Gambar Poster Lingkungan

Contoh Desain Poster Lingkungan yang Menarik, Elegan, dan Keren

Contoh Poster Lingkungan – Hallo sahabatnesia, siapa nih yang udah pernah membuat poster atau slogan ? Dulu waktu disekolah paling sering tuh disuruh buat slogan dan poster tentang lingkungan. Lantas apasih tujuan dari dibuatnya poster dan slogan ini ?

Dalam artikel ini kita akan coba mengulas lebih dalam mengenai poster dan slogan. Mulai dari pengertian poster, ciri-ciri poster, cara membuat poster dan beberapa referensi contoh poster lingkungan hidup beserta slogannya.

Membangun kesadaran mengenai permasalahan lingkungan di masyarakat memanglah sangat penting. Terutama jika kebersihan ditekankan kepada generasi muda sedini mungkin. Nah salah satu cara untuk memperkenalkan anak dengan lingkungan adalah dengan membuat poster dan slogan yang lucu dan membuat anak tertarik dengan lingkungan.

Kesamaan antara slogan dan poster ini terletak pada jenis kalimatnya, yaitu menggunakan kalimat persuasif. Kalimat persuasif sendiri adalah kalimat yang sifatnya mengajak. Nah untuk lebih jelasnya, langsung saja kita masuk ke topik pembahasan yang lebih lengkap. Berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian Poster

Gambar Poster Lingkungan
500px.com

Poster merupakan sebuah media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun bisa dikombinasikan antara keduanya (tulisan dan gambar). Poster mempunyai tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak umum. Poster ini biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang sering kali dilewati orang alias tempat strategis. Misalnya di sekolah, kantor, pasar, dan tempat umum lainnya. Informasi dalam poster ini sifatnya mengajak masyarakat dalam hal-hal tertentu.

Menurut wikipedia, poster adalah sebuah karya seni grafis yang dibuat dengan menggunakan perpaduan antara huruf dan angka diatas kertas yang berukuran lebih besar dari kertas pada umumnya. Poster pada umumnya ditempel pada dinding atau permukaan yang relatif datar.

Ciri Ciri Poster 

Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri-ciri umum pada poster :

  • Desain grafis pada poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar yang berada pada media kertas atau kain yang berukuran besar.
  • Cara mengaplikasikannya bisa dengan cara ditempel di dinding, di tempat umum, atau di tempat-tempat yang strategis yang dapat dilihat oleh banyak orang.
  • Poster pada umumnya dibuat dengan kombinasi antara warna yang kuat dan kontras.
  • Poster menggunakan bahasa yang singkat, jelas, dan mudah dipahami.
  • Pesan yang akan disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar agar terlihat lebih menarik.

Cara Membuat Poster

Cara Membuat Poster
500px.com

Dalam artikel ini saya akan coba berbagi tentang bagaimana caranya membuat poster yang baik dan menarik. Disini saya lebih menjelaskan tentang bagaimana langkah-langkah konseptual dari pembuatan poster itu sendiri.

1. Menentukan Topik dan Tujuan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan apa yang akan dibahas dalam poster tersebut, apakah mengulas produk kecantikan, kegiatan sosial, event, ataupun tentang politik.

Setelah menentukan topik yang akan dibahas, langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan dari pembuatan poster tersebut. Apakah poster digunakan untuk promosi ? atau hanya sekedar sosialisasi saja. Tentunya hal ini akan lebih membutuhkan riset serius dalam pemilihan gambar, kata-kata, dan peletakan yang strategis khususnya untuk poster yang sifatnya promosi.

2. Menggunakan Kalimat yang Singkat dan Bersifat Persuasif

Pada umumnya poster hanya dibaca sekilas oleh pengunjung. Sedikit sekali pejalan kaku atau pengendara yang berlama-lama untuk membaca poster apalagi di tempat yang ramai pengunjung.

Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan kalimat yang sifatnya persuasif atau mengajak. Selain itu buatlah kalimat yang singkat sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat poster akan tersampaikan dengan baik kepada pengunjung.

Akan tetapi, jangan sampai kata-kata yang kamu buat malah ambigu dan membuat para pembacanya menjadi kebingungan. Buatlah kalimat yang jelas dan mampu mensugesti orang untuk membeli atau melakukan sesuatu yang terdapat dalam poster tersebut.

3. Menggunakan Gambar

Gambar merupakan salah satu alat penyampaian pesan yang paling menarik. Hal inilah mengapa berbagai poster dan iklan saat ini menggunakan gambar dengan proporsi jauh lebih ebsar dibandingkan dengan tulisan.

4. Gunakan Media yang Tepat

Media atau tempat ditempelnya poster sangat berpengaruh sekali, apakah poster yang kita buat banyak yang melihat atau tidak tergantung dari kita meletakkannya dimana. Jika kamu menempelkan poster di dinding-dinding yang ada di pasang, kemungkinan poster tersebut akan jauh lebih laris ketimbang jika ditempel pada dinding-dinding perkampungan atau pedesaan.

Nah itulah beberapa tips tentang bagaimana cara membuat poster yang baik dan menarik. Oh iya, untuk pemilihan gambar sebaiknya menggunakan warna yang cerah dan menonjol. Hal ini dapat menarik perhatian pengunjung untuk membaca poster yang telah kamu buat.

Berikutnya kita akan memberikan beberapa referensi mengenai contoh poster lingkungan dan contoh slogan lingkungan. Semoga bisa kamu jadikan referensi untuk membuat poster yang menarik tentunya.

Contoh Poster Lingkungan Hidup

Poster Lingkungan Hidup
500px.com

Gambar diatas merupakan salah satu contoh poster lingkungan. Yakni berkaitan dengan global warming. Oleh karena itu kita sebagai generasi muda harus mencintai lingkungan salah caranya dengan merawat tanaman atau pepohonan yang ada disekitar kita.

Contoh Poster
500px.com

Gambar poster lingkungan diatas mengajarkan kita untuk selalu mencintai bumi dengan cara mengurangi pemakaian kantung plastik, memilah sampah, menghemat tisu dan kertas, menghemat listrik, menghemat air, menggunakan kendaraan umum, dan merawat tanaman.

Contoh Poster Lingkungan
500px.com

Salah satu dampak global warming adalah suhu di muka bumi semakin meningkat. Contoh poster lingkungan diatas menjelaskan bahwa pepohonan mampu melindungi bumi dari sinar matahari yang dapat merusak kulit. Selain itu tanaman juga penghasil oksigen yang sangat penting untuk keberlangsungan makhluk hidup di bumi ini.

Contoh Poster Global Warming

Poster Kebersihan
500px.com

Contoh poster lingkungan di atas menggambarkan betapa parahnya dampak global warming yang disebabkan oleh pabrik-pabrik industri sekarang ini. Oleh karena itu kita harus menemukan solusi pembuatan pabrik yang ramah lingkungan dan tidak membuang limbahnya sembarangan atau bahkan mencemari udara.

Poster Lingkungan
500px.com

Contoh poster global warming diatas menjelaskan kutub es yang cair akibat perubahan suhu. Jika ini dibiarkan akan menenggelamkan beberapa daratan di dunia. Salah satu cara untuk mencegah cairnya es di kutub adalah dengan cara melakukan penanaman ulang atau reboisasi.

Contoh Poster Lingkungan Hidup
500px.com

Poster global warming diatas menjelaskan makhluk penghuni darat yang sebentar lagi akan tenggalam dan punah akibat cairnya es di daerah kutub. Keadaan seperti ini sungguh mengenaskan sekali. Ayo bersama-sama kita mencegahnya ! Kalau bukan kita, siapa lagi ?

Contoh Slogan Lingkungan

  1. Selamatkanlah hutan untuk menyelamatkan dunia.
  2. Bergabunglah bersama kita untuk membuat dunia lebih baik.
  3. Menyelamatkan lingkungan dimulai dari tindakan kecil.
  4. Karena menyelamatkan bumi ini adalah menyelamatkan diri kita sendiri.
  5. Satu dunia, satu kehidupan, dan satu kesempatan untuk melindunginya.
  6. Bersih dan hijau adalah mimpi kita bersama.
  7. Jagalan kebersihan dan keindahan lingkungan agar anak cucu kita bisa menikmatinya.
  8. Jangan membuang sampah sembarangan karena tidak baik untuk kesehatan.
  9. Membuang sampah sembarangan membuat bumi ini berantakan.
  10. Jagalah hijaunya bumi, jagalah kebersihannya dan nikmatilah keindahannya.
  11. Tuhan telah menganugerahkan lingkungan yang hijau kepada kita, ayo kita jaga bersama !
  12. Kita membutuhkan bumi lebih dari bumi membutuhkan diri kita.
  13. Kamu adalah sebuah solusi dari masalah polusi.
  14. Sayangi lingkungan seperti lingkungan menyayangi kita.
  15. Menanam satu pohon berarti menyelamatkan seribu makhluk.
  16. Satu tujuan, satu tantangan, untuk menyelamatkan bumi kita ini.
  17. Membersihkan lingkungan hari ini, menghirup udara bersih di hari esok.
  18. Peduli terhadap lingkungan, peduli terhadap diri sendiri.
  19. Membersihkan bukan mengotori.
  20. Pduli lingkungan hari ini untuk kehidupan yang lebih baik dari hari esok.
  21. Menciptakan lingkungan yang hijau, menciptakan kehidupan yang bersih.
  22. Kebersihan lingkungan adalah tanda dari bersihnya pikiran dan hati.
  23. Jagalah lingkunganmu agar tetap bersih untuk sebuah kehidupan yang sehat.
  24. Jagalah kebersihan untuk mendapatkan kesehatan dan kebahagiaan yang hakiki.
  25. Aku membersihkan diri, aku membersihkan bumi ini.
  26. Hijau berarti bersih dan indah, bebas dari polusi dan sampah.
  27. Orang pintar akan selalu menjaga kebersihan.
  28. Satu sampah akan menimbulkan berbagai macam masalah.
  29. Hidup yang sehat berawal dari lingkungan yang bersih.
  30. Menanam satu pohon akan menghasilkan sejuta manfaat untuk seluruh makhluk di bumi.
  31. Lingkungan yang bersih akan menciptakan masyarakat yang sehat dan kuat.
  32. Bumi adalah tempat tinggalku dan tempat tinggalku adalah bumiku.
  33. Menebang hutan sama saja dengan mengundang bencana alam.
  34. Hematlah air disaat musim kemarau.
  35. Air adalah sumber kehidupan untuk kita semua.
  36. Bijaklah dalam menggunakan air.
  37. Mencemari air sama saja dengan mencemari pikiran dan hati kita.
  38. Jagalah lingkungan untuk generasi kita di masa yang akan datang.
  39. Jangan biarkan alam dirusak.
  40. Apa yang telah kita dapat, itulah yang kita jaga.
  41. Buanglah sampah pada tempatnya.
  42. Bersihkan pikiran dengan menjaga lingkungan.
  43. Sarang penyakit terdapat pada lingkungan yang kotor.
  44. Membiarkan air tergenang, membiarkan nyamuk berkembang.
  45. Jangankan manusia, alampun bisa menangis jika ia tersakiti.
  46. Merusakan alam berarti merusak rumah sendiri.
  47. Tolong selamatkan kami agar kami terus lestari.
  48. Sampah berserakan akan menimbulkan bibit penyakit.
  49. Terapkanlah perilaku hidup sehat agar menjadi pribadi yang kuat.
  50. Menyelamatkan alam dimulai dari satu langkah kecil dari dalam diri.

Nah itulah beberapa ilmu pengetahuan mengenai poster dan slogan. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua 🙂

Contoh Poster Lingkungan

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini