Cara Menggambar Grafiti

57 Gambar Grafiti Tulisan Nama yang Super Keren, Inilah Tips Jitu Membuatnya !

Gambar Grafiti – Hallo sahabatnesia, siapa sih enggak kenal grafiti? grafiti sendiri merupakan sebuah seni rupa yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kalimat-kalimat tertentu di atas dinding.

Pada awalnya grafiti ini dijadikan sebagai pelampiasan masyarakat atas ketidak puasan mereka atau sebagai sarana untuk mengkritik pemerintah yang dinilai tidak mampu membangun pemerintahan dengan baik.

Seiring dengan perkembangan zaman, grafiti juga termasuk dalam karya seni. Sebab pada dasarnya grafiti lebih mengedepankan keindahan dalam proses pembuatannya dan lebih kepada mendokarasi huruf.

Lalu apa perbedaannya dengan tipografi ? Perbedaannya adalah terletak pada gaya dekorasi yang ditonjolkan. Jika tipografi lebih mengandalkan dekorasi tulisan tetapi tetap bisa dibaca, maka grafiti kebalikannya.

Pada grafiti , semakin sulit terbaca secara langsung maka grafiti tersebut akan semakin bagus. Membuat grafiti merupakan tentang bagaimana mencurahkan isi hati dan pendapat melalui sebuah tulisan yang di dekorasi.

Makanya tidak jarang grafiti lebih berisi kepada kritikkan, pelampiasan hati, bahkan sindiran yang ditujukan kepada pemerintah atau penguasa. Akan tetapi, terkadang cara penyampaiannya melalui media yang keliru.

Sehingga yang tadinya seni berubah menjadi perusakan atau vandalisme. Jadi sebaiknya jika kamu ingin membuat grafiti , maka lebih di tonjolkan lah nilai seninya dan tebarkan kesan positif melalui grafiti yang kamu buat. Karena akan jauh lebih bermanfaat untuk orang yang melihat grafiti kamu tersebut.

Jika kamu tertarik untuk belajar grafiti , maka setidaknya ada beberapa cara membuat grafiti yang bisa kamu gunakan. Berikut ini adalah penjelasannya.

Baca juga artikel : Cara Mudah Membuat Mading 3D untuk Anak SD !


1. Cara Menggambar Grafiti Nama Secara Manual


Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggambar grafiti secara original. Mengapa demikian ? Sebab cara ini merupakan cara yang paling dasar dalam proses pembuatan grafiti.

Dimana ide dan konsep tersebut dapat dituangkan pada media seperti kertas, tembok ataupun pada kain dengan menggunakan pilox, cat, tangan, dan sebagainya. Sehingga tingkat kemahiran dan kemampuan senimannya bisa terlihat disini.

Langkah Langkah Menggambar Grafiti Nama

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buatlah huruf menggunakan garis tipis sesuai dengan ide dan konsep yang ingin kamu tuangkan. Usahakan untuk memberikan bentuk yang unik pada setiap huruf yang kamu buat.
  2. Kemudian pilih dan tentukan arah pencahayaannya, dimana cahaya datang dan jatuh pada tulisan grafiti yang kamu buat tersebut. Setelah itu tambahkan bayangan yang sesuai dengan arah cahaya tersebut. Perlu kamu ingat, arah cahaya harus sama semua antara huruf yang satu dengan yang lainnya dan tidak boleh berbeda-beda karena dapat mengurangi nilai estetika grafiti yang kamu buat.
  3. Langkah selanjutnya adalah tebalkan garis tepi pada karakter huruf dan berikan warna pada bagian dalam setiap huruf yang kamu buat. Warnanya bebas saja, sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Jika ingin terlihat bagus, sebaiknya menggunakan warna yang mencolok agar mudah mendapat perhatian orang.
  4. Beri warna gelap pada bagian dalam bayangan agar grafiti lebih terlihat hidup dengan efek 3 dimensi atau 3D.
  5. Terakhir, tambahkan aksen khusus dan detail pada grafiti yang kamu buat. Tujuannya agar grafiti yang kamu buat semakin hidup dan memiliki nilai estetika yang lebih joss lagi.


2. Cara Menggambar Grafiti Menggunakan Aplikasi


Jika tadi menggunakan cara original atau manual yang bisa dibilang cukup melelahkan, kali ini kita menggunakan aplikasi untuk membuat grafiti. Kamu akan jauh lebih mudah dalam membuat grafiti. 

Cara seperti sangat cocok bagi kamu yang ingin membuat grafiti yang dijadikan sebagai desain kaos, print, ataupun grafis untuk dekorasi. Kalau soal keotentikannya bisa dibilang 50:50. Tergantung seberapa jauh modifikasi yang kamu lakukan pada saat membuat grafiti nantinya.

Langkah Langkah Menggambar Grafiti Menggunakan Aplikasi

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buka terlebih dahulu aplikasi grafis yang kamu sukai atau yang biasa kamu gunakan. Seperti photoshop, coreldraw, atau ilustrator. Selanjutnya buatlah lembar baru dengan ukuran yang kamu sukai dan pastikan backgroundnya berwarna putih.
  2. Selanjutnya, download font grafiti yang kamu sukai. Kamu bisa download font gratis di internet. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mendownload font secara gratis adalah dafont.
  3. Kemudian pilihlah font yang menurutmu sesuai dengan ide dan konsep yang kamu miliki. Download font tersebut lalu di install di komputer atau laptopmu.
  4. Selanjutnya masuk ke aplikasi pengolah grafis yang kamu buka tadi. Ketikkan tulisan yang ingin kamu buat sebagai grafiti. Lalu pilih font yang sudah kamu download tadi.
  5. Tentukan arah cahaya dan letak bayangan pada grafiti yang akan kamu buat. Selanjutnya copy dan paste tulisan grafiti tadi. Kemudian geser dengan menggunakan kursor ke tempat dimana datangnya cahaya.
  6. Selanjutnya beri warna cerah pada bagian tulisan yang berada di arah datangnya cahaya dan warna gelap di tempat jatuhnya bayangan.
  7. Langkah selanjutnya, tebalkan garis tepi yang berada pada bagian tulisan yang berwarna cerah. Setelah itu tebalkan juga garis tepi yang berada pada tulisan yang berfungsi sebagai bayangannya.
  8. Langkah terakhir, tambahkan detail dan juga aksen lanjutan pada grafiti yang kamu buat. Mainkan imajinasi dan kreatifitas kamu agar grafiti yang kamu buat terlihat hidup dan lebih elegan.

3. Cara Membuat Grafiti Online


Khusus untuk kamu yang tidak mau ribet dan lebih suka dengan yang instan, maka cara membuat grafiti yang ke tiga ini sangat cocok untuk kamu. Ya, dengan menggunakan layanan penyedia jasa pembuatan grafiti online, kamu bisa membuat grafiti dengan sangat mudah dan yang pasti sesuai dengan konsep yang kamu inginkan.

Syaratnya kamu harus terhubungan dengan internet dan mengakses penyedia jasa grafiti online tersebut. Namun seperti yang kita ketahui, generator grafiti pastinya menawarkan variasi grafiti yang sangat terbatas. Jadi itulah salah satu kelemahan jika kamu melakukan cara yang ketiga ini.

Langkah Langkah Membuat Grafiti Online

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buka laptop atau komputer mu. Selanjutnya browsing jasa grafiti online pada search engine google. Kalau saran dari kita silahkan buka postergen, flamingtext, atau graffiticreator. Pilih saja salah satu dari itu.
  2. Kemudian pilih style atau font yang kamu sukai. Ketikkan tulisan grafiti yang ingin kamu buat pada kolom input text.
  3. Setelah itu, berikan efek dan warna sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Pastikan cocok dan terkesan natural. 
  4. Selanjutnya jika sudah pas, maka grafiti bisa kamu download sebagai file gambar atau sebagai file mentahnya.
  5. Sekarang kamu sudah selesai membuat grafiti yang instan tanpa ribet dan menguras tenaga serta pikiran.

Sebagai catatan saja, grafiti adalah sebuah seni, dan setiap seni pasti memiliki nilai estetika, nilai tambah, dan keotentikannya. Sehingga masing-masing cara diatas mempunyai porsi sendiri-sendiri. Baik itu secara estetika, ketentikan, ataupun nilai tambahnya.

Jadi silahkan tentukan sendiri cara mana yang cocok untuk kamu gunakan. Perkara hasilnya, semuanya sudah jelas, cara terbaik dan terunggul adalah cara yang pertama, yaitu dengan cara menggambar grafiti secara manual.


Gambar Grafiti Keren


Gambar Grafiti
Gambar Grafiti Keren

Gambar diatas merupakan salah satu dari gambar grafiti yang keren. Membuat grafiti itu bisa dimana saja asalkan tidak mengganggu lingkungan disekitar.

Grafiti Huruf
Gambar Grafiti Keren

Gambar grafiti diatas keren banget yah ? Gambarnya seperti hidup gitu. Kira-kira buatnya susah enggak yah ? Yang pasti jika kamu ingin mahir dalam membuat grafiti, kamu harus banyak memiliki jam terbang. Jadi harus banyak berlatih untuk dapat mengembangkan skill yang kamu miliki. 

Foto Grafiti
Gambar Grafiti Keren

Gambar diatas merupakan salah satu gambar grafiti abstrak. Wajah seorang wanita yang dikombinasikan dengan gambar abstrak lainnya. Terlihat elegan karena perpaduannya sangat cocok dan pas. Perlu skill tingkat tinggi untuk membuat grafiti seperti ini.


Gambar Graffiti Abstrak


Huruf Grafiti
Gambar Grafiti

Gambar diatas merupakan salah satu gambar grafiti yang abstrak. Dalam gambar grafiti tersebut terlihat dua burung gagak dan satu telapak tangan yang mana ditengahnya terdapat lubang untuk sebuah kunci. Keren banget yah ?

Cara Menggambar Grafiti
Gambar Grafiti
Tulisan Grafiti Nama Sendiri
Gambar Grafiti

Keren banget nih gambar grafiti yang satu ini. Coba kamu perhatikan gambar diatas. Gambar wajah wanita yang dibuat abstrak dengan tumpukan tulisan grafiti yang lainnya. Wah siapa yang pingin foto disitu ? hehe 🙂


Gambar Grafiti Nama yang Mudah di Gambar


Membuat Grafiti
Gambar Grafiti Nama

Gambar grafiti diatas sangat cocok bagi kamu yang mempunyai komunitas atau sebuah perkumpulan nongkrong gitu. Kamu bisa membuat nama komunitas kamu di sebuah tembok. Yang apsti buatnya tidak sembarangan, agar nantinya hasilnya akan terlihat lebih bagus. Pasti keren dong hehe 🙂

Huruf Grafiti
Gambar Grafiti Nama
Gambar Grafiti Keren
Gambar Grafiti Nama

Selain nama komunitas, kamu juga bisa membuat grafiti nama kamu atau nama pasangan kamu di tembok. Yang pastinya temboknya bukan tembok tetangga yah. Pastinya keren dong jika nama kamu dibuat grafiti ? Sebelum kamu mencobanya ditembok, sebaiknya kamu mencobanya disebuah kertas. Ibaratnya belajar dulu atau menentukan desain terlebih dahulu. Biar hasilnya akan lebih memuaskan.


Gambar Grafiti Kartun Sederhana


Gambar Grafiti 3D
Gambar Grafiti Kartun

Kalau gambar diatas ini adalah gambar grafiti nama yang dikombinasikan dengan gambar grafiti kartun. Jadinya lebih terlihat keren dan elegan yah. Kamu bisa tuh mencobanya dirumah, asalkan enggak dimarahin orang aja deh pokoknya hehe 🙂


Gambar Grafiti di Tembok


Gambar Graffiti di Kertas
Gambar Grafiti Tembok
Gambar Graffiti 3 Dimensi
Gambar Grafiti Tembok

Diatas merupakan salah satu contoh gambar grafiti tulisan atau gambar grafiti nama yang dibuat di sebuah tembok. Mungkin gambar tersebut bisa kamu jadikan sebagai salah satu referensi untuk dapat menggambar grafiti sendiri dirumah.

Grafiti Nama
Gambar Grafiti Tembok

Gambar Grafiti Tulisan Simple


Grafiti Huruf
Gambar Grafiti Tulisan
Gambar Grafiti Hitam Putih
Gambar Grafiti Tulisan

Gambar diatas merupakan salah satu gambar grafiti tulisan yang desainnya terlihat lebih elegan. Kamu bisa jadikan gambar tersebut sebagai referensi untuk bisa membuat gambar grafiti sendiri di rumah.


Gambar Grafiti 3 Dimensi


Grafiti Tulisan
Gambar Grafiti 3 Dimensi

Gambar grafiti diatas biasanya sering kita temukan di kota-kota besar di Indonesia, salah satunya adalah kota Yogyakarta. Seniman grafiti di kota Jogjakarta sangat mahir sekali membuat grafiti di tembok-tembok umum. Jadi seakan-akan tidak merusak pemandangan, justru malah sebaliknya. Terlihat rapih dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

Grafiti Monster
Gambar Grafiti 3 Dimensi

Gambar Graffiti 3D 


Contoh Grafiti Huruf
Gambar Grafiti Tulisan

Nah kalau yang seperti gambar diatas ini sangat sulit sekali yah tingkat pembuatannya. Gambarnya terlihat seperti asli dan nyata. Karena seniman-seniman grafiti memainkannya dengan teknik 3d dan itu tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Butuh jam terbang khusus untuk bisa di tingkatan tersebut.


Gambar Grafiti Huruf dari A – Z


Contoh Huruf Grafiti
Gambar Grafiti Huruf

Jika kamu ingin membuat sebuah grafiti nama atau grafiti tulisan dan bingung harus menggunakan font seperti apa, maka gambar diatas adalah solusi yang tepat. Karena jika kamu masih pemula, kamu akan lebih mudah membuat grafiti nama atau grafiti tulisan dengan font tersebut.


Gambar Grafiti Abjad yang Mudah Dibuat


Grafiti
Gambar Grafiti Huruf

Ini juga merupakan salah satu referensi untuk menentukan abjad seperti apa yang akan kamu buat dalam menggambar grafiti.

Grafiti Simple di Kertas

Grafiti Angka Keren

Graffiti Karakter yang Mudah Ditiru

Graffiti Doodle Simple

Graffiti Minion Lucu dan Unik

Foto Grafiti Cinta

Foto Grafiti Tengkorak

Itulah penjelasan singkat mengenai cara menggambar grafiti beserta gambarnya. Mulai dari gambar grafiti nama, gambar grafiti tulisan, gambar grafiti huruf. Semoga dapat menambah wawasan kamu 🙂

Gambar Grafiti

1 thought on “57 Gambar Grafiti Tulisan Nama yang Super Keren, Inilah Tips Jitu Membuatnya !

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini