Kain Khas Lombok

10 Oleh Oleh Khas Lombok yang Wajib Kamu Bawa Pulang !

Oleh Oleh Khas Lombok – Hallo sahabatnesia ! Apakah kalian pernah berlibur ke Lombok ? Lombok memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Oleh karena itu bagi kalian yang belum pernah berlibur ke Lombok, mending segera di agendakan deh untuk berlibur kesini.

Yang namanya liburan tidak afdol dong kalau belum membeli oleh oleh khas Lombok. Di Lombok banyak sekali oleh oleh khas Lombok yang disediakan untuk para wisatawan mulai dari yang murah sampai yang mahal loh.

Pada artikel ini kita akan memberikan beberapa referensi oleh oleh khas Lombok yang wajib untuk kamu bawa pulang. Karena sangat disayangkan jika kamu tidak membelinya. Kalau kata saya sih rugi pake banget hehe.


1. Tuak Manis Lombok


Oleh Oleh Khas Lombok
500px.com

Tuak manis merupakan minuman khas Lombok. Minuman ini sangat disukai oleh semua orang. Selain rasanya yang segar dan manis, minuman ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Wah, kamu harus nyobain minuman yang satu ini nih. Minuman ini bisa kamu bawa pulang sebagai oleh oleh khas Lombok. Akan tetapi minuman ini tidak bisa dibiarkan semalaman karena tuak mengandung zat yang dapat mengeluarkan alkohol dan dapat memabukkan.


2. Dodol Rumput Laut


Dodol Khas Lombok
500px.com

 

Karena rumput laut mengandung serat rumput laut yang sangat baik untuk pencernaan tubuh kita. Dodol rumput laut ini sangat cocok dijadikan sebagai cemilan selama dalam perjalanan atau bahkan dijadikan oleh oleh khas Lombok.

Dodol rumput laut selalu menjadi tujuan para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh oleh. Selain rasanya yang enak, kemasan dodol ini juga lebih praktis serta harganya sangat terjangkau sekali.

Baca juga artikel : 10 Oleh Oleh Khas Banjarmasin yang Populer di Kalangan Wisatawan !


3. Kaos Lombok


Pakaian Khas Lombok
500px.com

Selain makanan dan minuman, lombok juga menyediakan oleh oleh berupa baju yang bertemakan pulau Lombok. Entah itu dari budaya, wisata, atau bahkan mata pencaharian penduduknya.

Kaos Lombok ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh khas Lombok karena baju pada umumnya bersifat general dan cocok untuk siapa saja. Selain bagus, harga kaos Lombok juga sangat terjangkau untuk para wisatawan.


4. Kain Songket Sasak


Kain Khas Lombok
500px.com

Kain songket digunakan sebagai pakaian tradisional suku sasak yang bernama Baju Lambung (Baju wanita). Baju adat khas Lombok ini mempunyai motif hitam polos dengan variasi bawahan yang sangat beragam.

Biasanya berbentuk selendang, ikat pinggang, atau bahkan aksesoris lainnya. Sedangkan untuk pria biasanya menggunakan songket sebagai bawahan yang diatur dengan sedemikian rupa sehingga lebih enak untuk di pandang.

Kamu bisa membeli kain songket sasak ini di desa Sukerare, Lombok Barat dengan harga yang bervariasi. Mulai dari harga 200 ribu sampai dengan 2 juta rupiah.


5. Kain Tenun Sasak


Kain Tenun Lombok
500px.com

Jika kalian ke Lombok, jangan lupa untuk membeli kain tenun sasak untuk dijadikan oleh oleh atau bisa juga untuk digunakan sendiri.

Karena kain tenun sasak dari Lombok ini memiliki motif yang berbeda-beda yang hanya bisa kamu dapatkan di desa Sade, Lombok Tengah.

Dengan pengerjaan kain yang cukup lama dan kain yang dihasilkan sangat unik, menjadikan kain tenun ini sangat diminati di kalangan wisatawan.


6. Mutiara Lombok


Mutiara Lombok
500px.com

Salah satu yang terkenal dari Lombok adalah mutiaranya. Mutiara Lombok memiliki nilai yang sangat tinggi dan sangat cocok dijadikan hadiah untuk orang-orang yang kalian sayangi.

Mutiara Lombok diambil langsung dari dasar laut Lombok. Dimana mutiara ini seringkali dijadikan sebagai perhiasan yang sangat elegan dan mewah oleh pengrajin mutiara di Lombok.

Sentral penjualan dan pengrajin mutiara ini berada di Kampung Sekarbela, Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Ampenan, kota Mataram.

Terdapat dua jenis mutiara, yaitu mutiara laut dan mutiara air tawar. Mutiara laut biasanya berbentuk oval, serta mempunyai warna putih, emas, hitam, dan perak. Sedangkan mutiara air tawar berbentuk bulat dan memiliki warna yang bervariasi.


7. Madu Lombok dan Madu Sumbawa


Makanan Khas Lombok
500px.com

Salah satu keunggulan yang dimiliki pulau Sumbawa adalah madu murninya atau yang terkenal dengan sebutan Madu Sumbawa. Madu ini di proses oleh lebah yang menghisap berbagai nektar bunga yang terdapat di hutan.

Madu sumbawa sering kali di gunakan beberapa orang untuk produk kecantikan, obat untuk penyakit tertentu, dan perawatan tubuh yang lainnya.


8. Susu Kuda Liar Sumbawa


Jajanan Khas Lombok
500px.com

Susu kuda liar adalah susu yang dihasilkan dari kuda liar asli sumbawa yang bebas dari pengaruh bahan-bahan kimia. Selain itu susu kuda liar bebas dari mikroba dan bukan berasal dari hasil rekayasa genetika.

Susu kuda liar sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Diantaranya adalah sangat ampuh untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Keistimewaan susu kuda liar adalah tidak mengalami penggumpalan dan kerusakan meskipun tidak di pasteurisasi. Kemudian susu ini tahan terhadap suhu ruangan sampai 1 tahun lamanya tanpa diberi bahan pengawet apapun.


9. Permen Susu Kuda Liar dan Kerbau Liar


Kue Khas Lombok
500px.com

Selain susu kuda liar, ada juga yang namanya permen susu kuda liar. Kemasannya sangat praktis dan cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas Lombok. Permen ini sangatlah unik dan diolah secara tradisional.

Selain susu kuda liar, ada pula permen yang terbuatd ari susu kerbau liar. Wah unik sekali bukan ? Penasaran dengan rasanya ? Silahkan langsung berkunjung ke Lombok hehe. Permen ini hanya bisa kita temukan di pulau Sumbawa yah. 


10. Souvenir Khas Lombok


Souvenir Khas Lombok
500px.com

Referensi oleh oleh khas Lombok yang terakhir adalah souvenir khas Lombok yang sangat elegan. Ada berbagai macam souvenir unik yang bisa kamu jadikan sebagai oleh oleh untuk keluarga atau bahkan teman kamu.

Misalnya kalung, gelang dan aneka aksesoris khas Lombok yang lainnya. Selain itu ada pula gantungan kunci khas Lombok. Selain di Lombok sangat prospek untuk bisnis tas branded. Grosir tas import juga harus dipertimbangkan, karena produk Indonesia sendiri jauh lebih bagus.

Nah itulah beberapa referensi oleh oleh khas Lombok. Mulai dari makanan khas Lombok sampai Souvenir khas Lombok. Menarik bukan ? Jadi, kalau kamu ke Lombok jangan lupa untuk memborong yah hehe.

1 thought on “10 Oleh Oleh Khas Lombok yang Wajib Kamu Bawa Pulang !

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini