Unsur Unsur Komunikasi Lengkap

6 Unsur Unsur Komunikasi Beserta Pengertian & Jenis Jenisnya

Unsur Unsur Komunikasi – Hallo sahabatnesia, apakah kalian sudah mengetahui pengertian dari komunikasi ? Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak pernah lepas dengan yang namanya komunikasi. Entah itu berkomunikasi dengan keluarga, teman, ataupun sahabat.

Tapi apa sih pengertian dari komunikasi itu sendiri ? Mungkin kalian memiliki definisi sendiri-sendiri mengenai pengertian komunikasi ini. Dalam artikel ini kita akan coba mengupas mengenai pengertian atau definisi komunikasi, unsur unsur komunikasi, dan tujuan kita berkomunikasi.

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :


Pengertian Komunikasi


Pengertian Komunikasi
500px.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian komunikasi adalah pengiriman serta penerimaan sebuah pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud bisa dipahami.

Secara umum, pengertian komunikasi merupakan suatu interaksi atau sebuah proses simbolik yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya dengan membangun hubungan antar sesama manusia, melalui pertukaran infomrasi untuk menguatkan sikap dan tingkah laku orang lain dan berusaha untuk mengubahnya.

Istilah komunikasi sendiri berasal dari kata komunism yang berarti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Komunikasi juga berasal dari kata communico yang berarti membagi.


Tujuan Komunikasi


Manfaat dan Tujuan Komunikasi
500px.com

Berikut ini adalah beberapa tujuan berkomunikasi :

  1. Agar yang disampaikan komunikator dapat dipahami oleh komunikan. Supah mudah untuk dipahami oleh komunikan maka komunikator butuh menerangkan pesan utama dengan sejelas mungkin.
  2. Supaya dapat mengerti orang lain. Dengan melakukan komunikasi, setiap individu dapat mengerti individu yang lainnya dengan kemampuan mendengar apa yang dibicarakan oleh orang lain.
  3. Supaya pendapat kita dapat diterima oleh orang lain. Komunikasi serta pendekatan persuasif merupakan langkah yang efektif agar ide kita dapat diterima oleh orang lain.
  4. Menggerakan orang lain untuk melakukan suatu hal. Komunikasi serta pendekatan persuasif dapat membangun kesamaan persepsi dengan orang lain lalu menggerakannya sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Unsur Unsur Komunikasi Menurut Para Ahli


Unsur Unsur Komunikasi Menurut Para Ahli
500px.com

Menurut Aristoteles, ada tiga unsur komunikasi yaitu siapa yang berbicara, apa yang dibicarakan, dan siapa yang mendengarkannya.

Pandangan Aristoteles ini menurut sebagian besar para ahli komunikasi dinilai lebih tepat untuk mendukung suatu proses komunikasi publik dalam bentuk pidato atau retorika.

Hal ini disebabkan pada zaman Aristoteles retorika menjadi bentuk komunikasi yang sangat populer bagi masyarakat Yunani pada saat itu.

Unsur Komunikasi Menurut Claude E Shannon & Warren Weaver

Unsur komunikasi yaitu pengiriman, transmitter, penerima, tujuan, dan signal. Kesimpulan tersebut berdasarkan atas studi yang mereka lakukan mengenai pengiriman pesan radio dan telpon.

Unsur Komunikasi Menurut Charles Osgood Gerald Miller & Melvin L De Fluer

Mereka menambahkan efek dan umpan balik sebagai unsur unsur komunikasi. Umpan balik dan efek sebagai unsur komunikasi yang nantinya akan lebih banyak dikembangkan pada proses komunikasi antarpribadi dan komunikasi massa.

Unsur Komunikasi Menurut Joseph de Vito,  Sereno, Erika Vora

Mereka menilai lingkungan adalah unsur komunikasi yang tidak kalah pentingnya dalam mendukung terjadinya proses komunikasi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kita jelaskan menganai unsur-unsur komunikasi secara umum. Kamu bisa membacanya dibawah ini :


Unsur Unsur Komunikasi / Komponen Komunikasi


Komponen Komponen Komukasi
500px.com

Terdapat beberapa unsur komunikasi, antara lainnya adalah :

1. Komunikator

Komunikator merupakan pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator adalah seseorang atau sekelompok orang yang memiliki inisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan atau interaksi.

Komunikator tidak hanya berperan sebagai pengirim pesan saja. Akan tetapi juga memberikan sebuah respon atau tanggapan dan menjawab dari proses komunikasi yang sedang berlangsung.

Baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

2. Pesan atau Informasi

Pesan atau informasi merupakan keseluruhan apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan bisa berupa sebuah kata-kata, tulisan, gambaran, atau sebuah perantara lainnya.

Pesan ini mempunyai inti, yaitu mengarah pada usaha untuk mengubah sikap dan tingkah laku orang lain.

Inti pesan akan selalu mengarah kepada tujuan akhir komunikasi tersebut.

3. Sarana Komunikasi atau Channel

Sarana komunikasi atau channel dapat disebut dengan media yang digunakan sebagai penyalur pesan dalam sebuah proses komunikasi.

Pemilihan sarana atau media dalam proses komunikasi tergantung pada sifat berita yang akan disampaikan.

4. Komunikan atau Receiver

Komunikan adalah sebutan bagi orang yang menerima pesan atau berita yang disampaikan oleh komunikator. Komunikan dapat terdiri dari satu roang atau lebih dan bisa pula dalam bentuk kelompok.

Dalam sebuah proses komunikasi, komunikasi merupakan elemen penting karena dialah yang menjadi sasaran komunikasi dan bertanggung jawab untuk bisa mengerti pesan yang disampaikan dengan baik dan benar.

5. Umpan Balik atau Feedback

Umpan balik bisa diartikan sebagai jawaban komunikan atas pesan yang diberikan oleh komunikator kepadanya. Pada komunikasi yang dinamis, komunikator dan komunikan akan terus menerus bertukar peran.

6. Dampak atau Effect

Dampak adalah efek perbedaan yang dialami oleh komunikan sebelum dan sesudah menerima pesan. Apabila sikap dan tingkah laku komunikan berubah sesuai dengan isi pesan, maka komunikator telah berhasil dengan baik.

Dampak atau effect sesungguhnya dapat dilihat dari personal opinion, public opinion, ataupun majority opinion.

Namun semua itu mengarah kepada perubahan yang terjadi pada komunikan setelah menerima pesan yang disampaikan oleh komunikator.


Jenis Jenis Komunikasi


Jenis Jenis Komunikasi
500px.com

Komunikasi dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Komunikasi Personal

Komunikasi personal adalah komunikasi yang ditujukan kepada satu orang saja atau tunggal.

2. Komunikasi Kelompok

Komunikasi kelompok merupakan komunikasi yang ditujukan kepada kelompok-kelompok tertentu.

3. Komunikasi Massa

Komunikasi massa merupakan komunikasi yang ditujukan kepada massa atau komunikasi yang menggunakan media massa.


Faktor yang Harus diperhatikan dalam Proses Komunikasi


Faktor dalam Berkomunikasi
500px.com

Komunikasi yang efektif harus dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan fakta, perencanaan, komunikasi, dan evaluasi. Jadi jika belum melakukan keempat hal ini, maka bisa dikatakan komunikasi yang kamu lakukan belum efektif.

1. Pengumpulan Fakta

Mengumpulkan fakta dan data sebelum seseorang melakukan komunikasi atau interaksi dengan orang lain.

2. Perencanaan

Berdasarkan fakta dan data itu dibuat sebuah rencana atau planning tentang apa yang akan dibicarakan dan bagaimana cara mengemukakaknya.

3. Komunikasi

Setelah melakukan sebuah perencanaan, maka tahapan yang akan dilakukan selanjutnya adalah berkomunikasi.

4. Evaluasi

Penilaian dan analisa diperlukan untuk melihat bagaimana hasil dari komunikasi tersebut.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian komunikasi, komunikator, komunikan, manfaat dan tujuan komunikasi, unsur unsur komunikasi menurut para ahli, dan jenis jenis komunikan beserta faktor yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi.

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini