sahabatnesia perlengkapan study tour

12 Persiapan Study Tour yang Wajib Kamu Bawa

Perlengkapan Study TourStudy tour adalah salah satu cara yang paling menyenangkan untuk menimba ilmu. Selain untuk menimba ilmu, kita juga mendapatkan teman yang banyak. Dimana kita bisa bertukar pikiran, bertukar budaya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saya sekolah di SMA Negeri 2 Balikpapan, salah satu sekolah terfavorite di kota Balikpapan. Saya bersyukur sekali bisa memberikan banyak kontribusi untuk sekolah ini. Salah satunya pernah menjadi Ketua OSIS SMA Negeri 2 Balikpapan periode 2013/2014.

Baca juga artikel : Inilah, 15 Kota Termaju dan Terbesar di Indonesia yang Harus Kamu Lihat

Ketika saya duduk di kelas XI, sekolah saya membuat sebuah program untuk melakukan study tour ke Surabaya, Malang, dan Jogjakarta. Study tour ini dilakukan dalam rangka memperkenalkan siswa dengan Universitas dan perguruan tinggi yang ada di kota-kota tersebut.


1. Uang Saku


Perlengkapan Study Tour Membawa Uang
lifehacker.com

Hal yang paling penting ketika kita melakukan perjalanan yang sangat jauh adalah dengan membawa uang. Hal ini dikarenakan ketika pada saat study tour kita tidak memiliki banyak waktu kosong. Bisa jadi uang kita habis dan tidak menemukan ATM untuk mengambil uang.

Selain itu, kita dapat membeli oleh-oleh untuk keluarga tercinta kita dirumah. Membawa uang secukupnya saja, jangan sampai kita membawa uang berlebih-lebihan. Karena dapat memancing kejahatan atau tindakan kriminal, apalagi jika study tournya di kota-kota besar.


2. Pakaian Seperlunya


Perlengkapan Study Tour Membawa Pakaian
gaijinpot.com

Dengan kita membawa pakaian yang tidak terlalu banyak, kita dapat mempermudah ruang gerak dan tidak perlu merasakan yang namanya keberatan atau apapun itu. Serta kita dapat menyediakan ruang tempat untuk oleh-oleh yang kita beli.

Perlu diperhatikan, bawalah pakaian sesuai dengan kondisi atau cuaca daerah yang kita kunjungi. Jangan sampai kita membawa baju yang terlalu tebal jika cuacanya panas begitupun sebaliknya.


3. Alat Komunikasi


Perlengkapan Study Tour Membawa Alat Komunikasi
beritagadget.net

Alat komunikasi ini sangat penting sekali. Karena sering kali dari kita yang terpisah dari rombongan pada saat study tour. Oleh karena itu pada saat study tour jangan lupa menyimpan nomor-nomor penting seperti nomor tour guide.

Gunakanlah alat komunikasi ini dengan bijak. Jangan sampai handphone kita lowbat pada saat yang tidak tepat. Selain itu simpanlah handphone di tempat yang menurut kita aman.


4. Kamera


Perlengkapan Study Tour Membawa Kamera
pixabay.com

Wah yang satu ini jangan sampai ketinggalan yah. Sayang banget jika moment-moment pada saat study tour tidak diabadikan. Karena akan punya kenangan tersendiri dan suatu saat nanti, kita dapat menceritakan pengalaman study tour kepada orang lain bahkan kepada anak cucu kita nanti.

Kamera tidak perlu yang mahal. Jika kita tidak punya DSLR, maka cukup menggunakan kamera pocket. Minimal menggunakan kamera handphone kita masing-masing. 


5. Uang Receh


Membawa Uang Receh Pada Saat Study Tour
pixabay.com

Karena ketika kita study tour uang kecil sangat dibutuhkan. Seringkali ada pengamen atau pengemis yang menghampiri kita. Maka tidak lupa kita sisihkan rezeki yang kita punya untuk mereka.

Uang receh juga berguna pada saat kita ingin membeli sesuatu seperti makanan atau minuman untuk cemilan sepanjang perjalanan. Pokoknya uang receh ini sangat penting deh. Jadi siapkan aja uang 2 ribuan yang banyak hehe.


6. Makanan Ringan


Membawa Makanan Ringan Ketika Study Tour
youtube.com

Karena pada saat kita study tour, travel yang kita gunakan tidak berhenti setiap saat. Oleh karena itu, membawa makanan ringan sangat diperlukan untuk menahan rasa lapar kita ketika di perjalanan. 

Membawa makanan ringan juga harus selektif. Bawalah makanan ringan yang memiliki standar gizi untuk tubuh kita. Karena jika kita sakit pada saat study tour, kita akan merepotkan orang lain.


7. Obat-obatan


Membawa Obat Ketika Study Tour
rumahwasir.co.id

Membawa obat-obatan ini sangat diperlukan, khususnya untuk yang punya penyakit tertentu. Yang terpenting selalu sediakan antimo jika sewaktu-waktu kita mabuk dalam perjalanan.

Meletakkan obat-obatan juga jangan sembarangan. Simpanlah obat-obatan di tempat yang mudah di akses seperti dompet.


8. Power Bank


Membawa Power Bank Pada Saat Study Tour
kogan.com

Powerbank sangat bermanfaat ketika handphone kita sedang lowbat. Jika handphone kita mati, maka akan sulit untuk kita untuk berkomunikasi.

Bawalah power bank yang sesuai dengan daya batrai handphone kita. Karena akan mempengaruhi kondisi batrai tersebut.


9. Peralatan Mandi


Perlalatan Mandi Untuk Study Tour
pixabay.com

Bawalah peralatan mandi secukupnya, karena mandi adalah kebutuhan dasar manusia pada umumnya untuk menyegarkan diri setelah perjalanan jauh. Khususnya untuk kaum wanita yang selalu ingin tampil bersih dan perfect.


10. Headset


Headset Pada Saat Study Tour
sonymobile.com

Biasanya ketika dalam perjalanan kita sering kali merasa bosan dan kesepian. Oleh karena itu membawa headset sangat diperlukan untuk menghibur diri kita selama dalam perjalanan.


11. Sandal Jepit


Membawa Sendal Jepit Untuk Study Tour
pixabay.com

Kelihatannya sangat sederhana banget, tapi sandal jepit ini sangat berguna sekali untuk kita. Entah itu untuk beribadah, mandi, ataupun pada saat berjalan-jalan santai.


12. Peralatan Tulis


Membawa Peralatan Tulis Untuk Study Tour
wallpaperscraft.com

Pada dasarnya kita ikut study tour untuk belajar. Maka jangan lupa membawa peralatan tulis karena ini sangat penting sekali untuk mencatat segala hal yang kamu temui dan lihat.

Membawa peralatan tulis tidak perlu ribet-ribet. Cukup membawa buku dan pulpen itu sudah cukup.

Dan yang paling penting adalah kita harus bisa menjaga diri masing-masing. Terutama untuk menjaga barang bawaan pribadi. Gunakanlah waktu study tour dengan sebaik-baiknya. Karena belum tentu kita bisa ikut study tour untuk yang kedua kalinya hehe.

Artikel ini saya tulis sesuai dengan pengalaman pribadi saya. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Share artikel ini agar dapat bermanfaat untuk orang lain. 

1 thought on “12 Persiapan Study Tour yang Wajib Kamu Bawa

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini