Cara Membuat Clay

7 Cara Membuat Clay dari Tepung, Sabun, Kertas Terlengkap

Cara Membuat Clay – Kerajinan tangan dari clay merupakan kerajinan tangan yang pada saat ini sangat populer di kalangan masyarakat. Banyak orang yang menyukai kerajinan tangan yang terbuat dari bahan clay ini.

Hal itu dikarenakan alat dan bahan dalam pembuatan clay sangat mudah di dapat. Selain itu proses pembentukannya juga harus teliti dan harus mempunyai kreativitas yang tinggi.

Sehingga memunculkan tantangan tersendiri bagi kamu yang ingin membuat kerajinan tangan dari bahan clay. Kerajinan dari clay ini biasanya digunakan orang-orang untuk hiasan dirumah, souvenir, aksesoris dan bahkan bisa dijadikan sebagai hadiah ulang tahun yang sangat unik.

Saat ini para pengrajin clay berlomba-lomba untuk membuat kerajinan dari bahan clay yang lebih kreatif dan inovatif.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara membuat clay dengan berbagai bahan beserta contoh kerajinan tangan dari bahan clay.


Clay Adalah ?


Apa itu Clay
500px.com

Clay berasal dari Bahasa Inggris yang artinya adalah tanah liat. Di Indonesia sendiri, kata clay menjadi sangat populer dan biasanya identik dengan sebuah kerajinan tangan dan mainan anak-anak.

Dulu orang yang ingin membuat kerajinan tangan dari tanah liat atau tanah lempung harus rela kotor-kotoran terlebih dahulu untuk mendapatkan tanah liat yang berkualitas.

Karena untuk menghasilkan karya yang bagus dan memiliki nilai jual yang tinggi tentunya harus mempunyai bahan dasar yang berkualitas.

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemudahan untuk mengakses informasi melalui internet, kini orang-orang jadi berpikir lebih maju. Untuk membuat kerajinan tangan dari clay tidak harus dari tanah liat dan tidak harus kotor-kotor terlebih dahulu.

Teman-teman dapat membuatnya dari bahan dasar tepung roti, lilin, kertas, sabun, polymer, dan bahan yang lainnya. Inilah yang menyebabkan perluasan dari makna dan arti clay itu sendiri.

Dan saat ini sedang booming kerajinan tangan dari clay yang terbuay dari bahan dasar tepung.


Kerajinan Clay


Kerajinan Clay
500px.com

Kerajinan clay merupakan suatu seni yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar clay. Sebagaimana yang sudah dibahas di atas tadi, kerajinan tangan dari clay tidak harus menggunakan tanah liat.

Kita dapat menggunakan tepung sebagai bahan dasarnya. Oleh karena itu, kerajinan ini mulai merambah keseluruh kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, sampai dengan dewasa.

Selain mudah untuk dipelajari, alat dan bahannya pun sangat mudah di dapatkan dan aman untuk digunakan khususnya untuk anak-anak. Clay ini juga bisa dimanfaatkan sebagai media melatih kreatifitas anak.

Baca juga artikel : Cara Mudah Membuat Scrapframe untuk Pemula, Dijamin Keren !


Cara Membuat Clay dari Tepung Terigu [Cara 1]


Inti dari membuat clay adalah bagaimana clay tersebut menjadi kalis atau mudah dibentuk. Tidak terkecuali clay yang menggunakan bahan dasar tepung terigu.

Jadi kamu harus memberikan takaran yang pas sampai adonan  menjadi kalis dan mudah untuk dibentuk.

Persiapan dan Bahan

  • 80 gram tepung terigu, merknya boleh apa saja
  • 80 gram tepung tapioka / tepung singkong / tepung kanji
  • 80 gram tepung beras, merknya boleh apa saja
  • 200 gram lem putih / lem kayu, merknya boleh apa saja

Langkah Langkah Membuat Clay Tepung Terigu

  1. Pertama yang harus kamu lakukan adalah siapkan wadah berukuran sedang, kemudian campurkan semua bahan tepung tersebut menjadi satu.
  2. Ayak tepung supaya tekstur adonan lembut dan terhindar dari kotoran. Setelah itu masukkan lem putih ke dalam ayakan tepung tersebut.
  3. Uleni adonan sampai tercampur rata. Jika terlalu lembek tambahkan lagi sedikit tepung. Jika terlalu keras maka tambahkan beberapa sendok lem putih.
  4. Jika sudah kalis maka clay yang kamu buat berhasil. Adonan clay yang sudah jadi bisa dibuat menjadi bentuk sesuai yang kamu inginkan.
  5. Jika ingin ada warnanya, kamu tinggal tuangkan pewarna makanan ke dalam adonan kalis tersebut, lalu uleni kembali sampai warna tercampur rata.
  6. Adonan clay yang tidak digunakan sebaiknya disimpan di wadah tertutup agar tidak mengering dan mengeras.


Cara Membuat Clay dari Tepung Maizena [Cara 2]


Jika boleh memberi testimoni, sebenarnya clay yang terbuat dari bahan tepung maizena ini yang kualitasnya paling bagus. Selain lebih lembut, adonan tepung maizena sangat mudah dibentuk dan jika diberi warna akan terlihat hidup.

Persiapan dan Bahan

  • 30 gram tepung maizena / tepung jagung, merknya boleh apa aja
  • 30 gram tepung tapioka / tepung kanji, merknya boleh apa aja
  • 30 gram tepung beras, merknya boleh apa aja
  • 60 gram lem putih / lem kayu, merknya boleh apa aja
  • Bubuk benzoat (pengawet roti) secukupnya saja

Langkah Langkah Membuat Clay Tepung Maizena

  1. Pertama ambil wadah berukuran sedang, kemudian campur semua bahan tepung tersebut sampai rata.
  2. Selanjutnya gunakan ayakan untuk memisahkan tepung dari kotoran supaya mendapatkan tekstur adonan yang lembut.
  3. Setelah itu masukkan bubuk benzoat dan lem putih / lem kayu ke dalam adonan tepung. Kemudian uleni sampai semua bahan tercampur rata dan menjadi kalis.
  4. Apabila adonan terlalu lembek, kamu cukup menambahkan sedikit tepung maizena lagi. Dan jika ternyata terlalu keras, kamu bisa menambahkan beberapa sendok lem putih / lem kayu ke dalam adonan tersebut.
  5. Jika adonan sudah menjadi kalis, maka itu tandanya kamu sudah berhasil membuat clay ala kamu. Selanjutnya silahkan bentuk clay tersebut menjadi bentuk sesuai dengan selera kamu.
  6. Jika ingin membuat claynya bewarna, kamu tinggal menambahkan pewarna makanan ke dalam adonan tersebut sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Uleni sekali lagi sampai pewarna makanan dan adonan clay tercampur rata.
  7. Adonan clay yang tidak digunakan atau yang masih sisa sebaiknya disimpan pada wadah yang tertutup rapat. Sebab jika terlalu lama dianginkan, adonan clay akan mengering dan menjadi keras.

Cara Membuat Clay dari Sabun [Cara 3]


Selain menggunakan segala macam bahan yang terbuat dari tepung, clay juga dapat dibuat dengan menggunakan sabun mandi batangan.

Hasil dari clay yang terbuat dari bahan sabun mandi batangan akan cenderungan lembut karena bahan sabun pada umumnya mengandung parafin dan minyak.

Clay jenis ini sangat cocok untuk dibuat kerajinan tangan atau hiasan untuk dinding di rumah kamu.

Persiapan dan Bahan

  • 1 buat sabun mandi batangan, merknya boleh apa aja
  • Tepung terigu secukupnya
  • Lem putih / lem kayu secukupnya
  • 1 sendok teh garam dapur yang bertekstur halus
  • Pewarna makanan sesuai dengan selera

Langkah Langkah Membuat Clay Sabun

  1. Pertama, ambil satu sabun batangan kemudian di iris atau rajang kecil-kecil. Kemudian rendam irisan sabun tersebut ke dalam air kira-kira setinggi irisan tersebut.
  2. Diamkan rendaman tersebut sampai sabun tersebut menjadi lembek, kurang lebih 3 – 3,5 jam perendaman. Jika sabun sudah lembek, langkah selanjutnya adalah buah setengah airnya lalu haluskan sabun tersebut dengan menggunakan sendok.
  3. Setelah itu masukan tepung terigu, garam dapur, dan juga lem putihnya. Ukur saja dengan takaran yang pas. Masukan sedikit demi sedikit tepung terigu dan lem putihnya dalam adonan. Kira-kira perbandingannya 1 : 1,5.
  4. Kemudian setelah itu uleni semua adonan sampai tercampur rata. Jika belum kalis tambahkan lagi tepung terigunya atau lem putihnya sampai adonan menjadi kalis.
  5. Jika adonan sudah kalis, berarti kamu telah berhasil membuatnya. Tapi agar terlihat lebih cantik, silahkan tambahkan pewarna sesuai dengan selera kamu. Selanjutnya uleni kembali adonan sampai pewarna tercampur rata.
  6. Sekarang clay sudah siap dibuat untuk kerajinan tangan atau mainan. Kamu tinggal membentuknya sesuai dengan keinginan kamu. Jika adonan clay masih ada sisa atau tidak digunakan lagi, maka sebaiknya clay disimpan dalam wadah tertutup agar clay tidak mengering dan menjadi keras.

Baca juga artikel : 9 Cara Mudah Membuat Henna Sendiri, Asli Keren !


Cara Membuat Clay dari Kertas Tisu [Cara 4]


Clay yang menggunakan bahan dasar kertas tisu bisa dibilang lebih tahan lama dan kerasnya akan lebih maksimal. Jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai souvenir atau hiasan rumah.

Selain itu, clay yang terbuat dari bahan kertas tisu juga anti jamur. Namun tetap saja harus dijaga kebersihannya sebaik mungkin.

Persiapan dan Bahan

  • 1 gulungan kecil tisu toilet atau tisu makanan, merknya boleh apa aja
  • 150 gram lem putih . lem kayu, merknya boleh apa aja
  • 2 sendok makan minyak goreng atau minyak sayur
  • 100 gram tepung terigu, merknya boleh apa aja
  • Pewarna makanan sesuai dengan selera kamu

Langkah Langkah Membuat Clay Kertas Tisu

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah rendam semua kertas tisu yang sudah kamu persiapkan. Kemudian suwir-suwir dan remas sampai halus. Jika ingin lebih mudah, silahkan di blender saja.
  2. Ambil wadah ukuran sedang, kemudian masukan semua bahan seperti tepung terigu, lem putih, minyak gorang / minyak sayur dan bubur kertas tisu. Uleni sambil di tekan-tekan sampai adonan menjadi rata dan kalis.
  3. Jika adonan sudah kalis, maka masukkan pewarna makanan dalam adonan tersebut sesuai dengan selera kamu. Kalau sudah dicampur, silahkan di uleni kembali sampai pewarna tercampur rata dengan adonan.
  4. Jika sudah selesai, maka kamu telah berhasil membuat clay ala kamu. Selanjutnya kamu tinggal bentuk adonan tersebut sesuai dengan keinginan kamu.
  5. Jika adonan ada sisa atau bahkan tidak digunakan, sebaiknya di letakkan di dalam wadah yang tertutup rapat supaya adonan tidak mengering dan tidak menjadi keras.

Cara Membuat Clay dari Roti Tawar [Cara 5]


Kalau clay dengan bahan dasar roti tawar teksturnya agak terasa. Karena bagaimanapun juga, bahan yang digunakan memang sudah melewati proses pematangan. Jadi, teksturnya agak sedikit berbeda dengan clay yang lainnya. Tapi tepas bagus kok hasilnya.

Persiapan dan Bahan

  • 5 lembar roti tawar, merknya bisa apa aja
  • 2 sendok makan lem putih / lem kayu, merknya bisa apa aja
  • Minyak goreng atau minyak sayur secukupnya

Langkah Langkah Membuat Clay Roti Tawar

  1. Pertama, ambilah 5 lembar roti tawar yang udah kamu persiapkan, lalu angin-anginkan supaya agak mengering dan berubah sedikit agak kaku. Kira-kira selama 4 – 5 jam saja.
  2. Setelah itu, ambil wadah dengan ukuran sedang dan suwir-suwir roti tawar menjadi suwiran kecil. Kemudian campurkan lem putih ke dalam suwiran tepung terigu tersebut.
  3. Selanjutnya uleni adonan tersebut sampai menjadi kalis. Sebaiknya kamu harus mempunya cadangan roti tawar. Hal ini untuk mengantisipasi jika adonan yang kamu buat tidak kalis. Kamu cukup menambahkan roti tawar lagi.
  4. Setelah adonan menjadi kalis, masukan sedikit minyak goreng atau minyak sayur ke dalam adonan. Kemudian uleni kembali adonan tersebut sampai minyak tercampur rata dengan adonan.
  5. Clay udah siap untuk digunakan. Kamu bisa membentuknya sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Tetapi jika adonan clay masih ada sisa atau bahkan tidak digunakan, sebaiknya disimpan di wadah yang tertutup rapat. Hal ini bertujuan agar clay tidak mengering dan tidak menjadi keras.

Cara Membuat Clay dari Cream of Tartar [Cara 6]


Jika menggunakan cream of tartar maka hasil yang diperoleh akan lebih lentur. Namun jika cream of tartar tidak ada, kamu bisa menggunakan soda kue sebagai penggantinya.

Hasilnya kurang lebih sama, hanya saja memang lebih maksimal dengan menggunakan cream of tartar. 

Persiapan dan Bahan

  • 400 gram tepung terigu, merknya boleh apa aja
  • 200 gram garam dapur halus
  • 2 sendok makan cream of tartar / soda kue
  • 2 sendok makan minyak goreng / minyak sayur
  • Air panas secukupnya
  • Pewarna makanan sesuai dengan selera kamu

Langkah Langkah Membuat Clay Cream of Tartar

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah ambil wadah dengan ukuran sedang. Lalu masukkan semua bahan seperti tepung terigu, garam dapur, minyak goreng / minyak sayur, dan soda kue. Kemudian di uleni sambil dicampur dengan sedikit air, ingat harus tetap di uleni sampai adonan menjadi kalis.
  2. Jika adonan terlalu encer maka tambahkan sedikit terigu lagi. Jika terlalu kering maka tambahkan sedikit air panas sampai adonannya menjadi kalis.
  3. kemudian setelah adonan menjadi kalis, silahkan masukan pewarna makanan ke dalam adonan sesuai dengan selera kamu. Selanjutnya uleni kembali sampai warnanya tercampur rata.
  4. Jika sudah rata, maka clay siap untuk dijadikan mainan atau kerajinan tangan. Kamu bisa membentuknya sesuai dengan selera yang kamu inginkan.  Jika adonan ada yang tersisa atau bahkan tidak digunakan, sebaiknya disimpan di wadah yang tertutup rapat agar adonan clay tidak mudah mengering dan tidak menjadi keras.

Cara Membuat Clay dari Porselin Nabati [Cara 7]


Pada umumnya porselin berasal dari bahan tanah liat. Namun porselin dapat dibuat dari bahan-bahan tepung nabati. Hasilnya juga tidak kalah bagus dengan tanah liat. Coba saja kamu praktekan cara dibawah ini ..

Persiapan dan Bahan

  • 125 gram tepung maizena / tepung jagung, merknya boleh apa aja
  • 225 gram lem putih / lem kayu
  • 2 sendok makan baby oil, merknya boleh apa aja
  • 2 sendok makan cuka
  • Pewarna makanan sesuai dengan selera yang kamu inginkan

Langkah Langkah Membuat Clay Porselin Nabati

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah siapkan wadah dengan ukuran sedang. Kemudian masukan semua bahan seperti tepung maizena / tepung jagung, lem putih / lem kayu, cuka makanan dan baby oil. Kemudian campur dan uleni sampai adonan menjadi kalis.
  2. Jika adonan terlalu encer, sebaiknya tambahkan sedikit tepung maizena. Jika adonan terlalu kering, maka tambahkan sedikit lem putih, baby oil, lalu uleni kembali sampai adonan menjadi kalis.
  3. Jika adonan sudah kalis, maka kamu telah berhasil membuat clay ala kamu. Langkah selanjutnya silahkan tambahkan pewarna sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Kemudian uleni kembali adonan claynya sampai warnanya tercampur rata dengan adonan.
  4. Apabila sudah rata, maka adonan siap untuk dibentuk sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Jika adonan masih tersisa atau bahkan tidak digunakan, sebaiknya adonan disimpan di wadah yang tertutup rapat agar adonan tidak mudah mengering dan tidak menjadi keras.

Itulah penjelasan singkat tentang bagaimana cara membuat clay dari tepung, sabun, kertas, roti, polymer beserta contoh kerajinan clay. Semoga dapat menambah wawasan kamu.

Terimakasih sudah share artikel ini 🙂

3 thoughts on “7 Cara Membuat Clay dari Tepung, Sabun, Kertas Terlengkap

Jika Anda Pengunjung yang Baik, Maka Tinggalkan Pesan Disini