Susunan Kliping

3 Contoh Kliping Bencana Alam, Seni Budaya, Olahraga Beserta Cara Membuatnya

Contoh Kliping – Hallo sahabatnesia, siapa yang udah pernah membuat kliping ? Kalau saya sendiri sih terakhir membuatnya ketika di SMP. Pada umumnya pembuatan kliping ini identik dengan pelajar dan mahasiswa.

Akan tetapi pembuatan kliping ini juga bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga loh. Banyak ibu rumah tangga membuat kliping hanya untuk sekedar mengumpulkan resep masakan.

Wah kalau punya istri yang pintar masak enak banget yah hehe. Selain pinter masak juga rajin. Media referensi dalam pembuatan kliping bisa kamu dapatkan di media cetak seperti koran ataupun majalah.

Dalam artikel ini kita akan mengulas mengenai pengertian kliping, kemudian bagaimana cara membuat klipik yang baik dan benar. Selain itu kita akan juga memberikan contoh kliping yang benar. Berikut ini penjelasannya :


Pengertian Kliping


Pengertian Kliping
500px.com

Kliping merupakan sebuah aktifitas atau kegiatan menggunting bagian-bagian tertentu dalam sebuah buku, majalah, koran atau media cetak lainnya untuk di tempel di sebuah buku atau kertas karton.

Tujuan dari kliping itu sendiri adalah untuk mengumpulkan suatu informasi dalam tema tertentu yang berasal dari berbagai sumber untuk sebuah kepentingan.

Potongan artikel atau gambar yang sudah di gunting dalam sebuah kliping harus berisikan tema yang sama. Misalnya ketika kita ingin membuat kliping tentang teknologi, maka gambar dan artikelnya harus relevan atau yang berkaitan dengan teknologi.

Baca juga artikel : Contoh Teks Biografi Singkat Tentang Pahlawan !


Cara Membuat Kliping


Cara Membuat Kliping
500px.com

Lantas bagaimana cara membuat kliping yang benar ? Walaupun terlihat sangat mudah, akan tetapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membuat kliping.

Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat kliping biasanya berasal dari media cetak seperti koran, majalah, poster atau media cetak yang lainnya.

Namun seiring dengan perkembangannya zaman, kebanyakan orang lebih beralih untuk mencari bahan di Internet. Dan tidak sedikit pula sekolah dan perguruan tinggi yang mengambil sumber dari internet.

Manfaat kliping sebenarnya sangat banyak, misalnya seorang guru memberikan tugas kepada muridnya, hal ini ini bermanfaat untuk melatih kreatifitas muridnya tentang bagaimana cara membuat kliping dan dari mana saja sumber-sumber yang harus di telusuri. Dengan begitu, murid akan banyak membaca untuk memenuhi tugasnya tersebut.

Setelah mengetahui pengertian kliping dan tujuannya, selanjutnya kita akan belajar tentang bagaimana cara membuat kliping yang baik dan benar sesuai dengan EYD. Dibawah ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan ketika kamu membuat kliping :

1. Tentukan Tema

Sebelum kamu membuat kliping, kamu harus menentukan temanya terlebih dahulu. Contohnya tema kliping diambil berdasarkan pada bidangnya seperti bidang teknologi, bidang pertanian, bidang kesehatan dan sebagainya.

Ketika kamu sudah menentukan bidangnya, maka kamu harus mencari dan menentukan artikel atau gambar yang harus berkaitan dengan bidang tersebut.

Kalau misalnya tentang teknologi, maka carilah artikel atau gambar yang berkaitan dengan teknologi.

2. Pengumpalan Bahan dan Data Kliping

Dalam pengumpulan bahan dan data kliping, carilah bahan kliping dari media cetak seperti majalah, surat kabar, buku, ataupun media lainnya seperti internet.

Jika kamu menggunakan internet sebagai referensi bahan dan data dalam pembuatan kliping, sebaiknya di cetak atau di print terlebih dahulu agar kliping terlihat lebih menarik

Untuk pengumpulan bahan dan data disarankan mencari dari media cetak di tahun-tahun sebelumnya sampai dengan yang terbaru. Jika memang di media cetak tidak terdapat artikel atau gambar yang relevan dengan tema yang kamu buat, maka cara terakhir adalah dengan mencarinya di internet.

3. Persiapkan Alat untuk Kliping

Setelah bahan terkumpul, langkah selanjutnya yang harus kamu siapkan adalah persiapkan peralatan seperti gunting, penggaris, dan juga lem untuk membuat klipingnya.

Bila kamu ingin menghias klipik agar terlihat menarik, kamu bisa tambahkan hiasan atau bahkan spidol warna untuk mempercantik tulisannya.

Sebelum kamu menggunting bahan kliping, sediakah terlebih dahulu kertas HVS atau kertas folio sebagai tempat klipingnya. Kamu juga bisa menggunakan buku tulis atau buku gambar.

4. Gunting Bahan Kliping

Pada tahp ini, guntinglah artikel atau gambar yang udah kamu kumpulkan sebelumnya. Lalu tempelkan bahan tersebut pada kertas HVS atau karton.

Dalam menggunting kamu juga bisa menggunakan gunting pola. Jadi hasilnya bisa lebih bagus dan rapih.

5. Tempelkan Bahan Kliping

Dalam proses ini, susunlah gambar atau artikel dengan sistematis. Mulai dari penyusunan tanggal sampai dengan tahun terbitnya, sehingga kelihatan lebih rapih dan bagus.

Jangan lupa tempelkan sumber artikel yang kamu cari. Entah itu dari koran, majalah, buku ataupun dari internet.

Dalam proses penempelan, silahkan berinovasi sesuai dengan keinginan kamu. Kamu juga bisa menambahkan hiasan bunga ataupun yang lainnya pada halaman kliping atau menambahkan pernak-pernik lainnya sesuai dengan selera yang kamu inginkan.

6. Membuat Cover Kliping

Setelah proses penempelan selesai, langkah selanjutkan yang harus kamu lakukan adalah membuat cover pada kliping yang kamu buat. Hal ini bertujuan agar pembaca lebih penasaran dan lebih tertarik untuk membaca kliping yang telah kamu buat.

7. Membuat Daftar Isi

Setiap lembaran HVS sisakan satu atau dua lembar pada halaman depan yang bertujuan untuk membuat daftar isi, selain itu beri nomor halaman pada footer HVS agar pembaca lebih mudah menemukan halaman yang sesuai dengan daftar isi.

Mudah bukan untuk membuat kliping ? Kamu tinggal kreasikan sendiri agar kliping yang kamu buat lebih menarik untuk dapat dibaca oleh orang lain.

Baca juga artikel : Contoh Teks Narasi Lengkap dengan Pengertiannya !


Sistematika Penyusunan Kliping


Sistematika Penyusunan Kliping
500px.com

Sama halnya dengan membuat sebuah karya tulis, membuat kliping yang benar harus menggunakan sistematika yang baik supaya terlihat lebih tersusun dan rapih. Berikut ini adalah penjelasan mengenai sistematika dalam pembuatan kliping :

1. Cover Kliping

Cover atau sampul kliping merupakan bagian yang harus ada dalam pembuatan kliping. Tujuannya agar kliping tersebut lebih menarik orang lain untuk membaca kliping yang udah kita buat.

Buatlah sampul kliping yang menggambarkan isi kliping secara keseluruhan sehingga pembaca akan mudah memahami tema apa yang dibahas pada kliping tersebut.

2. Kata Pengantar Kliping

Kata pengantar sebenarnya jarang di sisipkan di dalam kliping, namun tidak ada salahnya jika lembaran kata pengantar kamu tambahkan pada kliping yang kamu buat. 

Buatlah kata pengantar yang baik dan benar seperti halnya kamu membuat karya tulis ilmiah atau sebuah makalah.

3. Daftar Isi Kliping

Daftar isi ini sangat dibutuhkan, karena dengan adanya daftar isi pembaca tidak akan kesulitan untuk mencari artikel yang ingin dia cari. Selain daftar isi juga berfungsi agar kliping yang kamu buat lebih bagus dan bernilai.

4. Isi atau Pembahasan Kliping

Isi kliping atau pembahasan kliping disarankan agar sesuai dengan judul atau tema cover yang sudah kamu buat. Sehingga antara isi dengan judul saling berkaitan.

Pada isi jangan lupa cantumkan sumber dari mana saja kamu mengambil bahan tersebut.

5. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan dan saran juga sangat penting untuk di tambahkan ke dalam kliping. Agar pembaca tau kesimpulan dari pembahasan atau isi dari kliping yang kamu buat.

6. Daftar Pustaka

Selain kesimpulan dan saran, tambahkan juga daftar pustaka dari sumber-sumber yang menjadi referensi informasi yang kamu gunakan dalam kliping yang kamu buat.

Dengan menyusun kliping secara sistematika, kamu akan terlihat lebih profesional. Selain itu tambahkan juga hiasan atau pernak-pernik untuk menghiasi kliping yang kamu buat.

Tujuannya agar pembaca tidak bosen dan lebih terlihat menarik ketika di baca oleh orang lain.


Contoh Kliping Bencana Alam


Contoh Kliping Bencana Alam
500px.com

Kliping Bencana Tsunami Aceh

Siapa yang tidak ingat dengan bencana alam terbesar yang terjadi di Aceh ini ? Gempa dan tsunami dahsyat terjadi di penghujung tahun tepatnya tanggal 26 Desember 2004.

Tsunami ini terjadi di Nanggroe Aceh Darussalam. Pada saat itu kekuatan gempa begitu besar dan mencapai 8,5 SR. Ketinggian tsunami mencapai 35 meter.

Contoh Kliping Lingkungan
500px.com

Gempa berpusat di Samudera Hindia pada kedalaman 20 km. Dari berbagai laporan, korban tewas mencapai 1.055.262 orang sesuai data dari Kementrian Sosial RI. Adapun total korban luka-luka mencapai 124.057 orang.


Contoh Kliping Seni Budaya


Contoh Kliping Seni Budaya
500px.com

Seni Musik

Musik merupakan suara yang disusun dengan sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan oleh alat-alat musik yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian.

Walaupun musik merupakan sebuah fenomena intuisi untuk menciptakan dan mempersembahkan sesuatu dalam bentuk seni.

Musik merupakan sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Seni musik adalah bagian dari aktivitas budaya manusia, dimana seni musik digunakan sebagai ajang untuk mengekspresikan perasaan dan kreativitasnya.

Seni musik merupakan kesenian yang berupa bunyi atau kesan terhadap segala sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar. Seni musik juga digunakan sebagai karya seni yang menggunakan unsur pokok dan sejenisnya.


Contoh Kliping Olahraga


Contoh Kliping Olahraga
500px.com

Bola Basket

Bola basket merupakan cabang olahraga yang dimainkan secara berkelompok yang terdiri atas dua tim yang beranggotakan masing-masing 5 orang.

Bola basket sangat cocok untuk di tonton karena biasa dimainkan di dalam ruang tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil.

Selain itu permainan bola basket juga lebih kompetitif karena tempo permainan ini cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan olahraga sepak bola.

Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk belahan bumi yang lainnya, seperti Eropa Selatan, Lithuania dan juga Indonesia. 

Banyak kompetisi bola basket yang diselenggarakan setiap tahunnya seperti British Basketball League (BBL) di Inggris, National Basketball Association (NBL) di Amerika.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kliping, susunan kliping, contoh kliping bencana alam, contoh kliping seni budaya dan contoh kliping olahraga beserta tips cara membuat kliping yang baik dan benar. Semoga dapat menambah wawasan kamu 🙂

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

3 thoughts on “3 Contoh Kliping Bencana Alam, Seni Budaya, Olahraga Beserta Cara Membuatnya

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini