Sahabatnesia - Ikan Terlangka

10 Ikan Terlangka di Dunia yang Terancam Punah

Ikan Terlangka di Dunia – Inilah 10 ikan terlangka di dunia yang wajib kamu lihat. Ternyata sebagian dari ikan ini termasuk ikan terbesar dan termahal di dunia.


1. Halibut


 

Ikan Terlangka Halibut
hitra.ucoz.com

Ikan halibut merupakan ikan yang mempunyai bentuk tubuh pipih. Ikan halibut ini banyak ditemukan di bagian utara Samudra Atlantik dan Samudra Pacifik.

Ikan halibut merupakan jenis ikan yang tergolong ikan besar. Ukuran ikan halibut dapat mencapai ukuran 2 meter dan bobot 200 kg.

Ikan halibut mempunyai kandungan nutrisi yang cukup banyak, diantaranya adalah vitamin A dan vitamin D. Hal ini yang menyebabkan perburuan ikan ini meningkat dan terdaftar sebagai spesies yang terancam punah.


2. Sturgeon


Ikan Terlangka Sturgeon
www.prestigesportfishing.com

Ikan sturgeon merupakan jenis ikan yang mempunyai tubuh bertulang tertua yang masih hidup sampai sekarang. Ikan sturgeon hidup di danau, sungai, dan pantai di daerah subtropis.

Ikan sturgeon memiliki tubuh yang panjang dan memiliki jumlah sisik yang sangat sedikit. Ukuran ikan sturgeon dapat mencapai 2 – 5,5 m.

Beberapa jenis ikan sturgeon dipanen untuk diambil telurnya, yang digunakan sebagai makanan mewah yang sangat berharga jika dijadikan subjek penangkaran ikan.

Karena pertumbuhan ikan ini sangat lambat dalam berkembang, ikan ini sangat rentan terhadap eksploitasi yang menyebabkan ikan sturgeon terdaftar sebagai spesies ikan yang terancam punah.


3. Redfish Acadian


Ikan Terlangka Redfish Acadian
www.fishmountstore.com

Redfish acadian merupakan ikan yang hidup di laut dalam. Ikan redfish acadian ditemukan di Samudera Atlantik dan hidup di kedalaman antara 70 – 500 m.

Ikan redfish acadian mempunyai warna oranye kemerah-merahan dan bisa hidup sampai 50 tahun atau lebih. Ikan ini memakan berbagai moluska, krustasea, dan ikan-ikan kecil.

Pertumbuhan yang sangat lambat dalam berkembangbiak menyebabkan spesies ikan ini terancam punah. Selain itu, ikan ini kerap menjadi mangsa ikan-ikan besar lainnya.


4. Tuna Sirip Biru Atlantik


Ikan Terlangka Tuna Sirip Biru
allyouneedisbiology.wordpress.com

Tuna sirip biru merupakan spesies ikan tuna yang beratnya bisa mencapai 500 kg. Ikan tuna sirip biru merupakan jenis ikan tuna yang habitat aslinya adalah di Samudra Atlantik Barat dan Timur.

Ikan tuna sirip biru merupakan jenis ikan yang memiliki harga jual yang sangat tinggi. Harga jual yang sangat tinggi ini menyebabkan ikan tuna sirip biru di eksploitasi secara besar-besaran. Aktifitas seperti ini mengancam populasi ikan tuna sirip biru di habitat aslinya.


5. Maltase Ray


Ikan Terlangka Maltese Ray
renotonna.yolasite.com

Ikan maltase ray merupakan ikan yang hidup di Laut Mediterania di perairan pantai Tunisia, Malta, Italia, dan Aljazair. Ikan Maltase Ray merupakan spesies ikan yang terancam punah.

Faktor utama yang menyebabkan ikan ini terancam punah adalah karena aktifitas manusia, seperti penangkapan ikan menggunakan jaring. Selain itu, penurunan populasi ikan ini direspon lambat oleh pemerintah daerah. Sehingga menjadikan ikan maltase ray terdaftar sebagai hewan yang terancam punah.


6. Goliath Grouper


Ikan Terlangka Goliath Grouper
www.youtube.com

Ikan goliath grouper merupakan ikan air asin yang berasal dari spesies ikan kerapu. Habitat asli ikan ini berada di perairan tropis dangkal meliputi Bahama, Karibiam Brazil, dan Florida.

Ukuran ikan goliath grouper bisa mencapai 2,5 m dan bobot tubuh 360 kg. Ikan ini berstatus terancam punah karena perburuan besar-besaran oleh manusia. Daging ikan ini sangatlah enak dan empuk serta memiliki harga jual yang sangat tinggi.


7. Belut Eropa


Ikan Terlangka Belut Eropa
liputanislam.com

Belut Eropa merupakan spesies belut yang sejarah hidupnya menjadi misteri berabad-abad. Tidak seperti ikan pada umumnya, belut memulai siklus hidupnya di laut dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di air tawar.

Belut Eropa kembali ke laut untuk bertelur dan kemudian mati. Spesies ini terancam punah akibat parasit, hambatan migrasi, dan faktor perubahan alam.

Selain itu, pengembangbiakan belut eropa sangat sulit. Karena pada umumnya belut ini hanya mampu memproduksi setelah berenang dengan jarak 6.500 km.


8. Bocaccio Rockfish


Ikan Terlangka Boccaccio Rockfish
en.wikipedia.org

Bocaccio rockfish merupakan salah satu ikan yang terancam punah. Ikan ini dapat ditemukan di California. Bocaccio rockfish hidup di berbagai kedalaman, tapi kebanyak hidup pada kedalaman 150 – 1.000 kaki.

Bocaccio Rockfish merupakan salah satu rockfish terbesar dan dapat tumbuh hingga 3 kaki. Ikan ini juga mampu bertahan hidup sampai 45 tahun.

Ikan ini terancam punah diakibatkan oleh penangkapan yang berlebihan yang dilakukan oleh komersial perikanan.


9. Winter Skate


Ikan Terlangka winter-skate
www.marinebiodiversity.ca

Winter skate mempunyai tubuh tipis dan ekor yang ramping. Winter skate adalah salah satu spesies yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan skate kanada.

Winter skate hidup diatas pasir atau kerikil dan biasanya berada dikedalaman 111 m. Ikan jenis ini terancam punah karena eksploitasi berlebihan yang dilakukan oleh komersial perikanan.


10. Orange Roughy


Ikan Terlangka Orange Roughy
orangeroughyinfo.tumblr.com

Ikan orange roughy merupakan salah satu ikan yang terancam punah. Hal ini disebabkan karena eksploitasi yang berlebihan yang dilakukan oleh manusia.

Selain itu, pertumbuhan ikan ini juga sangat lambat. Sangat rentan terkena overfishing, yang menyebabkan populasi ikan ini menurun.

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini