7 Cara Mudah Kuliah Sambil Kerja yang Harus Kamu Ketahui

Kuliah Sambil Kerja
www.hipwee.com

Kuliah Sambil Kerja – Kuliah merupakan proses pendidikan yang mengarah pada suatu jurusan tertentu untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh seseorang. Dengan demikian, diharapkan mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersinergi dengan masyarakat.

Mungkin dari kita pernah berpikir, penting enggak sih kuliah itu ?

Secara logika kuliah itu penting banget. Kita bisa berinovasi dan berkreasi sebebas mungkin. Selain itu, tidak hanya teori yang kita pelajari melainkan praktek dan kerja lapangan juga sangat ditekankan.

Ini alasan kenapa kuliah itu sangat penting :

  • Mampu mandiri secara finansial,
  • Pendidikan yang tinggi memberikan peluang besar untuk berkarier,
  • Lebih mudah medapatkan pekerjaan yang di inginkan,
  • Memiliki wawasan yang luas,
  • Membentuk mental dan kepribadian,
  • Memiliki banyak teman sehingga bisa dijadikan relasi membangun bisnis,
  • Memiliki pengalaman.

Tapi perlu di garis bawahi, kuliah bukanlah satu-satunya jalan untuk kamu bisa meraih kesuksesan. Karena orang yang kuliah belum tentu mendapatkan pekerjaan yang layak. Dan belum tentu pula mendapatkan pasangan hidup yang ganteng ataupun cantik. Ini berdasarkan fakta ya hehe.

Kebanyakan problematika yang dihadapai mahasiswa sekarang ini adalah biaya kuliah dan kebutuhan hidup yang meningkat. Hal itu mendorong kebanyakan mahasiswa untuk mencari uang jajan sampingan.

Kuliah apa berkerja yah ? Atau kuliah sambil kerja ?

Buat kamu yang selalu makan nasi pake kerupuk di tanggal tua jangan khawatir deh. Kita akan membagi tips cara kuliah sambil bekerja yang asik.

Kuliah enggak ada kamu itu enggak asik ! Duh flashback mantan haha. Ayo disimak sambil minum secangkir kopi. Itupun kalau punya uang untuk beli kopi hehe.


1. Miliki Mental yang Kuat


Kuliah Sambil Kerja
www.networkworld.com

Mental merupakan hal dasar yang harus dibangun ketika kamu ingin mendapatkan uang jajan sampingan. Buang dah tuh jauh-jauh gengsi kamu, jangan sampai karena gengsi setiap tanggal tua kamu makan nasi sama kerupuk doang hehe.

Orang yang tidak memiliki mental, pasti 100% bakal kalah saing. Contohnya gini, kamu melakukan suatu kesalahan terus kamu dimarahin sama boss kamu. Karena mental mu kecil, pasti kamu enggak akan betah dan pada akhirnya mengundurkan diri dan bla bla bla haha.

Intinya semakin kamu dihadapi suatu masalah, kamu semakin kuat dan semakin kokoh. Tidak menghindari masalah tersebut melainkan memberikan solusi terbaik untuk masalah tersebut. Jadi membangun mental sangat penting, terutama membangun mental bisnis.

Cara Bagaimana Melatih Mental Kamu :

  • Selalu berpikir positif, pikiran merupakan hal penting yang mampu mempengaruhi kinerja organ tubuh yang lain. Contohnya gini, ketika kamu berpikir takut gagal maka 80% kamu akan gagal. Sebaliknya, jika kamu berpikir sukses dan pasti bisa maka 80% kamu akan sukses. Ini fakta loh bukan bohongan, bohongkan dosa hehe.
  • Berbagi kepada orang lain, ini adalah cara untuk melatih alam bawah sadarmu dan merupakan cara untuk bersyukur kepada Tuhan. Karena kesuksesan seseorang tidak bisa diukur dengan seberapa banyak hartanya, akan tetapi diukur dari seberapa banyak kamu berbagi. Super sekali! Mana tepuk tangannya ? haha.

2. Harus Bisa Membagi Waktu


Kuliah Sambil Kerja
wallpaperscraft.com

Wah, kalau yang ini hukumnya wajib nih. Membagi waktu ini sangat penting banget buat kalian yang kuliah sambil bekerja. Jangan sampai tujuan utama kamu, yaitu kuliah malah kamu kesampingkan karena asik bekerja. Mending kalau gitu kerja full aja sekalian, biar dompet makin tebal hehe.

Pokoknya apapun yang terjadi tetap utama kan kuliah kamu. Karena kuliah itu sangat penting jika kamu ingin membangun karier. Jangan sampai akhirnya kamu menyesal. Karena penyesalan memang selalu datang terakhir dan sakitnya itu udah kaya diputusin pacar haha. Kalau jomblo gimana ? nah itu urusan Tuhan hehe.

Cara Agar Kamu Bisa Membagi Waktu :

  • Manfaatin waktu belajar sebagik mungkin, jadi intinya maksimalkan waktu jam kuliah kamu untuk belajar. Hindari nongkrong bareng teman yang sifatnya membuang-buang waktu.
  • Buat planning kegiatan, menulis planning ini sangat penting. Karena jika kamu tidak membuat planning dengan baik, bisa jadi ada agenda yang terlupakan. Khususnya agenda-agenda kapan kamu harus mengerjakan tugas.

3. Prioritaskan yang Lebih Penting


Kuliah Sambil Bekerja
www.membosankan.com

Tujuan kamu memprioritaskan sesuatu adalah untuk membantu kamu mencapai hasil maksimal dengan upaya yang sesuai. Tugas kuliah atau tugas pekerjaan yah ?

Makanya perlu dibuat yang namanya planning kegiatan tadi. Istilahnya dilarang menunda-nunda pekerjaan.

Kesalahan fatal dalam Memprioritaskan Sesuatu :

  • Tidak menentukan target, saya harus selesai mengerjakan tugas kuliah nanti malam. Maka apapun yang terjadi tugas itu harus selesai malam hari. Kalau tidak, hukum dirimu sendiri ! Sesekali keras sama diri sendiri enggak masalah haha.
  • Gagal menghadapai gangguan, diajakin temen nongkrong malah iya-iya aja. Padahal tugas kuliah udah harus dikumpul dan besok ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Yang begini ini nih penyakit mahasiswa, dengan alasan setia kawan haha.
  • Menunda pekerja, nanti malam aja ah ngerjain tugasnya masih mager nih. Ternyata nanti malam listriknya mati, dan tugas udah harus dikumpul besok. Salah siapa coba kalau seperti ini ? jangan salahkan mantan, mantan enggak tau apa-apa hehe.

4. Mencari Pekerjaan yang Freelance


Kuliah Sambil Bekerja
www.truelancer.com

Enggak usah kebanyakan alasan untuk tidak bisa membagi waktu kuliah dan bekerja. Sekarang udah banyak yang namanya pekerjaan freelance (part time). Selain tidak menggangu waktu kuliah, pekerjaan ini cukuplah untuk membaut dompet kamu keisi hehe.

Pekerjaan Part Time yang Bisa dilakukan Mahasiswa :

  • Bisnis Kursus Private
    Bisnis kursus private adalah bisnis yang tidak memerlukan modal. Kamu hanya cukup memiliki keterampilan dan keahlian khusus. Misalnya, kamu mahasiswa Sastra Inggris maka kamu bisa membuka kursus belajar bahasa Inggris.
  • Bisnis Jasa Penulisan
    Bisnis ini hanya membutuhkan modal laptop atau komputer. Peluang bisnis ini cukup banyak peminatnya khususnya dari kalangan blogger.
  • Bisnis Jasa Design Grafis
    Bisnis jasa design grafis adalah bisnis yang tidak memerlukan modal banyak. Kamu cukup memiliki keahlian mendesign dan coba pasarkan hasil karyamu ke social media atau website terntentu.
  • Bisnis Toko Online
    Bagi kamu yang tidak memiliki keahlian enggak perlu khawatir, sekarang udah banyak market place yang bisa kamu pakai untuk berjualan secara online. Asal kamu fokus, bisnis ini sangat menjanjikan sekali untuk bisa menebalkan dompet kamu yang tipis itu hehe.

Baca juga artikel : 6 Cara Mengembangkan Hobi Kamu Menjadi Ladang Uang


5. Kerja Cerdas


Kuliah Sambil Kerja
rayedwards.com

Selain kamu di wajibkan kan untuk bekerja keras, kamu juga harus bekerja cerdas. Kerja dibawah tekanan memang dapat membuat kamu gampang stress dan panik.

Perlu konsentrasi yang lebih untuk bekerja lebih efektif. Menyeimbangkan kualitas dan lamanya waktu bekerja memang tidak mudah. Lantas bagaimana caranya bekerja cerdas ini ?

Cara Kerja Cerdas yang Dapat Kamu Lakukan :

  • Perencanaan, tulis apa saja yang mau kamu lakukan. Maka kamu akan tahu kegiatan apa yang lebih penting dan dapat kamu prioritaskan.
  • Senangi pekerjaan kamu, karena setiap pekerjaan yang dilakukan dengan kesenangan hati, maka pekerjaan tersebut akan cepat selesai dan mudah untuk dilakukan.
  • Jangan terlalu banyak mengeluh, pada dasarnya kita manusia adalah makhluk yang suka mengeluh. Boleh sedikit mengeluh asalkan jangan sedikir-sedikit mengeluh hehe. Ini akan mempengaruhi kinerja kamu dalam bekerja. Serus enggak bohong hehe.

Baca juga artikel : Luar Biasa! Pengalaman Pribadi Orang Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Kaya


6. Menjaga Kesehatan


Kuliah Sambil Kerja
bestwallpapers.club

Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Karena ketika kamu sakit, maka setiap aktifitas yang kamu lakukan tidak akan maksimal. Pola hidup sehat yang baik dan benar adalah obat yang paling mahal dan ampuh untuk mencegah kamu dari berbagai macam penyakit.

Berikut Adalah Tips Menjaga Kesehatan Ala Mahasiwa :

  • Berpikir positif, di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang hehe.
  • Istirahat yang cukup, biasanya sih setelah melakukan kegiatan yang ekstra cape tanpa disuruh tidur pun, kamu akan tidur dengan sendirinya haha.
  • Perbanyak minum air putih, selain hemat air putih memiliki banyak manfaat yang berguna untuk metabolisme tubuh. Jadi ibaratnya tanpa air kamu tidak akan bisa hidup.
  • Olahraga setiap weekend, sekalian cuci mata sedikit enggap apa-apa kali hehe.
  • Konsumsi makanan yang sehat, makanan yang sehat tidak perlu makanan yang mahal. Masa untuk kesehatan diri sendiri pelit banget sih. Kan kasian perutnya diisi nasi sama kerupuk terus hehe.

7. Komitmen dan Fokus


Kuliah Sambil Kerja
www.wall-pix.net

Mungkin agak sedikit sulit untuk mendorong diri sendiri untuk mempertahankan komitmen yang sudah dibuat. Kurangnya motivasi biasanya menjadi salah satu penyebabnya.

Coba berdialog dengan sendiri dan katakan “Aku Pasti Bisa”. Ketika kamu menemukan tujuan untuk dirimu sendiri, maka kamu harus temukan motivasi untuk melaksanakan komitmen tersebut bagaimanapun caranya.

Selain itu, kamu tetap harus fokus pada apa yang kamu tergetkan tersebut. Abaikan saja gangguan-gangguan yang datang untuk meruntuhkan komitmen mu tersebut.

Kuliah sambil kerja ? Oke Siapa takut !

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Silahkan di Share agar orang lain dapat membacanya 🙂

2 pemikiran pada “7 Cara Mudah Kuliah Sambil Kerja yang Harus Kamu Ketahui

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini