Kapan Puasa Nisfu Sya'ban

Puasa Nisfu Sya’ban 2017 Jatuh Pada Tanggal Berapa ? Inilah Penjelasannya

Puasa Nisfu Sya’ban – Nisfu sya’ban merupakan malam pertengahan yang terletak di bulan sya’ban. Malam nisfu sya’ban adalah malam yang penuh keberkahan dan ampunan dari Allah SWT. Jadi bisa dikatakan malam nisfu sya’ban merupakan salah satu malam yang sangat istimewa dalam Agama Islam.

Pada malam tersebut, kita sebagai umat muslim dianjutkan untuk selalu memperbanyak amalan pada bulan sya’ban. Kapan malam nisfu sya’ban ? Malam nisfu sya’ban pada tahun ini jatuh pada tanggal 12 Mei 2017 pada hari Jum’at. Sedangkan puasa nisfu sya’ban dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2017 pada hari Sabtu.

Hadist dari Usamah bin Zaid, ia pernah menanyakan pada Rasulullah saw bahwa ia tidak pernah melihat beliau melakukan puasa yang lebih semangat dari pada puasa di bulan sya’ban. Kemudian Rasulullah saw bersabda :

“Bulan Sya’ban – bulan antara Rajab dan Ramadhan adalah bulan di saat manusia lalai. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An-Nasa’i no. 2359. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Di antaranya hadits dari Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

يَطَّلِعُ اللَّهُ إِلَى جَمِيعِ خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلَّا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ

Artinya :
Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya’ban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.

Hadits lainnya lagi adalah hadits ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَطَّلِعُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِعِبَادِهِ إِلَّا اِثْنَيْنِ مُشَاحِنٍ وَقَاتِلِ نَفْسٍ

Artinya :
Allah ‘azza wa jalla mendatangi makhluk-Nya pada malam nisfu Sya’ban, Allah mengampuni hamba-hamba-Nya kecuali dua orang yaitu orang yang bermusuhan dan orang yang membunuh jiwa.

Sya’ban merupakan bulan yang terletak antara bulan rajab dan bulan ramadhan serta di dalamnya terdapat keunggulan yang tidak dimiliki oleh bulan yang lainnya. Bahkan Rasulullah saw sangat menyukai bulan ini serta mengisinya dengan amalan-amalan kebajikan.

Salah satu yang menjadi alasan kenapa umat muslim dianjurkan berpuasa pada bulan ini, padahal sebentar lagi akan datang bulan ramadhan. Alasannya adalah agar kita mempunyai persiapan dan untuk melatih agar ketika kita dihadapkan oleh bulan suci ramadhan kita sudah siap. Baik itu dari segi rohani maupun jasmani. 

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai bulan sya’ban. Meskipun hanya singkat, akan tetapi harapan kami semoga bisa menambah ilmu pengetahuan kita. Semoga dapat bermanfaat 😀

Puasa Nisfu Sya’ban

Tinggalkan komentar