Inspiratif Banget! 3 Contoh Ceramah Singkat Tentang Sedekah

Tiba-tiba kamu diminta memberi tausiyah dan ceramah, tentu kamu merasa bingung dan canggung. Iya, kan? Nah, kamu perlu belajar beberapa ceramah singkat tentang sedekah agar kamu bisa menyampaikan materi ceramah dengan tepat dan tentu saja berkesan bagi audiens yang hadir.

Ceramah merupakan salah satu cara terbaik untuk memberikan nasehat, pencerahan dan motivasi. Salah satu alasannya kaena budaya mendengar masih mendominasi masyarakat kita. Jadi, mau tak mau kamu harus mempersiapkan diri sebelum kamu tiba-tiba ditunjuk untuk menyampaikan kultum dan ceramah singkat.

Penasaran, apa pengaruh sedekah terhadap rezeki? Yuk, simak pembahasannya dalam contoh ceramah ini.

Ceramah Singkat Tentang Sedekah Di Bulan Ramadhan

Ceramah Singkat Tentang Sedekah Di Bulan Ramadhan
Ceramah Singkat Tentang Sedekah Di Bulan Ramadhan

Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bapak ibu guru yang terhormat

Hadirin yang berbahagia,

Izinkan saya berdiri di sini untuk menyampaikan materi tentang keutamaan sedekah pada bulan Ramadan.

Ramadan merupakan bulan mulia. Bahkan, Ramadhan bulan yang paling mulia di antara bulan-bulan yang lainnya. Ada banyak kemuliaan Ramadan. Mulai dari; turunnya malam Lailatul Qadar, Nuzulul Quran. Allah melipat gandakan amalan manusia pada bulan Ramadan.

Allah berfirman dalam Al Quran:

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).”

(QS. Al-Baqarah: 185)

Ada lagi amalan yang sangat bernilai tinggi di bulan suci Ramadan. Apakah amalan itu? Amalan itu adalah bersedekah. Allah melipat gkamukan amalan sedekah 10 kali lipat pada hari-hari biasa. Namun, pada bulan suci Ramadan Allah melipatgkamukannya hingga tak terhingga.

Adakah pengaruh sedekah bagi seseorang? Tentu saja ada. Sedekah akan membuat Kamu semakin sehat, kaya dan bahagia.

Nabi bersabda tentang keutamaan sedekah ini dalam sabdanya yang mulia:

ما نقصت صدقة من مال وما زاد الله عبدا بعفو إلا عزا

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Sedekah bukan mengurangi harta tetapi melipatgkamukannya. Baginda nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah contoh nyata dalam bersedekah pada hari-hari biasa, beliau sedekahnya luar biasa. Pada bulan suci Ramadhan, beliau sedekahnya jauh lebih banyak dari hari-hari biasa.

Bapak ibu guru yang terhormat,

Hadirin yang berbahagia,

Sedekah kita pada bulan Ramadan bisa kita berikan kepada fakir miskin, hamba sahaya orang yang membutuhkan. Kamu juga bisa mewujudkan sedekah dalam bentuk hidangan untuk buka puasa, takjil Ramadan, memberi jaminan konsumsi tadarus di masjid atau musala di sekitar rumah Kamu.

Hakikatnya, sedekah yang kita keluarkan itu akan kembali kepada kita. Bahkan, sedekah itu kebutuhan kita bukan kebutuhan orang yang kita sedekahi.

Demikian pembahasan kultum singkat yang bisa saya sampaikan. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat.

Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Baca juga: Teks Ceramah, Pengertian, Tujuan Dan Pembukaan Ceramah yang Menarik

Kultum Singkat Tentang Sedekah Subuh

Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bapak ibu guru yang terhormat

Hadirin yang berbahagia,

Izinkan saya berdiri di sini untuk menyampaikan materi tentang keutamaan sedekah subuh.

Sedekah termasuk salah satu amalan utama yang perlu kita biasakan sejak dini. Kita perlu melatih keluarga kita, terutama anak-anak kita untuk bersedekah setiap hari. Salah satu amalan utama sedekah adalah sedekah subuh.

Sebenarnya, sedekah termasuk salah satu amalan yang tak terbatas oleh waktu. Kamu bisa bersedekah kapan pun, di mana pun dan kepada siapa pun. Namun, bila Kamu sedekah subuh, maka memperoleh keutamaan yang berlipat-lipat dibanding sedekah pada waktu yang lainnya.

Lantas, apa keajaiban sedekah? Inilah beberapa keutamaan dan keajaiban sedekah subuh.

  1. Didoakan 2 malaikat
  2. Menghapus dosa-dosa
  3. Membuat harta lebih berkah
  4. Sangat dekat dengan pintu surga
  5. Garansi dari musibah

Bapak ibu guru yang terhormat,

Hadirin yang berbahagia,

Bagaimana cara sedekah subuh yang tepat? Kamu bisa memberikan sedekah subuh Kamu kepada orang yang membutuhkan. Misalnya saja, saat Kamu keluar rumah. Kamu mendapati ada tetangga atau saudara yang butuh uang.

Kemudian Kamu memberikan uang kepadanya.  Tentu, sesuai kemampuan Kamu. Hakikat dari sedekah adalah berbagi, sharing dan ikut merasakan penderitaan orang lain.

Demikian pembahasan kultum singkat yang bisa saya sampaikan. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat.

Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Ceramah Singkat Tentang Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bapak ibu guru yang terhormat,

Hadirin yang berbahagia,

Izinkan saya berdiri di sini untuk menyampaikan materi tentang keutamaan sedekah tak mengurangi harta.

Banyak orang yang malas dan takut bersedekah karena takut hartanya berkurang bahkan habis.  Betapa tidak, saat kita bersedekah, maka kita mengeluarkan uang dan memberikannya pada orang lain.

Kebanyakan orang berpikir bahwa bila kita mengeluarkan uang, maka uang kita berkurang. Jika kita melakukannya sering dan terus-terusan, maka uang kita akan habis juga. Ini adalah mindset dan pemahaman yang kurang tepat.

Padahal, sedekah menambah dan melipatgkamukan pahala dan rezeki. Mana ayat sedekah menambah rezeki? Sedekah akan menambah dan melipatgkamukan rezeki. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al Quran:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِئَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gkamukan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 261)

Bapak ibu guru yang terhormat,

Hadirin yang berbahagia,

Prinsip dari sedekah itu layaknya sebuah sumur. Sumur yang berisi air, bila tidak kita ambil airnya, maka airnya akan semakin keruh, kotor, berlumut dan tak layak konsumsi. Kita bisa mengeluarkan air dari dalam sumur dengan berbagai cara. Misalnya, dengan menimbanya atau dengan pompa air.  Bila air ini keluar, maka terjadi sirkulasi udara dan pergantian air.

Saat air dalam sumur berkurang, maka mata air dalam sumur akan mengeluarkan air kembali. Maka, air sumur menjadi lebih bersih, lebih jernih dan sehat untuk dikonsumsi.

Sebaliknya, bila air sumur tidak pernah diambil baik dan dikeluarkan. Semisal,  dengan menimbanya atau memompanya, tentu air sumur juga tidak akan pernah penuh dan meluber airnya keluar dengan sendirinya. Namun, air sumur yang tidak pernah diambil airnya, airnya akan semakin kotor, keruh dan tak layak konsumsi.

Begitu juga dengan harta kita, harta yang tidak pernah dikeluarkan sedekah pada hakikatnya seperti air sumur yang tidak pernah dikeluarkan airnya. Ya, akan menjadi kotor, bau dan tak layak konsumsi.

Sebaliknya, harta yang dikeluarkan sedekahnya, harta itu akan semakin bersih, sehat dan berkah.  Harta yang bersih dan berkah ini akan membuat kita semangat untuk beribadah mendekatkan diri pada Allah, membuat kita menjadi orang yang produktif, keluarga juga tambah sehat dan bahagia.

Bapak ibu guru yang terhormat,

Hadirin yang berbahagia,

Apa manfaat sedekah untuk rezeki? Sedekah kamu akan membuat kamu semakin kaya,tajir dan berwibawa.

Ippho Santosa mengatakan bahwa sedekah menjadi garansi bagi kesehatan dan garansi dari musibah. Lebih lanjut, dia mengatakan asuransi terbaik bukan ikut agen asuransi yang sering sulit klaimnya tetapi asuransi terbaik adalah sedekah.

Demikian pembahasan kultum singkat yang bisa saya sampaikan. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat.

Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Baca juga: 4 Contoh Ceramah Singkat Tentang Ilmu yang Menginspirasi Pendengar

Penutup

Bila kamu menguasai materi ceramah singkat tentang sedekah, maka kamu akan merasa tenang saat tiba-tiba guru menunjukmu untuk menyampaikan materi kultum di depan kelas. Memiliki persiapkan materi jauh lebih baik dari pada naik panggung tanpa persiapan sama sekali.

Ibarat perang tanpa persiapan, tentu kamu harus siap mati. Begitu juga saat kamu naik panggung untuk menyampaikan kultum tanpa persiapan, kamu harus siap menangung malu. Gak mau kan, naik panggung tapi malu karena gak ada persiapan?