Sahabatnesia - Mukjizat Sedekah

Inilah, 7 Mukjizat Sedekah yang Belum Kamu Ketahui

Mukjizat Sedekah Yusuf Mansur – Sedekah merupakan salah satu cara kita untuk bersyukur kepada Allah SWT. Karena apa yang kita miliki adalah pemberian-Nya. Jangan pernah kita menyombongkan diri dunia ini, sesungguhnya orang yang sombong tidak akan pernah bisa mencium baunya surga.

Perintah sedekah terdapat dalam Al-Qur’an, Allah berfirman :

“Tidak ada kebaikan pada kenbanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali dari bisikan-biskan orang yang menyuruh manusia memberi sedekah. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhoan Allah, maka kami akan memberinya pahala yang besar” (Q.S An-Nissa: 114)

Kita bersedekah tidak semata-mata memberikan harta yang kita miliki kepada orang yang membutuhkan, akan tetapi sedekah sendiri memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk diri kita sendiri.

Berikut adalah manfaat dari bersedekah :


1. Allah SWT Akan Melipat Gandakan Harta Orang yang Besedekah


Mukjizat Bersedekah Menambah Kekayaan
www.assalammadani.or.id

Mungkin secara logika, jika kita bersedekah harta kita akan berkurang. Tapi justru sebaliknya, harta kita malah akan bertambah. Kok bisa ? Jelas bisa, karena ini adalah janjinya Allah SWT.

Allah SWT tidak akan pernah mengingkari janjinya. Jadi, apakah kamu enggan untuk bersedekah ? Berapapun harta yang kamu miliki, maka sedekahkanlah selagi bisa.

Kebanyakan orang memiliki mindset yang salah, mau bersedekah tapi tunggu kaya. Kalau Allah SWT panggil sebelum kaya gimana ?

Dalam Al-Qur’an Allah berfirman :

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan 70 tangkai, pada setiap tangkainya terdapat 100 biji. Allah melipat gandakan bagi siapa saja yang Dia kehendakinya dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (Q.S Al-Baqarah: 261)


2. Sedekah Dapat Menghapuskan Dosa


Mukjiazat Sedekah Menghapus Dosa
pixabay.com

Perlu digaris bawahi, sedekah memang dapat menghapus dosa. Tapi bukan berarti boleh meninggalkan perintah Allah SWT yang lainnya. Selain itu harus disertai dengan taubat dan amalan yang baik.

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api” (HR. At-Tirmidzi)

Setiap manusia pasti memiliki dosa. Oleh karena itu kita harus senantiasa memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa yang pernah kita lakukan. Walaupun dosa kita sebanyak buih yang ada dilautan, jika kita bertaubat dengan ikhlas maka Insha Allah akan diampuni oleh Allah SWT.


3. Sedekah Merupakan Amalan Jariyah yang Tidak Akan Putus


Keutamaan dan Manfaat Sedekah
pixabay.com

Rasulullah SAW bersabda : “Jika manusia itu mati maka terputus semua amalannya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang sholeh yang mendoakannya.” (HR. Tirmidzi)

Dari hadist tersebut dapat kita ambil hikmah, bahwa jika kita bersedekah jariyah pahala yang kita dapat tidak akan putus walaupun kita sudah meninggal. Maka dari itu perbanyaklah bersedekah sebagai investasi akhirat kita nanti.

Apa masih mau menunda-nunda bersedekah ? Rugi banget loh hehe.


4. Sedekah Membuka Dapat Pintu Rezeki


Keutamaan Sedekah Membuka Pintu Rezeki
pixabay.com

Rasulullah SAW bersabda : “Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan disana ada dua malaikat turun, salah satunya berkata : “Ya Allah berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfaq. Sedangkan malaikat yang lainnya berkata : “Ya Allah berikanlah kehancuran kepada orang-orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Setiap rezeki yang kita dapat, jangan lupa untuk disedekahkan beberapa persen. Karena itu adalah haknya orang lain. Jika kita tidak memberikan hak itu, maka harta yang kita miliki tidak barokah.

Baca juga artikel : 4 Tingkatan Pintu Rezeki, Kamu Berada di Tingkat Berapa ?


5. Sedekah Dapat Menyembuhkan Penyakit


Keutamaan Sedekah Menyembuhkan Penyakit
www.medicalcannabis.net

Salah satu keutamaan sedekah adalah dapat menyembuhkan penyakit. Karena dengan bersedekah kita dapat membersihkan hati dan pikiran. Dan secara psikologis dapat pula membantu penyembuhan penyakit kita.

Kok bisa ? Karena itu adalah rahmat dari Allah SWT. Makanya kita harus tetap bersyukur minimal mengucapkan “Alhamdulillah” setelah melakukan sesuatu.

Rasulullah SAW bersabda : “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit dengan bersedekah dan siapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (HR. At-Thabrani)


6. Sedekah Dapat Memperpanjang Umur


Manfaat Bersedekah Memperpanjang Umur
getmewallpapers.blogspot.com

Dengan sedekah hidup kita terasa tentram dan bahagia. Bahagia bisa melihat orang lain senang dengan apa yang kita berikan. Semakin dekat dengan Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW pernah bersabda : “Sesungguhnya sedekah orang muslim dapat menambah umurnya, dapat menunda kematian yang su’ul khotimah (akhir yang jelek), Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran, dan sifat berbangga kepada diri sendiri.” (HR. At-Thabrani)

Umur tidak ada yang tau, jika kamu telah membaca keutamaan sedekah ini maka segeralah untuk bersedekah. Karena sedekah merupakan naungan kita di hari kiamat.

Rasulullah SAW bersabda : “Naungan bagi seorang muslim pada hari akhir adalah sedekahnya.” (HR. Akhmad)


7. Sedekah Dapat Menjauhkan Kita dari Api Neraka


Mukjizat Bersedekah
deltadailynews.com

Allah SWT berfirman : “Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa. Yaitu, orang-orang yang berinfaq, baik diwaktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Ali Imran : 133-134)

Jadi ayat itu sangatlah jelas, bahwa kita bersedekah tidak harus diwaktu lapang saja. Akan tetapi di waktu sempit pun kita juga harus bersedekah.

Sedekah mempunya banyak manfaat, akan tetapi jarang sekali yang mau bersedekah. Apa karena takut miskin ? sedekah tidak membuat kamu miskin malah sebaliknya.

Kebahagiaan yang sesungguhnya tidak dapat diukur dengan uang. Buat apa uang banyak akan tetapi keluarga berantakan, tidak pernah mendirikan sholat, pergaulan anak kacau karena kita terlalu sibuk dengan pekerjaan, hati pun tidak tentram.

Marilah kita bersama-sama saling mengingatkan dan saling berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Sampaikanlah walaupun cuman satu ayat.

Atau kamu bisa share artikel ini agar dapat bermanfaat untuk orang lain. Mari menebar bibit kebaikan untuk di panen diakhirat kelak.

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

 

1 thought on “Inilah, 7 Mukjizat Sedekah yang Belum Kamu Ketahui

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini