5 Contoh Teks Ceramah Singkat Yang Berkesan Bagi Audiens Anda

Metode memberi nasehat dengan ceramah masih jadi primadona banyak dai Indoensia. Bila Anda berminat jadi dai yang bisa menyampaikan ceramah dengan tepat dan audiens puas, Anda perlu banyak membaca contoh teks ceramah singkat yang menarik dan berkesan.

Bila Anda mencari contoh teks ceramah singkat 5 menit, Anda datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan membahas tentang contoh ceramah yang singkat dan menarik bagi audiens Anda.

Yuk, simak beberapa contoh tabligh singkat  yang mengena dalam hati pendengarnya. Simak sampai tuntas ya.

Ceramah Singkat Tentang Ikhlas

Ceramah Singkat Tentang Ikhlas

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadirin yang berbahagia,

Ikhlas termasuk salah satu amalan yang sangat utama dalam agama Islam. Namun faktanya, ikhlas itu mudah diucapkan tetapi berat dalam pengamalannya.

Orang yang ikhlas itu bukan orang yang mengatakan bahwa saya ikhlas beramal ini. Atau ketika ada seseorang yang berderma dan memberikan sesuatu pada orang lain kemudian dia mengatakan “Saya ikhlas memberikan ini kepada kamu.

Tetapi orang yang ikhlas itu orang yang memberikan sesuatu kepada orang lain semata-mata karena Allah. Mereka memberikan itu bukan karena yang lain tetapi hanya mengharap ridho Allah.

Ada banyak manfaat ikhlas, antara lain:

Membuat Hati Tenang

Orang yang ikhlas itu hatinya tenang. Saat menghadapi ujian, cobaan dan masalah mereka menyadari semua itu datang dari Allah untuk menguji keimanannya. Masalah itu dating untuk menambah kadar keimanannya. Maka, mereka menerima segalanya dengan lapang dada. berkeluh kesah itu jauh dari pikiran mereka. Mereka menyadari semua keluhan itu tidak akan ada manfaatnya. Sebaliknya, keluhan itu hanya akan membuat amalnya tidak ikhlas.

Lebih Bersyukur Kepada Allah

Orang yang ikhlas itu menyadari bahwa semua datang dari Allah. Maka saat mereka menyedekahkan sesuatu kepada orang lain, tak ada yang terasa berat. Mereka menyadari pada hakikatnya semua akan kembali kepada Allah dan hanya Allah yang akan memberi pahala dan balasan.

Dicintai Orang Lain

Orang yang ikhlas dalam beramal itu juga dicintai oleh orang lain, bukan hanya dicintai Allah.  Betapa tidak, saat bersedekah mereka memberikannya dengan cara terbaik. Saat bersedekah, mereka tersenyum dan tidak pernah menceritakan sedekah itu kepada orang lain. Orang yang menerima sedekah pun senang karena mereka menerimanya dari orang yang tepat.

Terhindar Dari Sifat Tercela

Orang yang ikhlas dalam sedekah itu terhindar dari sifat tercela. Ada banyak sifat tercela yang berpotensi datang pada orang yang bersedekah. Sifat tercela itu bisa berupa riya’, sum’ah, membanggakan diri bahkan sombong.

Hadirin yang berbahagia,

Orang-orang yang ikhlas itu terhindar dari sifat-sifat tercela ini. Mereka bisa terhindar dari sifat tercela ini bukan semata-mata karena mereka itu orang hebat tetapi semata-mata karena mereka mendapatkan pertolongan Allah.

Inilah yang bisa saya sampaikan tentang keutamaan orang yang ikhlas dalam beramal.  Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat. Saya akhiri Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca juga: 4 Contoh Teks Ceramah Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pendidikan

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pendidikan
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadirin yang berbahagia,

Pendidikan itu penting bagi manusia. Bahkan, pendidikan itu hanya untuk manusia, bukan untuk yang lainnya. Makhluk lain selain manusia tidak berpeluang memperoleh pendidikan. Hewan, tumbuhan, pepohonan dan benda apapun yang ada di sekitar kita itu tak bisa mendapat pendidikan dan tak bisa menikmati pendidikan.

Maka, beruntung kita oleh Allah dijadikan manusia yang berpeluang untuk belajar dan menikmati pendidikan.

Sadar pendidikan perlu kita galakan pada generasi muda sejak dini. Mulai dari TK hingga dewasa. Tak ada batasan belajar dalam agama Islam. Bahkan, nabi muhammad Saw berpesan dalam hadistnya yang mulia:

“Belajar itu mulai dari kandungan sampai liang lahat.

Pendidikan terbaik adalah pendidikan akhlak, budi pekerja dan moralitas. Mengapa pendidikan akhlak teramat penting bagi manusia? Karena esensi kemuliaan manusia itu tidak dinilai dari harta, tahta, jabatan dan apapun yang mereka miliki. Tetapi nilai dari seorang manusia adalah akhlak dan tingkah laku mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Hadirin yang berbahagia,

Orang yang berakhlak adalah orang yang mulia,  baik mulia dalam pandangan Allah atau mulia dalam pandangan manusia.

Di era modern ini, pendidikan akhlak lebih kita kenal dengan istilah pendidikan karakter.  Karakter menjadi sesuatu yang sangat penting dan esensial sekarang ini.  Seseorang yang ingin masuk ke perusahaan, mereka akan mendapatkan interview dan pertanyaan-pertanyaan penting. Dan mayoritas pertayaan ini terkait dengan sesuatu yang bersifat karakter dari pada pendidikan formal, nilai dan ijazah.

Maka, penanaman karakter perlu mendapat penekanan di lingkungan pendidikan. Mulai dari pendidikan taman kanak-kanak (TK), pendidikan dasar (SD), pendidikan menengah (SMP) hingga perguruan tinggi (kampus).

Hadirin yang berbahagia,

Banyak orang tua yang membanggakan anaknya karena mendapatkan ranking di kelas, mendapat prestasi dan menang banyak juara. Namun sayang, banyak dari mereka yang tidak memperhatikan akhlak dan moralitas anak.

Banyak dari mereka ini gagal masuk ke dunia kerja nyata karena urusan akhlak dan moral. Atau lebih banyak lagi yang bisa lolos ke kantor perusahaan. Namun, mereka banyak melakukan kecurangan, monopoli dan korupsi. Akhirnya, mereka tetap jatuh dan dihukum karena urusan akhlak dan moral yang belum selesai.

Inilah yang bisa saya sampaikan tentang pendidikan. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat. Saya akhiri Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Ceramah Singkat Tentang Kebersihan

pidato membahas Kebersihan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadirin yang berbahagia,

Islam hadir sebagai agama yang selalu sesuai dengan zaman dan keadaan. Terbukti,  Islam memberikan prioritas tentang pentingnya kebersihan. Kebersihan itu sesuatu yang sangat penting dan mendapat prioritas dalam agama Islam.

nabi Muhammad shallAllahu alaihi wasallam bersabda:

“Ada dua nikmat yang manusia lalai darinya yaitu kesehatan dan waktu luang(HR. Bukhari)

Dari hadits ringkas ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kesehatan sangat penting untuk membangun produktivitas. Seseorang hanya bisa produktif bila mereka memiliki tubuh yang sehat dan waktu yang luang.

Tanpa tubuh yang sehat dan waktu luang, maka produktivitas tak akan bisa dicapai.  Kombinasi antara kesehatan dan waktu luang ini bisa kita capai bila kita memiliki mindset yang tepat.

Mindset yang tepat bagi seorang Islam adalah segala yang kita miliki itu semuanya milik Allah. Allah menitipkannya kepada kita sebagai kesempatan untuk beramal sebanyak-banyaknya sebagai bekal menuju akhirat.

Orang yang memanfaatkan kesehatan secara maksimal akan memiliki banyak peluang amal,  ibadah dan produktivitas yang tinggi. Ini adalah kunci kesuksesan seseorang di dunia hingga kesuksesan akhirat.

Hadirin yang berbahagia,

Inilah yang bisa saya sampaikan tentang pentingnya menjaga kesehatan untuk mencapai produktivitas sebagai bekal menuju kesuksesan dunia akhirat.

Inilah yang bisa saya sampaikan tentang keutamaan kebersihan dalam Islam. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat. Saya akhiri Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Ceramah Untuk Anak Muda

Contoh Ceramah remaja

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadirin yang berbahagia,

Remaja dan pemuda adalah generasi yang hidup antara masa anak-anak dan masa dewasa.  Mereka memiliki semangat kuat, tubuh yang sehat, waktu luang dan kesempatan yang sangat luas. Di tangan mereka-lah nasib agama, nusa dan bangsa ini.

Maka, membekali generasi muda dengan  akhlak dan moralitas itu sangat penting. Bahkan, pendidikan agama dan akhlak perlu mendapat prioritas sebelum pendidikan yang lainnya.

Banyak orang tua dan guru yang salah memahami konsep dasar ini. Mereka menganggap bahwa anak-anak dan pemuda yang mendapat penekanan agama hanya akan menjadi generasi yang minder, kuper dan fatalis. Menurutnya, mereka tak akan punya semangat juang untuk produktif membangun masa depan.

Padahal sebaliknya, dengan bekal agama yang kuat, mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak, berilmu dan produktif untuk mengisi kemerdekaan dan pembangunan.

Mereka yang punya bekal agama dan ilmu-lah yang akan bisa mengisi kemerdekaan dengan sesuatu yang positif, bermanfaat dan produktif.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadirin yang berbahagia,

Seorang pemuda dan remaja yang hanya berbekal motivasi, semangat dan ilmu pengetahuan tanpa dasar agama dan akhlak, mereka hanya akan tumbuh menjadi orang-orang yang mengejar kepentingan dunia dan lupa akhirat.  Padahal, dunia itu sementara dan akhirat selamanya. Hidup di dunia adalah tempat terbaik untuk mengumpulkan bekal amal dan ibadah  untuk akhirat.

Sungguh, semua aktivitas kita sehari-hari itu bisa kita konversi menjadi amal akhirat bila paham agama. Di sinilah pentingnya mempelajari agama secara mendalam.

Jadi, agama itu bukan candu yang menjauhkan seseorang dari produktivitas dan kemajuan.  Bukan racun yang menjauhkan seseorang dari produktivitas dan kemajuan. Tetapi yhang menjauhkan mereka dari kemajuan adalah kebodohan, terutama bodoh agama dan tidak mengenal siapa Tuhannya. Inilah puncak kebodohan manusia.

Hadirin yang berbahagia,

Allah hanya akan memuliakan orang-orang yang  beriman dan berilmu. Orang yang hanya berilmu tanpa beriman, maka mereka hanya akan menjadi manusia-manusia produktif di dunia tanpa memedulikan akhiratnya.

Inilah yang bisa saya sampaikan tentang keutamaan masa muda. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat. Saya akhiri Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Ceramah Pergaulan Bebas

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadirin yang berbahagia,

Remaja dan pemuda hidup di antara masa anak-anak dan masa dewasa. Secara fisik, mereka sudah dewasa. Namun, dalam pikirannya, mereka itu belum dewasa. Banyak dari mereka yang berpikirnya masih seperti anak-anak. Kecuali mereka mendapatkan pendampingan penuh dari orang tua sejak dini. Maka banyak remaja yang sudah dewasa. Padahal, mereka masih dalam usia remaja. Merekalah remaja terbaik.

Remaja itu tidak bisa terhindar dari pergaulan. Mulai dari pergaulan di sekolah di tempat belajar dan di sekitar rumah. Semakin bertambah usia anak, maka mereka akan semakin menjauh dari orang tua. Sebaliknya, mereka semakin dekat dengan teman sebayanya.

Hadirin yang berbahagia,

Bila orang tua terlalu membatasi anak, mereka mereka akan berontak. Mereka tidak nyaman lalu mendapat kekanan dari orang tua.  Mereka ingin hidup bebas layaknya burung yang hidup di alam bebas.

Maka, orang tua perlu berpikir keras bagaimana agar remaja mereka terhindar dari pergaulan bebas. Ada beberapa hal yang perlu remaja pelajari akan terhindar dari pergaulan bebas ini, antara lain:

Mengenal Apa Pergaulan Bebas Itu

Seseorang yang tak mengenal sesuatu, mereka berpotensi terjatuh dalam sesuatu itu.  Pergaulan bebas itu pergaulan yang tanpa batas dan tentu saja sangat berbahaya. Maka, mereka perlu mengenal lebih dalam pergaulan bebas agar tidak terjatuh lebih dalam dan berbahaya untuk masa depan mereka.

Memilih Teman yang Tepat

Memiliki banyak teman itu boleh tetapi memilih teman yang tepat itu harus. Teman yang tepat adalah teman yang banyak memberikan masukan, pendapat dan manfaat. Mereka itu bukan sekedar teman yang hanya datang, mengajak bermain dan menghabiskan waktu kamu.

Mendalami Ilmu Agama

Tips berikutnya agar tidak terjatuh dalam pergaulan bebas adalah mendalami ilmu agama.  Ilmu agama adalah ilmu yang mengenalkan kamu dengan Tuhan, Rasulullah, akhlak dan moralitas. Bila kamu memperoleh asupan ilmu agama sejak dini, maka kamu akan memiliki kesadaran bahwa  memilih teman yang tepat itu  sangat penting. Tujuan utamanya adalah terhindar dari pergaulan bebas.

Inilah yang bisa saya sampaikan tentang bahaya pergaulan bebas. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat. Saya akhiri Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca juga: 5 Ceramah singkat Ramadan yang Menggetarkan Hati Pendengarnya

Kesimpulan

Demikian yang bisa saya sampaikan dalam beberapa contoh teks ceramah singkat ini. Anda bisa membuat ceramah yang bagus dan menarik bagi audiens bila sering berlatih tiada henti. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.