Apa Itu GMBI ? GMBI Adalah Salah Satu Ormas di Jawa Barat

GMBI Adalah

Sebagai generasi muda yang memiliki rasa solidaritas dan kewajiban dalam membangun guna untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), NKRI merupakan harga mati.


Apa Itu GMBI ?


Belakangan ini telah banyak diperbincangkan LSM GMBI. Lantas apa itu LSM GMBI ? Kepanjangan dari GMBI itu sendiri adalah Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia.

GMBI sendiri mempunyai motto “NKRI adalah Harga Mati”, yang artinya sekali melangkah kedepan pantang untuk mundur dan kitapun harus berani tampil di depan, tutur Ganda Permana Ketua Distrik Garut dalam wawancara ketika dijumpai di kantor GMBI Distrik Garut.

Ganda mengungkapkan, LSM GMBI sejauh ini terbilang masih muda yang usianya belum mencapai 1 dekade (berdiri tahun 2003), namun eksistensi GMBI ini di Jawa Barat khususnya sudah terbilang sukses dalam membantu menegakkan pertahanan dan keamanan.


Apa Visi Misi GMBI ?


GMBI dibentuk untuk berpihak kepada kaum marginal, miskin, dan tertindas. Menjadikan kaum lemah sebagai teman. Menyatukan pandangan dan pikiran sehingga diperlukan sebuah visi dan misi.

Visi GMBI

Visi GMBI adalah untuk membangun dan memperlihatkan citra, nilai dan arah yang akan menuntun ke arah masa depan ormas GMBI.

Citra dalam visi, mengangkat kaum yang lemah dalam meraih peluang dimana kesempatan itu datang dengan tiba-tiba dan perginya mendadak. Maka disitulah kaum yang berani mengambil kesempatan.

Nilai dalam visi, dalam keadaan situasi yang dialami maupun dengan tempat dimana berada dengan berpegang pada prinsip hidup untuk menegakkan keadilan dan kebenaran.

Arah dalam visi, sebagai pandangan untuk meraih peluang masa depan yang lebih cerah sesuai dengan tuntunan memasuki visi global.

Tujuan dalam visi, memanfaatkan potensi otak yang baru untuk dipergunakan sebesar sepuluh persen melalui proses kerjasama.

Misi GMBI

Menjadikan organisasi yang inovatif melalui suatu proses berpikir dengan memanfaatkan alat pikir berupa kecerdasan, kesadaran, dan akal.


Makna dan Arti Logo GMBI


GMBI

  • Lambang dalam logo GMBI ini membentuk sebuah bulatan yang mempunyai arti perjuangan yang terus digelorakan terus menerus tanpa henti.
  • Lambang panah dalam logo GMBI mempunyai makna tekad yang sangat kokoh serta sangat kuat dalam pendirian masing-masing anggotanya.
  • Jumlah anak panah dalam logo GMBI ini berjumlah 3, mempunyai arti, 1; Tekad untuk senantiasa berjuang serta mengabdi kepada negara dan bangsa, 2; Tekad untuk senantiasa menjaga serta terus menjalin kesatuan dan keutuhan negara dan bangsa, 3; Tekad untuk senantiasa mendahulukan kepentingan negara dan bangsa dari kepentingan lainnya.

Makna Warna Logo GMBI

  • Warna hitam yang terdapat di dalam logo GMBI mengartikan nuansa yang religius.
  • Warna putih dalam logo GMBI mengartikan niat ikhlas serta niat suci untuk melaksanakan perjuangan.
  • Warna hijau dalam logo GMBI mengartikan kejujuran yang ditumpahkan de dalam setiap tulisan.
  • Warna merah dalam logo GMBI yang berarti keberanian dalam setiap tindakan.
  • Warna biru dalam logo GMBI yang berarti loyalitas dan kesetiaan bersama masyarakat.

Berita Terbaru Seputar GMBI


16 Januari 2017 – Pengamat kepolisian, Bambang Widodo Umar, mengkritik Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan yang diketahui sebagai pembina GMBI. Menurut dia, seharusnya pejabat Polri aktif tidak boleh ikut dalam kegiatan di luar kesatuan, khususnya untuk organisasi masyarakat.

Bambang menegaskan, kasus bentrokan massa GMBI dengan FPI di Mapolda Jawa Barat saat mengeawal pemeriksaan imam besar FPI, yakni Habib Rizieq Shihab seharusnya tidak terjadi.

Tindakan polisi pada saat itu seperti preman dan tidak pantas dilakukan di negara hukum. Untuk itu, Bmbang mendesak Polri untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

Bambang juga mendesak Kapolri untuk memeriksa Kapolda Jabar karena dikabarkan sebagai pembina GMBI. “Jika benar juga harus ditindak tegas, jangan ditutupi. Polri harus adil terhadap setiap golongan dalam masyarakat dan pada diri Polri,” Kata Bambang.

sumber:http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/hukum/17/01/16/ojuxr2384-internal-polri-perlu-periksa-kapolda-jabar-terkait-bentrok-gmbi-dan-fpi

INDONESIA MILIK ALLAH SWT ! 

56 pemikiran pada “Apa Itu GMBI ? GMBI Adalah Salah Satu Ormas di Jawa Barat”

  1. Kelompok abangan yang sengaja dibentuk untuk menjadi “perusuh” dengan logo “Gerakan Masyarakaat Bawah Indonesia” atau kalau kata pencetusnya WONG CILIK…….Malu mas sama Allah swt….benerin dulu ibadah ente baru akan tahu “Ngapain ente ikut jadi boneka dan budak kelompok yang memusuhi saudara2 ente sendiri?”

    • Iwan, kamu itu yang malu ngikut islam tapi gak jadi contoh. Jangan dukung hal” yang berbau fanatisme. Islam tidak mengajarkan kebencian dan radikalisme seperti FPI. Kita GMBI taat pada Pancasila, setia melaksanakan ajaran agama tanpa harus radikal dan fanatik. Malu dikit dong kamu sama agama yang kamu anut. Kesannya kamu radikal dan bodoh, belajar lagi sana,

      • yakin taat pada pancasila om?
        sudah taat sama sila ke-1?
        sudah taat sama sila ke-2?
        sudah taat sama sila ke-3?
        sudah taat sama sila ke-4?
        dan sudah taat juga kah dengan sila ke-5?
        patut dipertanyakan…

        • ardian
          Pas banget seperti yang anda bilang..
          Mengaku taat pancasila.
          Sila ke-1 Ga tau deh “cuma mereka yang ngerasa”
          Sila ke-2 dilanggar.. “liat saja kejadian di ampera”
          Sila ke-3 ga tau bilang apa “Lebih layak disebut persatuan lembaga”
          Sila ke-4 hhhmmm “Ga ada peringatan apalagi musyawarah langsung pukul”
          Sila ke-5 bagi mereka lebih layak seperti “hukum rimba”

      • Taubatlah
        Ingat berhadapan dgn siapa…dan apa yg sedang kalian bela? uang yg kalian dapat itu utk dimakan sm anak dan istrimu…layakkah?

      • Lebih cocok pertanyaan ini utk GMBI sendiri. Bermasalah dg sejarah.., NKRI tdk akan pernah ada tanpa Kaum Santri.
        TNI & POLRI pun lahir dr kaum santri.

      • gmbi hanya kedok cinta nkri, di baliknya tersembunyi orang orang yg justru mengancam keutuhan nkri, gmbi bergerak tanpa landasan agama, jd tidak heran bila lebih arigan dan anarkis, fpi sudah banyak berbakti untuk mnjaga negri ini, bahkan mampu menyatukan jutaan manusia dalam kegiatan yg super damai dan bersih, belum ada di dunia manapun kecuali d indonesia yg berdemo dg cara santun ala fpi, ALLLAHUAKBAR, NKRI HARGA MATI, ISLAM HARGA MATI, GMBI GAK PUNYA HARGA DIRI…..

      • abdul!! nanti kamu kalo mati di bacain Pancasila aja deh … biar tambah mantabb … sekarang hapalin dulu gih sila sila nya jangan mpe lupa…

        • coba sebutkan satu aja kegiatan kebaikan sosial yang benar-benar positif yg dilakukan GMBI, sesuai dengan lembaga LSM…….

      • Taat sama pancasila kok mukulin orang….
        Ga saling menghargai….kalo taat sm pancasila ga mungkin ad kekerasan.
        Pancasila di lahirkan tanpa premanisme.

    • Benar . Mereka Tidak sadar di peralat . Sama saja kita di Adu bomba, apalagi Yg Anggota GMBI, ini banyak yg Muslim.

    • … maaf saya pernah tuh sama oknum GMBI tertipu saat jadi sub pekerjaa proyek di Pemda Kabupaten Bandung.

  2. Di sini lah arti Uang adalah segalanya….sudah kelamaan di jajah…ya sifatnya jadi kayak begitu…paling kalo di tanya..nggak ngerti arti pancasila itu

  3. Baru kali ini ada artis, pemimpin ormas yang mencoreng wajah bumi pertiwi dengan kata-kata penghinaan terhadap dasar negara Republik Indonesia dan alat-alat negara (presiden). Apakah mereka tidak pernah mendapatkan penataran P4 ketika jaman sekolahnya dulu? Jangan-jangan arti P4 saja tidak tahu.

  4. Maaf ya saya bukan anggota pasukan manapun saya tidak bela siapapun..Maaf sekali Islam diturunkan Allah Azza wajaala kepada nabi besar Muhammad sallahu alaihiwassaalam dan kitabnya Al-Quran..Jadi apa yg ada diAlquran dan sabda Rasulullah /Sunnah tu yg harus diikuti sampai akhir zaman…Jadi bukan fanatik mas bro..Kalau manusia tidak mengikuti Al-Quran dan sunnah jgn ngaku2 Islam….Simpleks ko..Sekarang banyak yg ngaku2 Islam tapi ndk tau arti dan makna Islam itu sendiri.. Wassalam..

  5. kalau di bilang fanatik atau ngknya sih, jujur, saya pribadi tentu sangat fanatik dengan agama saya sendiri islam, saya juga tidak termasuk orang yang taat menjalankan perintah allah, sholat saya juga ada yang bolong, puasapun ada, bahkan untuk sedekah pun jarang, tapi lain hal nya dengan adanya suatu kaum yang membanding2kan atau bahkan menghina agama saya, matipun saya berani untuk membelanya. gini mas, yang sya liat dari realita di media, kebanyakan dari GMBI ada juga tuh yang seenaknya membentak ulama, saya yakin, di dalam tubuh anggota gmbi ada yang islam, dan tentunya pasti tau tu gmana hukumnya membentak ulama,. maaf maaf saja mas, saya masih belajar, dan masih mahasiswa, jadi saya hanya menilai dari apa yang saya lihat, dan yang saya serap kedalam pikiran saya. jika yang saya katakan itu salah, mas bisa saja membuktikan kebenarannya dengan cara, misal : memperbaiki berita2 yang mas anggap iu tidak betul, dan sebagainya, tapi jika yang saya bilang itu benar, mas ngk usah smbunyikan apa yang terjadi sebenarnya, dan tentunya mampu memperbaiki keadaan yang miris di dalam tubuh gmbi. sekian.

    • Saudaraku, Banyak sekali orang-orang yang munafik. Mengaku diri Islam tapi perangai mereka justru seperti orang-orang fasik. Mereka justru menista Allah, AL-Qur’an dan Sunnah Rosulullah..

      Banyak di antara kita yang berKTP islam, tapi tidak menjalankan 5 Rukun Islam. Jangankan memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dan Sunnah, Membedakan antara Rukun, Syarat Syah, dan Syarat Wajib dalam Sholat saja banyak yang belum faham, tapi mengaku “Saya Juga Islam”.

      Yuk kita introspeksi diri, bertaubat, dan memperbaiki diri. umur kita ini hanya tinggal sebentar didunia ini… Maut pasti segera menjemput…

  6. Di kota bekasi kebanyakan jadi tukang palak pkl, timer mobil angkot ,parkiran, pengurus daerah nya malak proyek ke pemerintah dengan cara mobilisasi preman di bayar lalu demo ke pemda agar dpt bagian proyek…ga ada rasa sosialnya apalagi bantu2 korban bencana ,anggota nya bodoh2 ga pake otak pakenye otot dengkul mirip kumpulan ras monyet lah ga punya peradaban

  7. hahah.. lebih baik saya ngikut FPI … kita bisa menegakkan ajaran agama islam… dan jaminan surga… sementara kalau GMBI belum tentu…. masak GMBI kayak preman gitu..

  8. Sejujur nya sy ngeri lihat mobil Innova hitam di gempur abis abisan tanpa ampun…. duuuuhhh kok begini

  9. kudu ada di garis paling depan nih… AA AA dari Jabar, kalau ada permasalah di perbatasan Indonesia, salut deh buat para aa dari Jabar semoga sukses terus dan menjadi LSM yang baik,

  10. berhubung yang di bawa ke akherat itu agama bukan NKRI jadi saya pilih FPI aja,..hidup FPI semoga Allah selalu melindungi..

  11. kebanyakan masyarakat tak sadar diperalat oleh pemimpin organisasinya…….nanti diakhirat akan sadar kalau sudah disesatkan oleh pemimpinnya….tapi semua sudah terlambat…..neraka tempat kembalinya…

  12. NKRI Harga Mati

    Apakah kita sebagai Masyarakat harus berorganisasi dulu baru boleh ikut membela bangsa ini?

    Apakah kalian telah mentaati peraturan di negara ini?

  13. yg membawa saya ke bumi ada Allah .yang udaranya sy hirup adalah kepunyaan Allah. rizki yg sy dptkan tiap hari adalah dri Allah. tanah/negara yg sy diami skarng adalah milik zat yg maha kaya.
    Agama yg sy anut adalah agama yg diturunkan oleh Allah agama rahmatan lil alamin.. jd sy wajib membela Agama saya.

  14. Betul klo saya mending ikut FPI jelas manusia manusia yg beragama daripada GMBI, manusia manusia preman gitu, kasar sangar dan jauh dari nur hidayahNya………muka2 gak pernah sholat, pantes lah jadi golongan dajjal……

  15. FPI adalah suatu organisasi yg paling saya benci.. dengan ke arogannan nya, bertindak semena2.. FPI menjadi urutan ke 2 dari organisasi yg saya benci sekarang.. dan GMBI menjadi yg pertama paling saya benci sekarang, malah saya berdoa, semoga Allah melaknat orang2 yg kejam dan arogan yg ada di GMBI. Amin.

  16. Ya sama aja lah mo fpi ato gmbi rata2 orang pengangguran yg mencari donasi, kli ngomongin islam yg w bingung apa semua ulama gabung dngan fpi.

  17. semuanya akan kembali ke dalam tanah… dan akan mendapatkan balasan di akhirat. baik buruknya seseorang ataupun golongan masih dapat ditutupi di dalam dunia, namun dikahirat akan ketahuan belangnya.

  18. Kalau mau berkelahi jgn dengan bangsa sendiri lawan tu yg mengancam NKRI, aset2 kita sebagaian sudah di kuasai orang asing dan jangan sampai negara kita dijajah lagi sebelum terlambat mari kita jaga NKRI jangan biarkan negara kita hancur gara2 kita saling serang sesama saudara dan umat, malu kita ditertawakan dunia, seng penting ojo gontok2an ayo urip seng rukun, nuwun

  19. Cukup Alloh yg Maha tau….
    Dan orang2 Yang selalu berbuat baik dan tetap dalam jalan kebaikan.. semua dari Niat yang baik… jgn saling mencela..

  20. Kalo saya gubernur jawa barat dah lama saya bubarkan GMBI, untuk apa bikin LSM yg merusak aja, emang kalian tau arti negara? Tau apa itu pancasila? Siapa pendiri pancasila? Bagaimana pendahulu kita dulu merumuskan pancasila? Mikir dong kalian GMBI…

  21. BILAL BIN RABAH SAKING FANATIKNYA SAMA ISLAM,RELA DITINDIH BATU DITENGAH PADANG PASIR YANG SANGAT PANAS, MUSLIM DI SURIAH RELA DITIMBUN HIDUP HIDUP KARENA FANATIK KEPADA ISLAM, KALO GA FANATIK NGAPAIN MILIH ISLAM,

    • Semoga Allah, Memberi Hidayah Kepada kita hamba yg telah lupa, meluluhkan hati yang telah keras, membukakan pintu taubat, dan menjaga keutuhan Negara tempat kita bernaung dari lahir, Fakta dilapangan membuktikan banyak orang yang menemukan Islam, memahami, mengamalkan dan mendapat ketenangan setelah itu dan Fakta dilapangan juga membuktikan banyak orang tidak mengenal islam memusuhi, membenci, dan ada yang keluar dari Islam baik secara pengamalan serta keyakinan, Fakta juga membuktikan bahwa hidup berdampingan dgn muslim tentram, ada reaksi sosial yang positif terjalin dalam kehidupan ( Tanya orang yg belum memeluk islam). Islam Agama yg sempurna sejak zaman Rasulullah diwariskan kepada Sahabat kemudian kepada ulama-ulama terkenal dahulu seperti imam Syafi’i kemudian Imam Ghazali dan yang menjadi penerus agama dan sunnah berikutnya adalah Ulama akhir zaman yang mengkuti perkataan, perbuatan serta membenarkannya maka ulama tersebut disebut Ahlussunnah Waljamaah. Adakah kita seperti Bilal yg rela disiksa oleh tuannya utk membenarkan perkataan Rasulullah SAW, Adakah kita seperti Khadijah Isteri yang kaya raya namun harta rela dia sumbangkan utk tegakknya Islam sampai kepada kita ? dan lain sebagainya, Coba anda renungkan adakah kita dengar muslim gelisah, gundah dan anarkis ? dalam islam aturan yg dibuat bukan oleh nafsu manusia namun oleh pemilik agama itu sendiri Tuhan Kita (Allah SWT). Jadi tidak ada yg dirugikan sedikitpun. Banyak manusia yg merasa sebaliknya merugi, gundah dsb yg memang kodrat dasar manusia adalah Gundah dan Gelisah dsb.. oleh karena itu Islam merangkul manusia utk menjadi Insan yang baik terbebas dari Gundah dan Gelisah. Dan dapat melawan musuh yang nyata2 telah menjerumuskan nenek moyang Manusia Nafsu dan Syeitan. Jd kesimpulannya jgn saling tuduh menuduh sesama muslim karena itu menyerupai perilaku kafir, dan semakin mengikat persaudaraan sesama muslim. Bela negara wajib, bela agama terlebih wajib. Coba lihat fakta dilapangan tentang perilaku masing2 deh, setelah itu coba dikaji sesuai gk dgn ajaran islam, Tp INGAT AJARAN ISLAM MURNI YA ! YAITU AJARAN ISLAM YG TELAH DIBW OLEH ULAMA SEJAK ZAMAN NABI MUHAMMAD SAMPAI SEKARANG LO. BUKAN AJARAN ISLAM YG BARU MUNCUL YA !. DENGAN KATA LAIN MASIH PERCOBAAN BANYAK ERROR. Mohon maaf kalau salah kata krn saya masih sedikit memahami Islam dan akan terus mendalami Islam. Salam dari warga NKRI.

  22. hust. gak boleh debat kayak gitu saudara sekalian… kita hormati proses yang telah berjalan. serahkan semua kepada Allah SWT. hanya kepadanya lah tempat kita berserah diri… mungkin hanya sekelompok kecil yang bermasalah tidak semua di dalamnya…. instropeksi diri kita masing”.. koar” pun percuma bukan mencari jalan keluar malah makin rumit permasalahannya. sesama rakyat indonesia…. sesama umat beragama. bukan mengatas namakan golongan mana pun .. saya netral.. karena hanya Allah lah yang tau umatnya dan hanya Allah lah maha melihat lagi maha mengetahui….

  23. Saudara-saudaraku……saatnya kita banyak refleksi diri…kembalikan hati kita pada Allah dengan lebih banyak mendekatkan diri padanya…..agar hati kita yang hitam kembali menjadi putih….dengan demikian kita dapat membedakan mana yang hak dan mana yang bathil….sekarang saatnya Allah menguji keimanan dan ketakwaan kita……tanda-tanda kiamat telah banyak di depan mata….itupun kita tak tau kapan detik-detik akhir ajal kita…..sayang sekali jika usia yang singkat kita gunakan untuk sebuah perjuangan yang tak kita mengerti makna dan arah tujuannya…..Padahal tujuan Allah menciptakan manusia adalah untuk mengabdi padanya….sudah jelas kalau kita mau ikut berjuang …berjuang dijalan yang yang di Ridhoinya….islam agamaku….Allah tujuanku….

  24. Abdul, memang kamu nggak malu melakukan penyerangan yg seperti itu. Katanya dibentuk untuk keamanan negara. Nyatanya apa?? Kalianlah yg membuat keributan. FPI begitu bnyak bahkan smpai 7 jutaan umat pas 212 masih terkontrol. Nah GMBI bgaimana? Cuman sgtu anggotanya nggak terkontrol. Yg mmbuat kricuhan itu yg mana?? Coba anda pikir balik.

  25. Kata PANCASILA cuma dijadikan pemanis..
    intinya premanesia

    Masyarakat bawah yang mana yang diwakili oleh ormas ini?
    apa tujuan didirikannya ormas ini? membela pancasila….? omong kosong..
    TNI sudah cukup, TNI boleh tembak mati orang yang mengancam kedaulatan.
    NKRI harga mati.

    Intinya ormas semacam ini tidak perlu ada.
    Terlebih jika dibuat hanya untuk melawan ormas islam.

  26. Peristiwa 212 Allah menyadarkan ummat Islam untuk merajut tali ukhuwah yg masih rapuh dan memunculkan gairah keagamaan kepada ummat Islam yg selama ini berada di berbagai kotak Mazhab, organisasi, ras dan suku. Dan melalui GMBI Allah akan perlihatkan kepada kita golongan orang orang munafik. Semoga mereka cepat sadar dan kembali ke jalan-Nya.

  27. GMBI ormas2 beranggotakan kaum fasik, ga berilmu. Mungkin ini salah satu yg dimaksud Rasulullah akan muncul pada akhir zaman anak2 muda yg imannya hanya sebatas tenggorokannya. Tidak mengena sampai ke hati. Malah keluar dari keislamannya. Lalu apa yg kalian maksud dgn membela kaum yg lemah dgn mengatasnamakan pancasila? Kalian justru bikin resah, ga berdasarkan kemanusiaan sama sekali. Lihat sj tindakan kalian yg sempat terekam video. Kalian sok jago, tengil n jumawa/sombong. FPI hanya berusaha meluruskan yg tdk sesuai akidah Islam, dgn cara yg menurut sy memang harus dgn tegas n keras, bukan anarkis. sedangkan kalian org2 bodoh sampah masyarakat, beraksi tanpa landasan ilmu, memerangi ulama n saudara sendiri. In syaa Allah dgn bantuan Allah SWT kalian segera dibinasakan oleh umat Islam yg menentang GMBI. N smoga Habib Rizieq slalu dilimpahkan karomah oleh Allah SWT. Allahumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammad wa’ala ali Sayyidina Muhammad. Maju terus bib, doa n dukungan kami slalu beserta Habib n anggota FPI. Allahuakbar !!!

  28. Setia pada pancasila, tapi tidak mengakui ke Esa an Tuhan. Munafik.
    Logo Gerombolan Massa Bertato Indonesia ada perisai loho Polda.

  29. Minta maaf sebelumnya kalau salah, tapi saya menontong berita kok saya punya pemikiran seperti : GMBI, AHOK, POLRI VS FPI, RAKYAT, dan TNI yach ?

  30. Mengamati beberapa kejadian akhir-akhir ini saya pribadi merasa prihatin, mengapa sesama saudara saling berselisih belum ada penyelesaian, Negara Republik Indonesia ini merdeka dengan melalui perjuangan dan pengorbanan. Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa, demikian juga jagad raya seisinya. Dari mana manusia berasal, dan kemana akan kembali. Tuhan pencinta alam semesta ini maha pengasih, maha penyayang, maha pengampun, maha adil, maha bijaksana, maha pemberi kesejahteraan. Semoga semua pihak yang berselisih dapat mengambil makna-makna tersebut. Semoga pula pihak-pihak yang berselisih mendapat pengampunan dan mendapat hidayah dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga Keutuhan NKRI tetap terjaga. SEMOGA. Amiin

  31. Dijakarta bawa senjata tajam dirajia Polisi, dibandung yg bawa senjata tajam dibiarkan lalu lalang..

    HIDUPPOLISI DI JAKARTA!!!! HIDUP….

  32. Dari sekian bnyk komentar ttg GMBI sy tdk melihat 1 pun anggota GMBI yg berusaha menjawab apalagi menjelaskan komentar2 tsb, kenapa?? Apa para anggota GMBI setuju ??? Atau memang tidak pernah buka internet???

    Kalo tidak pernah buka internet apa alasannya ya??? Gaptek? Tidak punya kuota???

    Atau “aahh… sa bodo teuing!!! ormas-ormas aing”

Tinggalkan komentar