Sahabatnesia

7 Hal Penting Sebelum Kamu Memilih Jurusan Kuliah

Memilih Jurusan Kuliah – Masa perkuliahan merupakan proses pembelajaran tingkat lanjut dimana seseorang dapat menentukan langkahnya untuk masa depan mereka masing-masing. Di masa perkuliahan ini, kamu akan di fokuskan pada sebuah jurusan tertentu.

Jurusan yang kamu pilih bisa jadi adalah pintu kesuksesan kamu setelah lulus nanti. Tapi tidak sedikit mahasiswa yang bekerja tidak sesuai dengan jurusan yang mereka ambil pada saat kuliah.

Jadi intinya memilih jurusan ini penting, tapi jangan di jadikan faktor utama untuk bisa menjadi sukses. Karena jalan setiap orang itu berbeda. Berikut adalah tips bagaimana cara memilih jurusan kuliah : 


1. Kenali Kemampuan Diri Kamu


Sahabatnesia - Tips Memilih Jurusan Kuliah
www.fastcompany.com

Mengenali kemampuan diri sangat penting dalam menentukan masa depan. Khususnya untuk menentukan jurusan perkuliahan yang akan kamu pilih. Kamu harus mengetahui bagaimana caranya untuk mengenali kemampuan diri tersebut.

Cara mengenali kemampuan diri :

  • Aktifitas apa yang paling kamu cintai, maka disinilah kamu harus menggali potensi yang ada pada dirimu. Karena jika kamu menyukai sesuatu, maka dengan senang hati kamu akan menjalaninya.
  • Apa yang biasa dibutuhkan orang lain dari dirimu, karena orang lain menganggap kamu itu unggul di bidang tersebut. Simplenya, kamu sering dimintaiin tolong apa sama teman kamu ?

2. Daya Ketertarikan


Sahabatnesia - Memilih Jurusan Kuliah
pixabay.com

Daya ketertarikan adalah suatu hal yang dapat menyebabkan seseorang berusaha untuk mencari dan menggali informasi sebanyak-banyaknya dalam bidang tertentu. Jika kamu tertarik dengan suatu bidang, maka cobalah untuk fokus di bidang tersebut.

Mudahnya sih, ketika kamu tertarik kepada lawan jenis. Maka kamu akan melakukan segala cara untuk mendapatkannya hehe.


3. Melihat Sumber Daya Manusia yang di Butuhkan


Sahabatnesia - Cara Memilih Jurusan Kuliah
pixabay.com

Kamu wajib mencari tahu, jurusan kuliah apa yang paling banyak dibutuhkan pada zaman sekarang ini.  Selain itu, kita harus mengetahui  kualitas sumber daya manusia yang dibutuhkan sekarang ini.

Faktor yang mempengaruhi kualitas sumber daya manusia

  • Kepribadian, suatu proses yang menentukan tingkah laku yang sempurna baik jasmani maupun rohani.
  • Kreativitas, kemampuan seseorang untuk berinovasi dan mampu memanfaatkan kesempatan yang ada.
  • Produktivitas, mempengaruhi profesional dan etos kerja serta dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.
  • Spiritual, landasan dasar setiap manusia agar selalu meningkatkan rasa perduli kepada orang lain.

4. Memiliki Peluang Karier


Sahabatnesia - Cara Memilih Jurusan Kuliah
pixabay.com

Coba deh sesekali kamu survei, pekerjaan apa yang sekiranya dari masa ke masa akan tetap selalu ada. Ini sangat penting loh, jangan sampai kamu memilih bidang pekerjaan yang hanya memiliki jangka pendek.

Contohnya, pertambangan. Gaji boleh besar, akan tetapi jangkanya tidak panjang. Karena suatu saat hasil tambang bisa saja habis. Lantas setalah habis, gimana nasib pekerjaan kamu ?


5. Bermanfaat Untuk Orang Lain


Sahabatnesia - Mimilih Jurusan Kuliah
pixabay.com

Selain karier yang kamu bangun, minimal apa yang kamu kerjakan dapat bermanfaat untuk orang lain. Karena setiap apa yang kamu lakukan melibatkan orang lain.

Itu adalah salah satu rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga pekerjaan yang kita kerjakan dapat mendatangkan berkah.


6. Sharing dengan Alumni atau Senior


Sahabatnesia - Memilih Jurusan Kuliah
pixabay.com

Untuk lebih yakin apakah jurusan yang kamu pilih itu sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki, maka kamu perlu berkonsultasi dengan kakak alumni atau senior di sekolah kamu.

Khususnya alumni atau senior yang jurusannya sama dengan jurusan yang kamu pilih. Tanyalah apa kendala dan kesulitan di bidang tersebut. Jadi kamu memiliki bayangan kedepannya seperti apa.


7. Keuangan Keluarga


Sahabatnesia - Memilih Jurusan Kuliah
pixabay.com

Kamu juga harus mengetahui keuangan orang tua mu. Tidak baik memaksakan kehendak pribadi akan tetapi secara finansial orang tua mu belum menyanggupinya.

Tapi jangan berkecil hati, karena sekarang ini banyak program beasiswa yang ditawarkan. Tergantung kamu mau apa enggak hehe.

Baca juga artikel : 13 Perguruan Tinggi Kedinasan yang Menjamin Masa Depan Kamu

Dan yang terpenting, jangan pernah sia-siakan kesempatan yang kamu dapat. Karena kesempatan itu tidak datang untuk kedua kalinya. Bersungguh-sungguhlah dalam menuntut ilmu.

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

2 thoughts on “7 Hal Penting Sebelum Kamu Memilih Jurusan Kuliah

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini