Cara Membuat Scrapframe 3D Dengan Mudah Dan Elegan

Cara Membuat Scrapframe 3D Sendiri Untuk Pemula

Cara Membuat Scrapframe – Scrapframe merupakan salah satu referensi sebagai hadiah unik yang bisa kamu berikan kepada orang special. Apalagi kalau kamu membuatnya dengan tangan kamu sendiri, pasti akan lebih bermakna dan mempunyai arti tersendiri.

Scrapframe di Indonesia sudah sangat populer khususnya di kalangan remaja. Scrapframe akan terlihat lebih unik dan elegan jika di kolaborasikan dengan beberapa hiasan 3D. Scrapframe bisa dijadikan sebagai hadiah birthday, wedding, wisuda, anniversary, friendship, firewale, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saya pingin banget membuat scrapframe, tapi saya tidak tau cara membuatnya seperti apa. Udah kamu enggak perlu khawatir. Kali ini kita akan mengupas secara detail bagaimana caranya membuat scrapframe 3d sederhana dan yang pastinya unik.

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :


Bahan-Bahan Pembuatan Scrapframe


Berikut ini adalah beberapa bahan scrapframe yang harus kamu sediakan :

Wrapping Paper Book / Kertas Kado / Kertas HVS Berwarna

Wrapping Papper Book Untuk Scrapframe
Contoh Design Wrapping Papper Book / sahabatnesia.com
Wrapping Paper Book Untuk Scrapframe
Contoh Design Kertas Kado / sahabatnesia.com

Bahan-bahan tersebut bisa digunakan sebagai background pada scrapframe yang akan kita buat. Kamu bebas mau menggunakan kertas apa saja pada background scrapframe kamu. Yang penting kertas tersebut penampilannya menarik, warnanya tidak norak, dan berkesan elegan.

Kalau butuh referensi untuk background, silahkan di searching di google. Terus itu, kamu print background tersebut di kertas A4. Oh iya, kita sarankan cari background yang resolusinya besar yah. Agar tidak pecah sewaktu di print.

Contoh Design Background Scrapframe
Contoh Design Background Scrapframe / sahabatnesia.com
Contoh Design Background Scrapframe
Contoh Design Background Scrapframe / sahabatnesia.com

Kalau mau lebih hemat, sebaiknya beli saja kertas kado yang lucu-lucu aja. Itu juga bagus kok untuk dijadikan background. Yaaa tergantung budget yang kamu punya aja sih intinye hehe 🙂 

Gunting dan Pembolong Kertas

Gunting Kertas Pola
Gunting Kertas Pola / sahabatnesia.com

Gunting merupakan perlatan yang tidak boleh sampai ketinggalan apalagi enggak punya hehe. Karena gunting ini berfungsi untuk membantu kamu dalam urusan potong-memotong. Lebih bagus lagi kalau kamu memiliki gunting yang mempunyai pola. 

Gunting pola ini bisa kamu beli di gramedia atau toko-toko yang menjual ATK (Alat Tulis Kantor). Gunting pola ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya mempermudah menghias dekorasi untuk scrapframe kamu.

Selain itu, kamu enggak perlu ribet-ribet buat pola sendiri dengan gunting biasa. Karena ukuran polanya bisa jadi tidak sama, jadi terkesan kurang profesional dan elegan hehe.

Kertas Kokoru dan Kertas Origami

Kertas Kokoru
Kertas Kokoru / sahabatnesia.com
Kertas Origami Unik
Kertas Origami / sahabatnesia.com

Kertas ini dapat digunakan sebagai pelengkap atau hiasan scrapframe yang kamu buat. Jadi, scrapframe tidak terlihat kosong dan polos. Jika kamu punya majalah yang tidak terpakai, kamu bisa menggunakan gambar-gambar yang ada di majalah tersebut sebagai referensi hiasan pada scrapframe yang kamu buat.

Lem Kertas / Double Tape / Selotip


Selotip Khusus Scrap
sahabatnesia.com

Lem atau double tape berfungsi untuk merekatkan atau menempelkan antara bagian satu dengan bagian yang lainnya. Ada beberapa tips untuk membuat scrapframe agar menjadi 3D, yaitu kamu bisa beli double tape bantalan.

Double tape bantalan mudah di dapat, akan tetapi harganya agak sedikit mahal. Alternatifnya adalah kami bisa menggunakan double tape biasa, kemudian tempelkan dengan bidang yang sedikit melembung contohnya kertas yang dibuat gumpalan. Setelah itu tempelkan pada gambar yang ingin dibuat 3D.

Itu merupakan bahan-bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat scrapframe. Jika kamu mau menambahkan lagi, silahkan saja.


Langkah-Langkah Cara Membuat Scrapframe 3D dengan Mudah


1. Siapkan Konsep Scrapframe

Souvenir Dinding Lucu
500px.com

Persiapan konsep dalam pembuatan scrapframe sangatlah penting. Apa saja yang mau kamu tuangkan ke dalam scrapframe yang kamu buat ? Entah itu dari segi desain, properti, dan photo-photo yang dijadikan sebagai bahan dasarnya.

Selain itu kamu juga harus pintar dalam memilih konsep. Baik itu untuk hadiah anniversary, birthday, wedding, wisuda, dan lain-lainnya. 

Contoh konsep scrapframe untuk anniversary. Berarti kamu harus mempersiapkan photo dengan moment romantis kamu dengan pasangan kamu. Kemudian untuk backgroundnya kamu bisa pilih sesuai dengan apa yang pasangan kamu suka. Mulai dari hobi, warna kesukaan, tempat favorite, dan lain-lain.

Jika kamu sudah mempunyai sebuah konsep, maka kamu akan lebih mudah dalam proses pengerjaannya. Kalau bisa dibuat list bahan-bahannya sesuai dengan konsep. Biar enggak bolak-balik beli bahannya hehe.

2. Persiapkan Bahan-Bahan Pembuatan Scrapframe

Art Wallpaper
500px.com

Kamu harus mempersiapkan bahan-bahan pembuatan scrapframe sesuai yang kita bahas diawal tadi. Kemudian kamu juga perlu mempersiapkan photo-photo apa aja yang mau kamu tempelkan di frame tersebut.

Sebaiknya belilah bahan-bahan untuk pembuatan scrapframe di satu tempat saja, agar dapat menghemat biaya bensin dan lain-lain. Jadi carilah tempat yang menjual bahan scrapframe dengan lengkap.

3. Mulai Membuat Scrapframe

Cara Membuat Scrapframe Handmade
500px.com

Berikut adalah beberapa tips bagaimana cara membuat scrapframe dengan mudah :

  1. Pertama, tentukan background sebagai dasar scrapframe yang kamu buat. 
  2. Pilihlah photo yang akan kamu jadikan sebagai objek utama untuk scrapframe tersebut. Biasanya 2 – 3 photo untuk satu scrapframe, bisa juga kurang atau lebih sesuai dengan selera kamu sendiri.
  3. Tulis sedikit penjelasan untuk photo-photo yang kamu jadikan objek utama.
  4. Guntinglah photo dan kertas yang akan dijadikan aksesoris.
  5. Setelah terpotong, berimajinasilah sejenak untuk menentukan letak photo dan aksesoris yang akan ditempel.
  6. Tempelkan photo sebagai objek utama pada scrapframe.
  7. Tambahkan hiasan-hiasan sesuai dengan konsep yang kamu buat. Kalau konsepnya romantis, maka kamu bisa tempelkan kertas-kertas yang berbentuk love. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak vidio tutorial membuat scrapframe dibawah ini

4. Finishing

Design Scrapframe
500px.com

Proses finishing bisa dilakukan dengan proses penambahan warna atau aksesoris yang mungkin akan menambah nilai estetika scrapframe yang kamu buat. Setelah itu scrapframe di bingkai dan sebaiknya menggunakan bingkai yang elegan dan unik. 

Design Scrapframe Unik
500px.com
Contoh Design Scrapframe
500px.com
Contoh Design Scrapframe
500px.com
Contoh Design Scrapframe
500px.com
Contoh Design Scrapframe
500px.com
Contoh Design Scrapframe Sederhana
500px.com
Contoh Design Scrapframe Terunik dan Keren
500px.com

Itulah penjelasan singkat mengenai cara membuat scrapframe 3D sendiri dengan simple dan sederhana. Semoga dapat menambah wawasan kamu dan jangan lupa untuk di praktekan. Semoga Berhasil !

Terimakasih karena sudah share artikel ini 🙂

 

6 thoughts on “Cara Membuat Scrapframe 3D Sendiri Untuk Pemula

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini