Inspiratif Banget! 6 Contoh Ceramah Singkat Tentang Sholat Beserta Dalilnya

Ceramah singkat tentang sholat perlu kamu kuasai agar bisa menyampaikan materi ceramah dengan tepat. Materi ceramah yang disampaikan dengan tepat akan berbekas dalam jiwa dan hati pendengarnya. Sehingga membuat mereka siap berubah lebih baik.

Ceramah adalah nasehat dan nilai-nilai luhur yang tersampaikan secara lisan sehingga harus memahami kondisi psikologi audiens yang mendengarnya. Materi ceramah tak boleh menggurui tetapi harus menginspirasi dan menggerakkan hati pendengarnya.

Inilah beberapa contoh ceramah tentang sholat yang bisa kamu jadikan contoh dan referensi.

Kumpulan Ceramah Singkat Tentang Sholat

Kumpulan pidato keutamaan Sholat
Kumpulan pidato keutamaan Sholat

Berikut beberapa contoh ceramah tentang sholat yang bisa kamu pelajari:

Ceramah Singkat Tentang Sholat Berjamaah

Amalan paling utama dalam agama Islam adalah ibadah salat. Apalagi, bila salat ini dijalankan dengan berjamaah. Salat berjamaah memiliki beberapa keutamaan. Di antara keutamaan sholat jamaah adalah:

1. Berpahala 27 Derajat

Keutamaan paling utama, Allah akan melipatgandakan pahalanya hingga 27 derajat. Hal ini sebagaimana sabda bagaimana nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam:

صَلَاةُ الْجَمَا عَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَ عِسْرِيْنَ دَرَجَةً

“ shalat jama’ah lebih utama 27 derajat daripada shalat sendirian”  (Hadist Shahih)

2. Memperoleh Ampunan Allah

Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang kepada hamba-hamba-Nya, terutama bagi mereka yang gemar melaksanakan salat berjamaah. Salah satu keutamaan salat berjamaah adalah memperoleh ampunan dari Allah. Ampunan Allah lebih utama dari apa pun yang kita miliki di dunia ini.

Dari sahabat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda :

 إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ فَأَحَسَنَ الْوُضُوْءَ ثُمَّ  أَتَى الْمَسْجِدَ لاَيَنْهَزُهُ إِلاَّ الصَّلاَةُ لاَيُرِيْدُ إِلاَّ الصَّلاَةَ لَمْ يَخْطُ خَطْوَةً إِلاَّ رَفَعَهُ اللهُ بِهَا دَرَجَةٌ وَحَطَّ عَنْهُ بِهاَ خَطِيئَةً حَتىَّ يَدْخُلَ الْمَسْجِدَ فَاءِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ كَانَ فِي صَلاَةٍ مَا كَانَتْ الصَّلاَةُ تَحْسُهُ

“Jika salah seorang dari kalian wudlu dan membaguskannya, kemudian datang ke masjid, dan tidak ada yang menggerakkannya menuju masjid kecuali sholat. Maka tidaklah ia melangkahkan kaki kecuali dengannya Allah akan mengangkat derajat dan menghapus dosanya hingga ia masuk masjid, dan jika masuk masjid maka ia akan tetap dalam hitungan sholat selama sholatlah yang menahannya ( dari keinginan pulang)”. HR. Ibnu Majah)

3. Memperoleh Pahala  Yang Besar Disisi Allah

Ada riwayat dari sahabat ustman bin affan ra, rasulullah saw bersabda  :

مَنْ شَهِدَ الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ كَانَ لَهُ قِيَامُ نِصْفِ لَيْلَةٍ وَمَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ وَاْلفَجْرَ فيِ جَمَاعَةٍ كَانَ لَهُ كَقِيَامِ لَيْلَةٍ

“Barang siapa melaksanakan sholat isya berjamaah maka ia mendapatkan pahala sholat setengah malam, dan barang siapa melaksanakan sholat isya dan Subuh dengan berjamaah, maka ia mendapatkan pahala sholat satu malam penuh.” (Hr. Tirmidzi)

Baca juga: Teks Ceramah, Pengertian, Tujuan Dan Pembukaan Ceramah yang Menarik

Pidato Tentang Keutamaan Tentang Sholat 5 Waktu

Ceramah keutamaan sholat 5 waktu

Salat lima waktu memiliki keutamaan tinggi disisi Allah. Buktinya, perintah salat lima waktu Allah berikan kepada nabi Muhammad pada saat Isra Mi’raj.  Perintah yang lain Allah berikan kepada nabi Muhammad melalui malaikat Jibril berupa wahyu.

Khusus sholat lima waktu, Allah memanggil nabi Muhammad langsung menghadap kepada-Nya pada malam Isra’ Miraj di Sidratul Muntaha.

Ini mengandung maksud bahwa salat lima waktu memiliki kedudukan yang sangat tinggi di sisi Allah.

Seorang muslim tak boleh lalai dan meninggalkan salat lima waktu apapun alasannya.  Salat lima waktu harus dikerjakan walaupun sakit sekalipun. Apalagi, hanya lelah dan capek bekerja, tak boleh meninggalkan salat sama sekali.

Inilah beberapa keutamaan salat lima waktu:

  1. Mendapat balasan pahala yang besar
  2. Mendapat cinta Allah
  3. Memperoleh ampunan Allah
  4. Terjaga dari perbuatan keji dan mungkar

Ketika seseorang melaksanakan salat lima waktu dengan baik, maka mereka telah menjaga agamanya. Sebaliknya, seseorang yang tak melaksanakan salat lima waktu, mereka telah menistakan agamanya.

Ceramah Singkat Tentang Sholat Adalah Tiang Agama

Ceramah singkat tentang sholat adalah tiang agama

Agama Islam memiliki banyak sendi, tepatnya ada 5 sendi, yaitu syahadat, salat, zakat, puasa dan haji. Dari kelima rukun Islam ini, salat menjadi tiang agama bukan yang lain.

Hal ini sebagaimana sabda nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wa Sallam:

رَأْسُ الأَمْرِ الإِسْلاَمُ وَعَمُودُهُ الصَّلاَةُ

“Inti (pokok) segala perkara itu Islam dan tiang penopangnya adalah sholat.” (HR. Tirmidzi dan ibnu Majah. Al hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadis ini hasan)

Ceramah Keutamaan Tentang Sholat Subuh

Pidato keutamaan sholat subuh
pidato keutamaan sholat subuh

Dari lima waktu salat yang diwajibkan bagi umat Islam, waktu subuh memiliki keutamaan yang luar biasa. Walaupun jumlah rakaatnya hanya 2 rakaat. Shalat subuh rakatnya paling sedikit dibanding salat yang lain. Salat subuh tetap memiliki bobot dan nilai yang tak tertandingi.

Salah satunya karena ujian salat subuh sangat berat. Salat yang lain biasa kita laksanakan pada saat istirahat. Namun, salat subuh harus kita laksanakan saat asyik-asyiknya tidur.

Maka, orang yang bisa melaksanakan salat subuh tepat waktu. Pasti, mereka adalah orang-orang istimewa. Mereka orang-orang pilihan Allah.

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda:

ومَن صلى الصبح في جماعة، فكأنما صلَّى الليلَ كلَّه

Artinya: “Barang siapa yang melakukan shalat subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu.” (HR. Muslim)

Bukan hanya salat subuh yang utama. Salat sunnah sebelum subuh (salat sunah qobliyah subuh) juga memiliki keutamaan yang luar biasa. Melaksanakan salat sunnah qobliyah subuh pahalanya setara dengan lebih baik daripada dunia dan semua isinya dalam pandangan Allah.

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Salam bersabda:

ركعتا الفجر خيرٌ من الدنيا وما فيها

Artinya: “2 rakaat (shalat sunah qabliyah) subuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya.” (HR. Muslim dari Ummul Mukminin Aisyah)

Pidato Singkat Tentang Sholat Sunnah

Salat sunnah memiliki keutamaan yang sangat istimewa. Walaupun kedudukannya tetap salat sunnah. Salah satu keutamaan salat sunah mengganti dan menyempurnakan salat fardhu yang kurang sempurna.

Keutamaan salat sunnah:

  1. Menyempurnakan salat fardhu yang kurang
  2. Memperoleh ampunan dari Allah
  3. Mendapatkan derajat yang tinggi disisi Allah
  4. Dekat dengan baginda nabi Muhammad di dalam surga

Dari Abu Huroirah, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

« إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمُ الصَّلاَةُ قَالَ يَقُولُ رَبُّنَا جَلَّ وَعَزَّ لِمَلاَئِكَتِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ انْظُرُوا فِى صَلاَةِ عَبْدِى أَتَمَّهَا أَمْ نَقَصَهَا فَإِنْ كَانَتْ تَامَّةً كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً وَإِنْ كَانَ انْتَقَصَ مِنْهَا شَيْئًا قَالَ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِى مِنْ تَطَوُّعٍ فَإِنْ كَانَ لَهُ تَطَوُّعٌ قَالَ أَتِمُّوا لِعَبْدِى فَرِيضَتَهُ مِنْ تَطَوُّعِهِ ثُمَّ تُؤْخَذُ الأَعْمَالُ عَلَى ذَاكُمْ ».

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab pada manusia pada kiamat itu shalat. Allah ‘Azza Wa Jalla berkata kepada malaikat-Nya dan Dia-lah yang lebih tahu, “lihatlah pada shalat hamba-Ku. Apakah shalatnya sempurna ataukah tidak? Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, jika shalatnya ada kekurangan, maka Allah berfirman: lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki amalan sunnah. Jika hamba-Ku memiliki amalan sunnah, Allah berfirman: sempurnakanlah kekurangan yang  ada pada amalan wajib dengan amalan sunnahnya.” Kemudian amalan lainnya akan diperlakukan seperti ini.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

 

Baca juga: Inspiratif Banget! 3 Contoh Ceramah Singkat Tentang Sedekah

Simpulan

Demikian pemaparan penulis yang membahas beberapa contoh ceramah singkat tentang sholat dan keutamaannya. Semoga contoh ceramah ini bisa kamu jadikan referensi untuk membuat pidato yang bagus dan bermanfaat bagi pendengarnya.

Pidato yang bagus akan berkesan dalam hati audiensnya. Mereka akan terinspirasi oleh ceramah yang keluar dari hati dan keikhlasan.