediajurnal.com

Burger hitam pertama kali dibuat di Jepang pada penghujung tahun 2013 silam. Nama aslinya adalah kuro burger. “Kuro” adalah bahasa Jepang yang dalam bahasa Indonesia berarti hitam. Di negara asalnya, produk ini banyak dijual oleh waralaba Jepang dari restoran cepat saji Burger King.

Di Jepang, warna hitam dari burger didapat dari campuran arang bambu (takeumi) dan tinta cumi-cumi yang dicampur ke dalam adonan, bersama dengan lada, kecap, bawang dan bumbu rahasia lainnya. Resep aslinya menyajikan burger ini dengan keju berwarna hitam, daging, saus bawang putih, keju, selada, paprika, dan saus berbasis mayo.

Di tanah air, burger ini sudah menyebar di berbagai kota, termasuk Jabodetabek dan Surabaya, tapi warna hitam pada adonan hanya dibuat dari serbuk arang. Isiannya juga sedikit berbeda, yaitu berupa selada, keju biasa, tomat, timun, dan saus. Ada dua varian yang bisa dipilih, burger diamond dan burger pearl. Di dalam negeri, burger ini dijual dengan harga sekitar Rp30.000.

18. Onion Ring

gambar makanan kekinian Onion Ring
friendlysrestaurants.com

Onion ring adalah makanan ringan renyah dan gurih yang bisa dijadikan camilan maupun lauk. Camilan ini bisa ditemukan di hampir seluruh negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Bahan utamanya adalah umbi bawang bombay yang bentuknya melingkar seperti gelang.

Potongan umbi dicelupkan ke dalam adonan atau remah roti dan dimasak dengan digoreng sampai berwarna kecoklatan. Onion ring bisa dimakan langsung atau dengan saus. Populer dan memiliki banyak penggemar, makanan berminyak ini dijual dengan harga Rp20.000-Rp30.000 per porsi.

19. Corn Dog

gambar makanan kekinian Corn Dog
kirbiecravings.com

Corn dog adalah kreasi lain serupa hotdog, yang rasanya tak kalah enak. Meskipun menggunakan kata “Dog” dalam namanya, tapi makanan ini tidak berbahan daging anjing sama sekali. Makanan hits yang berasal dari Amerika Serikat ini banyak dijual di gerai dan gerobak-gerobak makanan pinggir jalan di Indonesia dengan kisaran harga Rp15.000-Rp20.000.

Corn dog dibuat dari sosis sapi yang ditusuk seperti sate dan dilumuri adonan lalu di goreng. Adonannya sendiri dibuat dari tepung maizena, garam, telur, tepung terigu, bumbu tabur, dan air. Makanan ini biasa disajikan dengan saus tomat atau mayones.

20. Cinnamon Apple Pie

gambar makanan kekinian Cinnamon Apple Pie
wisconsincheese.com

Cinnamon apple pie dibuat dari bahan dasar buah apel yang dikenal lezat dan menyehatkan. Jenis makanan hits yang satu ini tersedia dalam tiga ukuran, yaitu kecil, sedang, dan besar, yang dijual dengan harga relatif mahal, mulai dari Rp50.000-Rp150.000. Ciri khas pie ini adalah menggembung di bagian tengahnya, dengan bentuk kotak atau bulat.

Bagian kulit dari pie ini dibuat dari tepung terigu, mentega, dan air, yang didiamkan dalam kulkas sekitar 1 jam. Sedangkan, isianya dibuat dari potongan buah apel, gula, garam, tepung maizena, kayu manis bubuk, dan air lemon. Adonan dari kulkas selanjutnya diberi isian dan dimatangkan dengan digoreng.

21. French Toast

gambar makanan kekinian French Toast
mccormick.com

Persis seperti namanya, “French”, hidangan ini berasal dari negara Perancis, yang biasa dijadikan menu sarapan atau brunch. Nama lainnya adalah eggy bread dan bombay toast. Hidangan lezat ini dibuat dari roti irisan yang dicelupkan ke dalam telur dan susu, lalu digoreng dengan teflon yang sudah diolesi mentega. Kadang juga diberi tambahan gula, vanili atau kayu manis sebelum digoreng.

Jika sudah matang, french toast disajikan dengan ditumpuk di atas piring dan diberi taburan gula bubuk, saus coklat, sirup buah, krim segar, atau madu. Bisa juga ditambah potongan buah sesuai selera. Cita rasanya gurih dan manis, dengan tekstur kering dan renyah di bagian luar. Ada juga varian gurih yang disajikan dengan topping saus tomat, mayones, keju parut, sosis, daging asap, dan telur.

22. Boba

gambar makanan kekinian Boba
boston.eater.com

Boba adalah bola-bola hitam kenyal yang terlihat seperti mutiara. Meskipun ada beberapa cerita yang saling bertentangan, boba paling sering diyakini berasal di Tainan, Taiwan. Bahan dasarnya adalah tepung tapioka (pati bebas gluten yang diekstrak dari akar tanaman singkong).

Rasanya bervariatif, tergantung campuran apa yang digunakan, bisa dengan cincau, agar-agar rasa coklat, perasa buah, gula saja, atau bahkan tanpa campuran, sehingga tidak ada rasa alias hambar. Tepung tapioka dan bahan campuran kemudian ditambahkan air dan diaduk rata hingga kalis, lalu dibentuk menjadi bola-bola kecil dan dimatangkan dengan direbus.

Awalnya, mutiara boba ini digunakan sebagai topping dalam es serut dan dipasangkan dengan sirup, susu, dan kacang hijau. Tapi saat ini, telah banyak dikreasikan sebagai topping aneka macam minuman dan makanan.

Dua varietas yang paling populer adalah teh susu boba, atau lebih dikenal dengan nama bubble tea dan boba tea. Ada juga yang menggunakannya untuk topping ice cream, smoothie, green tea latte, pancake, sandwich, kue kering, dan bahkan mie instan.

23. Salmon Mentai

gambar makanan kekinian Salmon Mentai
komira.co.id

Cita rasa masakan Jepang memang sudah akrab di lidah orang Indonesia. Salah satu menu baru dari Jepang yang sedang hits di Tanah Air adalah salmon mentai. Hidangan ini berbahan dasar ikan salmon, yang dihidangkan dengan saus khas Jepang bernama mentai.

Saus ini dibuat dari telur ikan pollock atau ikan tarako, yang dicampur dengan lada dan mayones lalu diasinkan. Tekstur saus ini creamy dengan rasa manis dan gurih. Tapi seiring waktu, banyak restoran mengganti bahan dasar mentai dengan tobiko yang kerap digunakan dalam sushi.

Daging salmon sendiri bercita rasa gurih dan lembut, sangat lezat saat dipadukan dengan saus mentai. Harga makanan ini berkisar dari Rp40.000 sampai Rp50.000.

24. Donat Indomie

gambar makanan kekinian Donat Indomie
meramuda.com

Tidak banyak yang tahu bahwa makanan yang sempat sangat viral di tahun 2018 ini ternyata bukan berasal dari Indonesia, tapi Australia. Indomie memang produk asli dalam negeri, tapi kepopulerannya sudah tersebar ke berbagai negara. Inilah yang membuat sebuah toko donat di Sydney membuat kreasi tak biasa dengan bahan dasar Indomie yang goreng.

Makanan hasil kolaborasi produsen donat dan Indomie Australia ini ternyata dengan cepat diserbu pecinta kuliner berbagai negara, termasuk Indonesia. Namanya memang sangat menarik perhatian dan membuat penasaran. Rasanya sendiri tidak bisa digambarkan dengan kata-kata, yang pasti unik. Di Indonesia, harga makanan ini termasuk murah, hanya sekitar Rp10.000.

25. Keripik Salted Egg

gambar makanan kekinian Keripik Salted Egg
shopee.co.id

Keripik salted egg alias keripik telur asin adalah salah satu oleh-oleh populer dari Singapura, yang ternyata diciptakan oleh tiga bersaudara asal Indonesia. Ada dua varian yang ditawarkan, pertama adalah keripik kentang yang dibuat dari kentang khusus lalu dicampur dengan saus telur asin.

Kedua, keripik dari kulit ikan dori yang digoreng dan juga disiram dengan saus telur asin. Camilan hits ini memiliki tekstur super renyah dengan dua rasa, yakni manis asin dan pedas asin. Snack ini dijual dengan harga yang lumayan mahal, mulai dari Rp50.000 sampai lebih dari Rp100.000 per bungkus.

26. Rujak Cireng

gambar makanan kekinian Rujak Cireng
bukalapak.com

Rujak cireng adalah cireng yang dihidangkan dengan bumbu rujak. Cireng sendiri adalah singkatan dari aci goreng, yaitu makanan ringan yang berasal dari etnis Sunda di Jawa Barat. Tepung tapioka adalah bahan utama camilan ini, dengan diisi oncom dan kacang tumbuk.

Tapi saat ini, cireng hadir dengan berbagai rasa, seperti ayam pedas, bakso pedas, sosis, keju, daging ayam dan sapi. Cita rasanya gurih dan kenyal. Sedangkan, bumbu rujak dibuat dari bawang putih, asam jawa, cabai rawit, garam, gula merah, dan sedikit air. Masuk dalam kategori street food, rujak cireng dijual dengan harga cukup murah, sekitar Rp5.000-Rp10.000.

27. Kebab Goreng

gambar makanan kekinian Kebab Goreng
craftlog.com

Kebab adalah hidangan khas Turki yang sudah terkenal di berbagai negara, termasuk Nusantara. Makanan cepat saji ini menggunakan bahan utama berupa daging panggang yang diiris tipis, bisa daging ayam, kambing, ataupun sapi.

Daging yang dipilih, kemudian dibalut dengan kulit tortilla atau crepes, bersama dengan beberapa helai sayuran, mayones, dan saus, kemudian digulung dan digoreng. Harganya cukup bervariasi, tergantung yang menjualnya, jika diperkirakan sekitar Rp12.000 per buah.

28. Pizza Goreng

gambar makanan kekinian Pizza Goreng
id.carousell.com

Persis seperti namanya, pizza goreng adalah hidangan pizza yang bukan dipanggang dalam oven tapi digoreng. Makanan ini berhasil menghasilkan tekstur dan rasa yang berbeda. Teknik ini pertama kali dikenal di Kota Puglia, Italia, yang kemudian menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, camilan ini pertama kali muncul di Kota Bogor.

Makanan cepat saji ini bisa dikreasikan dengan berbagai isian, seperti ayam giling, bawang bombay, keju, sosis, saus tomat/saus sambal, atau jagung manis. Tidak seperti pizza biasa yang menggunakan topping di bagian atas, pizza goreng diberi isian di bagian dalam, kemudian dibentuk seperti pastel, lalu digoreng. Harganya mulai dari Rp17.000.

29. Bola Ubi

gambar makanan kekinian Bola Ubi
blog.tokowahab.com

Bola ubi atau lebih hits dengan nama bobobi adalah kuliner kekinian berwarna-warni yang dibuat dari campuran ubi kukus dan tepung terigu. Ada tiga jenis ubi yang digunakan, yaitu ubi jalar, ungu, dan merah. Khusus ubi jalar ditambahkan pewarna makanan berupa air daun pandan agar warnanya menjadi hijau. Tekstur makanan ini padat, renyah di luar dan lembut di bagian dalam.

Makanan ini biasa disajikan dengan digoreng dadakan seperti tahu bulat. Dalam keadaan hangat, bola-bola ubi disajikan di atas kertas saji, dan ditambahkan topping berupa gula pasir atau susu bubuk rasa coklat. Ada juga yang mengkreasikannya dengan memberikan isian berupa coklat, keju, atau gula merah. Satu porsi bola-bola ubi dijual seharga Rp10.000-Rp25.000, dengan isi sepuluh sampai dua belas buah.

30. Roti Kukus Panggang

gambar makanan kekinian Roti Kukus Panggang
indogoodfood.blogspot.com

Makanan lain yang sedang populer di kalangan anak-anak milenial adalah roti kukus panggang atau disingkat rokupang. Hidangan ini menggunakan roti khusus berupa roti pandan, karena itu warnanya selalu hijau dan aromanya khas. Bentuknya sendiri tidak seperti roti kukus tradisional, melainkan bulat seperti hamburger.

Roti ini dibuat dengan cara dikukus terlebih dahulu, tapi sebelumnya diberi isian berupa mentega, susu kental manis, keju parut/choco chips/meses coklat, atau sesuai selera. Setelah matang, dioles lagi dengan mentega, lalu dipanggang. Harganya sekitar Rp12.000.

31. Pancake Fluffy

gambar makanan kekinian Pancake Fluffy
dianeabroad.com

Pancake fluffy adalah hidangan pencuci mulut yang sangat lembut khas Negara Jepang. Tidak seperti pancake biasa yang memiliki bentuk gepeng dan berwarna coklat gelap, pancake fluffy berbentuk bulat hampir sempurna dengan warna coklat keemasan dan memiliki tekstur berongga.

Jadi, saat wadahnya digoyangkan, seluruh bagian pancake akan ikut bergetar, dan jika ditekan, teksturnya mirip spons. Namun dalam hal rasa, tidak jauh berbeda dengan pancake biasa, yaitu perpaduan gurih dan manis.

Topping yang melengkapinya pun hampir sama, yakni green tea, matcha, saus coklat, buble, selai stroberi, bubuk coklat, whipped cream, sirup maple, irisan stroberi, atau taburan gula halus. Pancake fluffy terasa ringan di perut, sehingga tidak menimbulkan rasa kenyang dan eneg seperti saat menikmati pancakes biasa. Tapi harganya cukup mahal, kisaran Rp80.000 per porsi.

32. Cinnamon Roll Bread

gambar makanan kekinian Cinnamon Roll Bread
dinnerthendessert.com

Cinnamon roll bread adalah roti manis yang biasa dijadikan menu sarapan di Eropa Utara dan Amerika Utara. Sedangkan di Indonesia, hidangan ini termasuk susah di cari, karena baru tersedia ada kafe-kafe dan restoran Ibukota.

Makanan ini dibuat dari lembaran gulungan adonan roti yang sudah dicampur kayu manis dan gula (kadang juga kismis atau bahan lainnya) dan dioles mentega. Adonan kemudian digulung, dipotong menjadi bagian-bagian kecil, lalu dipanggang.

Ciri khasnya adalah rasa manis dan ada aroma kayu manis. Ada banyak varian yang ditawarkan, mulai dari original, red velvet, cream cheese, salted caramel, blueberry, remahan oreo, tiramisu, hingga matcha. Harganya sekitar Rp15.000-Rp30.000 per buah.

33. Soft Cookies

gambar makanan kekinian Soft Cookies
rampnrize.com

Soft cookies adalah kue kering manis yang dimasak dengan cara dipanggang, yang biasanya berbentuk lingkaran kecil dalam warna coklat gelap. Tapi berbeda dari cookies biasa, tekstur soft cookies lebih lembut, kenyal, dan diberi isian coklat yang banyak.

Camilan ini memiliki kandungan utama tepung dan gula, dengan beberapa bahan lain seperti kismis, gandum, selai coklat, choco chips, dan kacang-kacangan. Makanan ringan ini paling sering disajikan dengan susu, kopi, atau teh. Camilan ini biasa dijual dalam kemasan satu pack, dengan harga Rp30.000-Rp50.000.

34. Hotdog Kentang

gambar makanan kekinian Hotdog Kentang
food.detik.com

Hotang alias hotdog kentang adalah camilan populer dari Korea, yang memiliki nama asli tokkebi. Bahan dasarnya adalah sosis dan kentang. Pertama, sosis ditusuk dengan tusukan sate, kemudian dicelupkan ke dalam adonan tepung, lalu dibalut dengan kentang goreng berbentuk dadu.

Hidangan setengah matang ini, kemudian digoreng hingga warnanya kuning keemasan, lalu disajikan dengan mayones dan saus tomat. Tampilannya memang unik dan rasanya pun enak. Biasanya, dijual dengan harga Rp15.000-Rp20.000.

35. Long Fries

gambar makanan kekinian Long Fries
youtube.com

Camilan apapun yang dibuat dari kentang memang tidak pernah bisa ditolak. Buktinya, kentang goreng sendiri telah hadir dalam banyak variasi, mulai dari french fries, tater tots, hash brown, dan yang terbaru adalah long fries. Long fries sebenarnya hampir sama dengan reguler french fries, yang membedakan adalah bumbu dan cara memasaknya.

Camilan ini pertama kali muncul di negeri sakura, tepatnya di restoran Harajuku Gyoza. Makanan ini dengan cepat menyebar ke berbagai Negara Asia lainnya, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, hingga Thailand. Populer di Indonesia sejak 2018, long fries ditawarkan dengan harga dua puluh ribuan per porsi.

Gerainya sendiri tersebar di banyak kota di Indonesia, seperti Jakarta dan sekitarnya, Medan, Pekanbaru, Tasikmalaya, Surabaya, hingga Makassar. Ada banyak sekali varian yang bisa dipilih, mulai dari original, spicy BBQ, keju, iri goma, rumput laut, dengan saus mayones, spicy mayo, saus tomat, seaweed, taco, garlic mayo, bahkan untuk yang suka coklat, ada juga choco mayo.

36. Brownies Matcha

gambar makanan kekinian Brownies Matcha
youtube.com

Dijual dengan harga mulai dari Rp65.000-Rp160.000, brownies matcha menawarkan rasa yang super lezat dan berbeda, dengan teksturnya yang padat. Hidangan dari Jepang ini tentu dengan cepat menjadi favorit bagi setiap pecinta matcha di Indonesia. Makanan cuci mulut ini bisa dimasak dengan dikukus atau dipanggang.

37. Susu Goreng

gambar makanan kekinian Susu Goreng
idntimes.com

Camilan yang sedang ramai di media sosial ini, sering disebut dengan sugor. Teksturnya lembut dan lumer di bagian dalam, tapi renyah di luar. Bagian dalamnya dibuat dengan dibekukan di dalam kulkas, baru kemudian dilumuri adonan kulit dan digoreng sampai warnanya coklat keemasan. Biasanya, disajikan dengan taburan bubuk kayu manis, coklat bubuk, atau gula halus.

38. Kue Cubit Mini Mangga

gambar makanan kekinian Kue Cubit Mini Mangga
craftlog.com

Jajanan khas Betawi ini mulai viral setelah dikreasikan dengan bahan lain, yang membuatnya terlihat segar dan baru, yaitu mangga. Hadir dengan warna khas mangga matang, kue ini memiliki rasa manis, serta terasa lembut dan lumer di mulut.

Namun, buah mangga di sini bukan dijadikan sebagai topping, melainkan dicampur bersama bahan lainnya sebagai adonan. Toppingnya sendiri bisa berupa potongan buah mangga, messes, atau kolang kaling.

39. Tahu Rambutan

gambar makanan kekinian Tahu Rambutan
youtube.com

Diberi nama demikian, karena camilan kekinian yang satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan buah rambutan, dan sebenarnya bagian luarnya hanya dibalut dengan mie keriting. Sedangkan, bagian dalam terdiri dari campuran tahu, sosis, tepung, daun bawang, dan telur. Dimasaknya dengan cara digoreng. Rasanya sendiri renyah dan gurih. Biasanya, disajikan bersama saus tomat atau dijadikan sebagai lauk.

Ada banyak sekali pilihan makanan kekinian enak dan unik, yang cocok untuk teman minum kopi atau teh, bahkan beberapa bisa dijadikan lauk, sebagai pengganti nasi, dan hidangan penutup. Makanan tersebut bisa dari yang manis, gurih, dengan rasa yang menarik, dingin, sampai yang tampilannya instagramable, semuanya sangat menggoda dan wajib untuk dicoba.

Tinggalkan komentar