Cara Membuat Doodle dan Gambar Doodle

7 Cara Membuat Doodle Art Name Keren, Lucu, Simple Beserta Gambarnya

Cara Membuat Doodle Art – Hallo sahabatnesia, ada yang pernah dengar tentang doodle ? Jika kita mendengar kata doodle, maka dengan spontan pikiran kita mengarah pada gambar. Benar enggak sih ? Mungkin masih belum banyak orang yang mengetahui apa itu doodle art.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa semua orang itu bisa membuat doodle art ? Pasalnya doodle art merupakan gambar yang sangat sederhana yang dibuat dalam bentuk abstrak.

Pada umumnya, seseorang bisa tanpa sadar membuat doodle art pada saat seseorang bosan di kelas atau bahkan ketika sedang melamun.

Akan tetapi, doodle art bisa meningkatkan keterampilan artistik dan dapat menyalurkan ide seseorang dalam bentuk gambar yang abstrak. Nah, ternyata doodle art juga dapat dipelajari loh ! Coba lihat video dibawah ini :

Dalam artikel ini kita akan mengulas pengertian doodle secara lengkap. Selain itu, kita juga memberikan beberapa tips tentang bagaimana cara membuat doodle art dengan mudah.

Yok kita simak cara membuat doodle art berikut ini :


Apa Itu Doodle Art ?


Doodle
500px.com

Seperti yang sudah disinggung di atas, doodle art merupakan gambar yang dibuat dalam bentuk abstrak tanpa tujuan tertentu. Bentuk doodle bisa bermacam-macam loh, mulai dari doodle nama, doodle huruf, doodle monster, doodle bunga, doodle minion, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Contoh yang paling mudah dari doodle art adalah coretan yang terdapat di dalam buku seorang pelajar atau mahasiswa. Biasanya mereka menggambar atau membuat sebuah coretan di dalam buku mereka pada saat mereka bosen atau jenuh di dalam kelas.

Selain itu, doodle art juga bisa dibuat oleh seseorang yang sedang menjawab telpon dalam jangka waktu yang cukup lama.

Meskipun pada awalnya dibuat secara tidak sengaja, namun kini doodle art sudah menjadi salah satu seni yang sangat populer.

Sekarang banyak orang yang membuat doodle art yang berisikan pesan tertentu di dalam gambarnya. Salah satunya adalah yang akan kita ulas berikut ini.


Alat dan Bahan Membuat Doodle Art


Doodle Art Nama
500px.com

Sebelum membuat doodle art, kamu harus mengenal dasar-dasar seni menggambar ini. Jika kamu bercita-cita untuk menjadi master of doodle art, maka kamu harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat doodle art ini.

Apa saja sih alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat doodle art ? Pada dasarnya membuat doodle art hanya membutuhkan pensil atau pena dan kertas.

Maka ketika kamu sedang dilanda kejenuhan, kamu bisa menuangkan ide yang ada di pikiranmu dengan cara menggambar apapun secara abstrak sesuai dengan imajinasi kamu.

Akan tetapi, jika kamu ingin menekuni seni ini, cobalah untuk menyediakan alat dan bahan yang lebih lengkap seperti :

  • Buku sketsa
  • Pensil
  • Tinta pena
  • Stabilo
  • Spidol maker
  • Pulpen
  • Kapur
  • Pensil warna
  • Cat air

Baca juga artikel : 7 Cara Mudah untuk Membuat Scrapframe, Dijamin Keren !


Cara Membuat Doodle untuk Pemula


Cara Membuat Doodle Simple
500px.com

Berikut ini adalah langkah langkah untuk membuat doodle art untuk kamu yang pemula :

1. Mencari Inspirasi

Memperoleh inspirasi merupakan salah satu tips dalam membuat doodle art. Namun, mencari inspirasi untuk membuat doodle art tidak sesulit ketika seorang pelukis profesional yang ingin membuat suatu mahakarya seni lukisan.

Kamu bisa mencari referensi dari tindakan, perasaan, peristiwa, lingkungan sekitar, seseorang, atau bahkan nama kamu sendiri untuk dapat di aplikasikan ke dalam doodle art yang ingin kamu buat. Namun, ide untuk membuat doodle art sering kali muncul secara tiba-tiba.

Kalau kamu belum mendapatkan inspirasi, maka cara terakhir adalah dengan mencarinya di internet. Di internet banyak sekali contoh gambar doodle yang bisa kamu amati, tiru, dan modifikasi.

2. Menentukan Font

Setelah kamu mendapatkan inspirasi, maka langkah selanjutnya adalah tentukan kata atau kalimat yang akan kamu tulis dalam membuat doodle art.

Kamu harus mempelajari karakter dan elemen yang berbeda atau membuatnya sendiri. Jumlah karakter dan elemen ini tidak terbatas.

Tergantung dengan kreativitas yang kita miliki. Apakah kita mampu berinovasi untuk dapat mengembangkannya.

Jangan lupa tentukan jenis font apa yang akan kamu gunakan. Seperti biasa, carilah referensi jenis font di google.

4. Kumpulkan Berbagai Macam Karakter

Ciptakan karakter dan elemen lucu sebanyak mungkin. Ini sangat penting dalam proses pembuatan doodle art. Kamu bisa menambahkan karakter apa saja baik itu karakter tumbuhan, karakter hewan, minion, monster, dan lain sebagainya.

Tujuannya agar kamu tidak akan kehabisan ide pada saat proses pengerjaannya. Selain itu, pengumpulan karakter yang banyak dapat kamu kombinasikan dengan kalimat yang akan kamu jadikan doodle art.

3. Ekspresikan dengan Bebas

Doodle art merupakan seni yang tidak memiliki batasan. Maka kamu bisa menggambar berbagai macam hal sesuai dengan imajinasi kamu. Misalnya kamu ingin membuat gambar setangkai bunga.

Gabungkan semua imajinasi yang kamu punya dan tuangkan dalam selembar kertas. Kesimpulannya, doodle art tidak membutuhkan konsep khusus. Kamu cukup menggambar dengan bebas sesuai dengan imajinasi yang kamu miliki.


Doodle Bunga


Doodle Bunga
500px.com

Bunga merupakan objek favorit dalam menggambar doodle art. Karena bunga merupakan objek yang sangat simple dan menarik. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara membuat doodle dengan tema bunga :

  • Gambar sebuah vas bunga, kemudian gambar beberapa tangkai bunga dalam vas tersebut. Bunganya terserah aja sesuai dengan kesukaan kamu.
  • Gambar taman yang dipenuhi dengan bunga-bunga yang unik dan cantik.
  • Gambar beberapa bunga matahari yang sedang disinari dengan cahaya matahari.
  • Gambar bunga mawar dan beri detail pada bagian kelopaknya.
  • Gambar setangkai bunga daisy dan tuliskanlah beberapa kata di tiap kelopaknya.
  • Gambar bunga yang kamu sukai disertai dengan nama kamu atau nama pasangan kamu.

Baca juga artikel : 5 Cara Mudah untuk Membuat Clay Sebagai Mainan Anak !


Doodle Face


Doodle Face
500px.com

Menggambar wajah atau karakter tentu jauh lebih rumit dibanding dengan menggambar bunga. Namun, menggambar wajah dalam doodle art tidak harus sempurna. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara membuat doodle wajah :

  • Gambarlah wajah kamu sendiri, kekasih, teman, keluarga atau bahkan selebriti sekalipun.
  • Gambar beberapa karikatur konyol dari berbagai wajah yang kemudian kamu jadikan satu sesuai imajinasi kamu.
  • Gambar beberapa wajah yang sama, namun mempunyai ekspresi yang berbeda seperti senang, sedih, tertawa, marah, dan bingung.
  • Gambar setiap bagian yang ada pada wajah, mulai dari mata, hidung, dan mulut.
  • Kamu juga bisa menggambar wajah kartun yang kamu sukai.

Doodle Nama


Doodle Name
500px.com

Bagi kamu yang masih pemula, sebaiknya mencoba menggambar doodle dengan nama sendiri. Karena biasanya ide dan inspirasi akan lebih mudah untuk di dapatkan. Berikut ini adalah beberapa ide dan cara membuat doodle nama :

  • Menulis nama dalam jenis font yang berbeda-beda.
  • Menulis nama mulai dari yang berukuran kecil sampai pada ukuran yang terbesar.
  • Menulis sebuah nama dengan berbagai variasi singkatan. Misalnya singkatan nama kamu, yang terkadang orang lain tidak mengetahuinya.
  • Menulis nama dalam ukuran yang besar, kemudian di desain dengan berbagai objek yang kamu pikirkan.
  • Menulis nama di dalam sebuah gelembung, lalu gambar beberapa gelembung lainnya di sekitar nama tersebut.

Doodle Art Name


Doodle Simple
500px.com

Doodle art name merupakan kombinasi antara doodle nama dengan doodle karakter. Pada proses pembuatan doodle art name ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena membutuhkan imajinasi yang sangat banyak.

Berikut ini adalah beberapa ide atau cara membuat doodle art name :

  • Tulis nama kamu kemudian gambar beberapa karakter di sekitar nama kamu tersebut dengan membentuk sebuah pola love.
  • Gambar beberapa karakter dengan membentuk pola sayap, kemudian tulis nama kamu tepat di tengah-tengahnya dengan menggunaan font yang sedikit lebih tebal.
  • Gambar beberapa karakter yang membentuk pola huruf nama kamu.

Baca juga artikel : 99 Hadiah Anniversary yang Anti Mainstream !


Doodle Hewan


Doole Hewan
500px.com

Hewan merupakan inspirasi yang sangat menyenangkan ketika kamu akan menggambar doodle art. Banyak hewan di sekitar kita yang bisa kita jadikan sebagai bahan dalam pembuatan doodle art. Nah berikut ini adalah beberapa tips dan cara membuat doodle hewan :

  • Gambar semua makhluk hidup yang ada di air, seperti hiu, ikan paus, ikan pari, ubur-ubur, kerang, dan kemudian tambahkan beberapa batu karang.
  • Gambar semua hewan yang hidup di hutan, seperti singa, harimau, ular, burung, dan sebagainya.
  • Gambar hewan biasa kemudian disertai dengan metamorfosisnya menjadi moster. Misalnya gambar anak kucing yang kemudian diberi taring dan tanduk atau bahkan memiliki kepala 3.
  • Gambar hewan peliharaan dengan berbagai ekspresi dan pose.

Doodle Monster


Doodle Monster
500px.com

Doodle monster merupakan kombinasi antara karakter hewan, karakter tumbuhan, dan juga karakter kartun yang unik dan lucu. Walaupun namanya doodle monster, bukan berarti gambarnya harus yang menakutkan yah.

Berikut ini adalah beberapa ide dan cara membuat doodle monster :

  • Gambar beberapa karakter utama, kemudian di ikuti dengan beberapa karakter lainnya di belakangnya dengan arah yang vertikal.
  • Gambar mulut moster raksasa, kemudian dari dalam mulut tersebut kamu gambar beberapa karakter lagi. Jadi seakan-akan seperti dimakan gitu.
  • Gambar beberapa karakter dengan bertemakan pantai.

Doodle Art Happy Birthday / Doodle Ulang Tahun


Doodle Art Happy Birthday
500px.com

Doodle art happy birthday merupakan pengembangan dari doodle art name. Jadi kombinasi antara doodle nama dan doodle karakter. Berikut ini adalah beberapa ide atau cara membuat doodle art happy birthday :

  • Tulis kalimat Happy Birthday kemudian gambar beberapa karakter disekitar tulisan tersebut. Lalu tambahkan hiasan balon di salah satu karakter.
  • Gambar kue ulang tahun dan cantumkan nama yang lagi ulang tahun. Kemudian gambar beberapa karakter disekitar kue ulang tahun tersebut.
  • Gambar beberapa karakter yang ditumpuk dengan arah vertikal. Kemudian di setiap karakter di tambahkan beberapa properti yang berkaitan dengan pesta ulang tahun. Misalkan di salah satu karakter ditambahkan topi ulang tahun, megang balon, niup terompet, dan sebagainya.

Baca juga artikel : 9 Cara Mudah Membuat Henna dalam Waktu 10 Menit !


Doodle Minion


Doodle Minion
500px.com

Doodle minion merupakan doodle yang menggunakan karakter minion sebagai bahan utamanya. Berikut ini adalah beberapa tips dancara membuat doodle minion :

  • Gambar minion dengan ukuran yang sama, hanya saja yang membedakan adalah ekspresinya. Entah itu ekspresi senang, sedih, semangat, marah, kecewa dan sebagainya.
  • Kombinasikan karakter minion dengan doodle nama.
  • Kombinasikan karakter minion dengan karakter moster. Coba buat konsep seperti pertempuran atau war.

Gambar Doodle


Gambar Doodle
500px.com
Gambar Doodle Sederhana
500px.com
Gambar Doodle Lucu
500px.com
Gambar Doodle Huruf
500px.com
Gambar Doodle Terbaru
500px.com
Gambar Doodle Art Mudah
500px.com
Gambar Doodle Art Keren
500px.com
Gambar Doodle Art HD
500px.com
Gambar Doodle Berwarna
500px.com
Gambar Doodle Anniversary
500px.com
Gambar Doodle Monster
500px.com
Gambar Doodle Cute
500px.com
Gambar Doodle Terbagus
500px.com
Gambar Doodle Warna
500px.com
Gambar Doodle
500px.cm
Gambar Doodle
500px.com

Itulah penjelasan singkat mengenai cara membuat doodle art dengan mudah, simple, dan sederhana beserta contoh gambar doodle nama, gambar doodle art, gambar doodle, doodle face, doodle monster, doodle ulang tahun atau doodle art happy birthday, dan doodle art name. Semoga dapat memudahkan kamu dalam proses pembuatan doodle ala kamu 🙂

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

3 thoughts on “7 Cara Membuat Doodle Art Name Keren, Lucu, Simple Beserta Gambarnya

  1. doodlenya keren-keren banget, meanwhile saya cuma anak dkv pindahan yang gak bisa gambar sama sekali, cuma bisa mesem liat gambar diatas hahaha. makasih tutorialnya mas! bakal dipraktekkan kalau suatu hari ada niatan untuk memperluas kemampuan gambar selain gambar stickman

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini